Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Unsur Unsur Iklan Dan Ciri Ciri Bahasa Iklan

52

KABARPANDEGLANG.COM – Iklan yakni pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan memakai barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronika.

Berdasarkan media yang digunakan iklan mampu dikelompokkan menjadi iklan media elektronik dan iklan  Ikmedia cetak. Iklan cetak yaitu iklan yang penyebarannya dilakukan melalui media cetak. Contoh iklan cetak antara lain; poster, spanduk, baliho, reklame, iklan baris di koran, flyer atau selebaran.

Sedangkan eklan elektro yakni iklan yang penyebarannya melalui media elektro. Contoh dari iklan elektro antara lain; iklan di TV, iklan di radio, iklan di Internet. Iklan di internet ini masih terbagi menjadi beberapa jenis, antar lain; banner, iklan baris, straming dll. Iklan baik media cetak maupun elektronik mempunyai unsur-unsur berikut.

  1. Nama produk.
  2. Gambar yang menarik.
  3. Kalimat iklan.
  4. Keunggulan produk.
  5. Harga produk.
  6. Nomor telepon.
  7. Alamat pengiklan.
Baca Juga :  Ragam Musik Indonesia

Iklan yang baik tentu harus menggunakan bahasa yang baik. Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.

  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan terang.
  2. Menggunakan bahasa yang memikat dan mempunyai daya sugesti.
  3. Menggunakan kata konotasi konkret.
  4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Setelah mengamati iklan pada gambar di atas, diskusikan bersama kelompokmu mengenai unsur-unsur iklan. Tuliskan pada kolom berikut.

Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum Unsur Unsur Iklan dan Ciri Ciri Bahasa Iklan
No. Unsur Iklan
1. Nama Produk (Payung Lukis)
2. Gambar yang menarik
3. Kalimat iklan (Kerajinan khas Tasikmalaya Jawa Barat)

Ayo Berlatih

Untuk memperdalam pengetahuan kau wacana iklan, lakukanlah latihan berikut. Perhatikan iklan kolom dalam sebuah koran berikut.

Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum Unsur Unsur Iklan dan Ciri Ciri Bahasa Iklan
No. Unsur Iklan
1. Nama Produk (Totota Termurah New Avanza)
2. Gambar yang menarik
3. Kalimat iklan (Free hadiah tanpa undian)
4. Keunggulan Produk (DP murah Angsuran Ringan Proses cepat dan Mudah)
5. Nomor telepon (0221866667777)
Baca Juga :  Aktivitas Literasi 3 Patung Insan Dari Bahan Kertas

Ciri Bahasa

No. Ciri Bahasa Iklan
1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
2. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik
3. Menggunakan bahasa yang memikat dan mempunyai daya sugesti

Secara sederhana, pengertian teks iklan yaitu sebagai pesan yang menunjukkan suatu produk yang ditujukan oleh suatu masyarakat lewat suatu media. Namun, untuk membedakannya dengan pengumuman biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang supaya membeli.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More