Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Tugas Pelajar Dalam Mengisi Kemerdekaan

266

KABARPANDEGLANG.COM – Setiap warga negara Indonesia berkewajiban mengisi kemerdekaan dengan aktivitas-aktivitas yang positif sesuai dengan peran masing-masing di dalam masyarakat. Demikian juga dengan pelajar. Peran apa yang mampu dilakukan sebagai pelajar untuk mengisi kemerdekaan?

Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan

Negara Kesatuan Republik Indonesia sekarang telah menjadi negara yang berdaulat dan merdeka. Sebagai negara yang telah merdeka, yakni tugas warga negaranya untuk melaksanakan aktivitas-acara mengisi kemerdekaan sesuai dengan tugas masing-masing.

Pelajar merupakan salah satu warga negara yang memiliki peran dan tugas yang harus dilaksanakan untuk mengisi kemerdekaan. Pelajar merupakan bab dari pemuda bangsa yang akan menjadi penerus bangsa ini. Sebagai generasi penerus bangsa, para pelajar dituntut bekerja keras dan berguru dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya. Ya, generasi berkualitas pasti diperlukan untuk memajukan bangsa.

Setiap warga negara Indonesia berkewajiban mengisi kemerdekaan dengan kegiatan Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan

Belajar tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah. Belajar dapat dilakukan melalui acara-kegiatan kemasyarakatan yang sangat berkhasiat untuk mengasah rasa peduli dan cinta tanah air. Kegiatan-acara seperti pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), menjadi duta seni, aktivitas olahraga, merupakan beberapa aktivitas yang berdampak baik bagi peningkatan kualitas diri pelajar.

Baca Juga :  Kombinasi Gerak Dasar Pada Lompat Jauh

Dengan demikian pelajar terhindar dari aktivitas negatif yang dapat mengakibatkan problem dalam masyarakat, seperti tawuran antarpelajar atau terjerumus dalam tindakan kekerasan serta pelanggaran aturan lainnya.

Perjuangan pelajar sebagai generasi muda saat ini tidak lagi mengangkat senjata dan berlaga di medan perang melawan penjajah yang tampak. Masa itu telah berlalu. Pelajar sebagai generasi penerus bangsa harus berjuang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, rasa malas, rasa gampang mengalah yang dapat merugikan masyarakat dan bangsa.

Generasi muda Indonesia harus sehat jiwa dan raganya. Ia harus berpendidikan, pantang mengalah, pekerja keras, kreatif, berakhlak mulia, cinta tanah air dan bangsa.

Dari bacaan di atas, temukanlah kosakata baku dan tidak baku. Lalu, carilah artinya dengan menggunakan Kamus Besar Bahasa Indonesia, bertanya pada guru, atau berdiskusi.

Kata Baku dan Tidak Baku
Kosakata Baku Arti Kosakata Tidak Baku Arti
Pelajar Anak sekolah (terutama pada sekolah dasar dan sekolah lanjutan); anak didik; murid; siswa;
Generasi Masa orang-orang satu angkatan hidup:
Kualitas Derajat atau taraf (kepandaian, kecakapan, dan sebagainya); mutu: Kwalitas
Pramuka Praja Muda Karana; organisasi untuk cowok yang mendidik para anggotanya dalam banyak sekali keterampilan, disiplin, kepercayaan pada diri sendiri, saling menolong, dan sebagainya anggota organisasi pramuka
Kreatif Memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan
Baca Juga :  Jenis Jenis Ornamen Motif Batik

Ayo Berlatih

Setelah itu, ceritakan kembali isi bacaan yang berjudul “Peran Pelajar dalam Mengisi Kemerdekaan” dengan memakai kata-katamu sendiri. Gunakan kalimat yang efektif.

Negara Kesatuan Republik Indonesia kini telah menjadi negara yang berdaulat dan merdeka. Pelajar mempunyai tugas untuk mengisi kemerdekaan. Para pelajar dituntut bekerja keras dan berguru dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya. Belajar tidak hanya dilakukan di lingkungan sekolah. Belajar mampu dilakukan melalui acara-acara kemasyarakatan. Perjuangan pelajar tidak lagi mengangkat senjata dan berlaga di medan perang. Pelajar harus berjuang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, rasa malas, rasa mudah mengalah yang dapat merugikan masyarakat dan bangsa.

Ayo Mencoba

Salah satu peran yang ditunjukkan oleh pelajar dalam mengisi kemerdekaan yaitu dengan belajar giat dan melaksanakan aktivitas-kegiatan yang aktual. Carilah info mengenai perilaku dan kegiatan kasatmata yang dapat dilakukan pelajar di lingkungan-lingkungan berikut! Perhatikan contoh yang telah dibuat untuk membantumu.

Kegiatan-Kegiatan Positif dalam Mengisi Kemerdekaan
Di Rumah Di Sekolah Di Masyarakat
Membantu pekerjaan rumah sehari-hari. Mengikuti upacara dengan hikmat dan disiplin. Melaksanakan jam wajib berguru dengan disiplin.
Bekerja sama dengan anggota keluarga lainya. Mematuhi seluruh tata tertib sekolah secara lapang dada dan bertanggung jawab Terlibat aktif di dalam acara sosial di lingkungan masyarakat
Saling menghormati dan menghargai sesama anggota keluarga Mengikuti aktivitas belajar-mengajar dan upacara sekolah dengan baik Saling menghargai dengan baik antar warga negara Indonesia
Melaksanakan perintah yang diberikan orang renta Menjaga nama baik sekolah baik didalm ataupun diluar Terlibat aktif di dalam kegiatan pelayanan masyarakat
Memanfaatkan waktu untuk mencar ilmu daripada bermain Aktif dalm Kepramukaan, PMR, dan sebagainya Ikut serta dalam mengemukakan gagasan /pandangan baru/ pendapat
Mengerjakan peran-tugas yang menjadi tanggung jawabnya di rumah Mengikuti pendidikan bela Negara melalui Pendidikan Kewarganegaraan Mengikuti perlombaan 17 Agustus yang diadakan Panitia setempat
Baca Juga :  Ciri Adonan Homogen Dan Gabungan Heterogen

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More