Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Unsur Unsur Iklan Media Elektronik

65

KABARPANDEGLANG.COM – Berdasarkan media yang digunakan iklan mampu dikelompokkan menjadi iklan iklan media cetak dan iklan media elektronik. Pada tulisan ini hanya akan dibahas mengenai iklan media elektronika saja. Iklan elektronik yakni iklan yang penyebarannya menggunakan media elektronik. Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga di antaranya yaitu iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet.

1. Televisi

Sebagai salah satu media elektronik, televisi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan sosial masyarakat. Televisi berfungsi untuk menghibur, mendidik, dan memberi gosip. Televisi menawarkan banyak gosip bagi pemirsa. Salah satu bentuk info yang ditayangkan televisi adalah iklan.

Dalam kehidupan sehari-hari, iklan telah menjadi bab yang tidak mampu dipisahkan dari masyarakat pada umumnya. Televisi mempunyai banyak keunggulan dalam menyampaikan iklan. Oleh alasannya adalah itu, iklan melalui televisi lebih menarik dan mempunyai nilai pesan yang tinggi. Televisi sebagai media audio visual menayangkan iklan yang mampu dilihat, didengar, dan ditunjang dengan teks, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat.

Baca Juga :  Menciptakan Model Sederhana Sistem Peredaran Darah

2. Radio

Sama halnya dengan televisi, radio juga memiliki fungsi penting bagi masyarakat umum. Fungsi radio yakni sebagai sarana penerangan, pendidikan, hiburan, dan sarana propaganda. Bukti bahwa radio memiliki fungsi sebagai sarana propaganda terlihat dengan banyaknya pemasangan iklan yang memilih siaran radio sebagai sarana pemasangan iklannya.

Iklan radio berupa kombinasi dari suara dan kata-kata (voice) dan efek bunyi (sound effect). Iklan radio hanya mampu didengar tidak mampu dilihat mirip iklan televisi. Oleh sebab itu, radio dikenal sebagai media audio.

3. Komputer

Seperti televisi dan radio, komputer juga sebagai media elektronik. Komputer yaitu suatu alat elektro yang bisa melaksanakan beberapa tugas. Komputer mampu mendapatkan input, memproses input sesuai isyarat yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk gosip.

Ketika dihubungkan dengan layanan internet, komputer bisa menjadi sarana promosi atau iklan bisnis. Banyak perusahaan besar, langsung, dan pengusaha yang menggunakan layanan internet di komputernya untuk mempromosikan atau mengiklankan produknya. Layanan internet di komputer sebagai sarana promosi atau iklan mampu menjangkau wilayah yang sangat luas dengan biaya murah.

Televisi, radio, dan layanan internet di komputer ternyata memiliki salah satu fungsi yang sama, adalah sebagai sarana promosi atau iklan. Oleh alasannya adalah itu, ada istilah iklan elektronik. Berdasarkan media yang menyajikan iklan elektronik, televisi radio, dan layanan internet di komputer dapat disebut sebagai unsur iklan elektro.

Baca Juga :  Pikiran Utama Dan Isu Penting Teks Ekosistem

Ayo Berlatih

Apakah yang dimaksud iklan elektonik? Tuliskan dalam kolom berikut.

Iklan elektornik yaitu iklan yang ditayangkan melalui alat-alat/media elektronik.

Dalam menyajikan iklan elektronika harus memperhatikan beberapa unsur iklan agar menarik perhatian masyarakat seperti berikut. Berikut secara umum dijelaskan mengenai unsur iklan supaya menarik.

1. Perhatian (Attention)

Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.

2. Minat (Interest)

Setelah mendapat perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.

3. Keinginan (Desire)

Iklan hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan cita-cita konsumen.

4. Rasa Percaya (Conviction)

Untuk menerima rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang berbagai acara peragaan. Kegiatan peragaan di antaranya seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.

5. Tindakan (Action)

Tindakan merupakan tujuan simpulan dari produsen untuk menarik konsumen supaya membeli atau memakai produk dan jasanya.

Sekarang, coba sebutkan unsur-unsur iklan elektronik pada radio, televisi, dan internet. Lakukan kegiatan dengan mengisi kolom berikut.

Baca Juga :  Cara Menghargai Jasa Para Satria
Unsur Iklan Elektronik
No. Radio Televisi Internet
1. Radio Televisi Internet
2. Perhatian Perhatian Perhatian
3. Minat Minat Minat
4. Keinginan Keinginan Keinginan
5. Rasa Percaya Rasa Percaya Rasa Percaya
6. Tindakan Tindakan Tindakan

Beri penilaian terhadap iklan-iklan elektronik pada gambar. Apakah iklan itu sesuai dengan unsur-unsur yang ada? Sertakan pula alasan penilaianmu terhadap iklan tersebut. Kaitkan alasanmu dengan unsur-unsur iklan elektronika.

Iklan 1
Berdasarkan media yang digunakan iklan dapat dikelompokkan menjadi iklan iklan media cetak Unsur Unsur Iklan Media Elektronik

Penilaian:
Iklan di atas kurang memenuhi unsur-unsur iklan elektronik.

Alasan:
Iklan tersebut tidak menjelaskan keunggulan produk dan nama produk sehingga kurang menarik

Iklan 2
Berdasarkan media yang digunakan iklan dapat dikelompokkan menjadi iklan iklan media cetak Unsur Unsur Iklan Media Elektronik

Penilaian:
Iklan di atas cukup menarik

Alasan:
Iklan tersbut cukup menarik alasannya adalah didalamnya terdapat klarifikasi keunggulan produk dan ada juga nama dan gambar produk.

Iklan 3
Berdasarkan media yang digunakan iklan dapat dikelompokkan menjadi iklan iklan media cetak Unsur Unsur Iklan Media Elektronik

Penilaian:
Iklan tersebut sangat menarik perhatian.

Alasan:
Iklan berisi keunggulan produk dan nama dan gambar produk sehingga menarik perhatian

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More