Usaha Bolu Meranti Medan

  • Bagikan
Usaha Bolu Meranti Medan

KABARPANDEGLANG.COM – Lingkungan sosial budaya yakni segala kondisi, baik berupa materi (benda) maupun nonmateri yang dihasilkan oleh manusia melalui kegiatan dan kreativitasnya. Lingkungan budaya mampu berupa bangunan dan peralatan, dan juga dapat berupa tata nilai, norma, etika istiadat, kesenian, sistem politik, dan sebagainya.

Kualitas lingkungan sosial budaya diartikan baik bila lingkungan tersebut dapat memperlihatkan rasa kondusif, sejahtera bagi semua anggota masyarakatnya dalam menjalankan dan mengembangkan sistem budayanya. Berikut ini tekks yang menerangkan interaksi insan dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi.

Usaha Bolu Meranti Medan

Ada yang bilang, jikalau pulang dari Medan tanpa membawa Bolu Meranti, berarti ia tidak benar-benar pergi ke Medan. Ya, siapa yang tidak tahu Bolu Meranti? Tetapi ternyata, bolu ini menjadi oleh-oleh khas Medan mulai tahun 2000-an. Sebelum itu, orang tidak tahu apa-apa tentang buah tangan tersebut.

Bolu Meranti adalah masakan berupa bolu gulung berbahan dasar telur dan tepung yang diisi banyak sekali macam isian. Untuk menciptakan bolu ini, diperlukan panggangan untuk memanggang campuran yang telah dibuat sebelumnya.

Baca Juga :  Penyebab Gangguan Organ Peredaran Darah Manusia

Saat ini ada berbagai isian untuk bolu ini. Ada isian keju, cokelat, moka, stroberi, dan kacang. Nama Meranti berasal dari nama jalan di mana bolu ini pertama kali dijual untuk umum. Bolu ini mempunyai rasa yang khas, lembut, dan cukup tahan lama meskipun tidak menggunakan bahan pengawet. Siapakah orang di belakang bolu terkenal ini?

Lingkungan sosial budaya adalah segala kondisi Usaha Bolu Meranti Medan

Seorang ibu berjulukan Ai Ling suatu hari menitipkan bolu buatannya di toko milik salah satu kerabatnya yang berlokasi di Jalan Meranti. Ai Ling yang sedari muda dikenal suka memasak dan membuat kudapan manis ini, usang-kelamaan kewalahan dengan pesanan bolu yang dibuatnya.

Hingga suatu ketika ia membuka gerai sendiri di tempat yang lain. Namun, dia tetap memakai nama Meranti sebagai nama bolunya untuk menjaga biar pelanggannya ingat akan bolu buatannya.

Ai Ling tidak menyangka usahanya ini dapat membuat Kota Medan semakin populer. Banyak orang telah mendapatkan manfaat dari usahanya menciptakan bolu.

Bahkan beliau pun membuka gerai di Bandar Udara Internasional Kualanamu untuk memudahkan pelanggan mendapatkannya sebagai oleh-oleh khas Kota Medan.

Baca Juga :  Teks Observasi Wacana Taman Nasional

Berdasarkan bacaan di atas, jawablah beberapa pertanyaan berikut ini.

  1. Bagaimana kue Bolu Meranti menjadi oleh-oleh khas Kota Medan? Bolu ini memiliki rasa yang khas, lembut, dan cukup tahan usang meskipun tidak memakai bahan pengawet.
  2. Usaha apa saja yang dilakukan pemiliknya sehingga menciptakan bolu ini terkenal? Ai Ling membuka gerai sendiri di daerah yang lain. Bahkan ia pun membuka gerai di Banda Udara Internasional Kualanamu untuk memudahkan pelanggan mendapatkannya sebagai buah tangan khas Kota Medan.
  3. Bagaimana dampak eksistensi Bolu Meranti terhadap pembangunan ekonomi masyarakat Kota Medan? Usaha bolu Meranti membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang Medan.
  4. Bagaimana efek eksistensi Bolu Meranti terhadap pembangunan sosial budaya masyarakatnya? Bolu Meranti menjadi ciri khas Kota Medan.
  5. Apakah di daerahmu juga punya sesuatu yang biasa dijadikan oleholeh khas daerahmu? Gethuk Goreng Sokaraja

Ayo Mengamati

Bagaimana dengan kegiatan masyarakat di kawasan kawasan tinggalmu? Lakukanlah kegiatan berikut ini di dalam kelompok.

  1. Carilah informasi ihwal buah tangan khas daerahmu yang populer sampai wilayah lain. Oleh-oleh itu mampu berupa masakan, atau kerajinan tangan khas kawasan sepeti kain, patung, atau kerajinan lainnya.
  2. Catatlah isu tersebut.
  3. Tuliskanlah kesimpulanmu dari acara ini.
Baca Juga :  Memilih Volume Kubus Matematika Kelas V
Nama buah tangan khas Gethuk Goreng Sokaraja
Keunikan atau kekhasan
  1. Gethuk Goreng yang bercita rasa bagus ini memiliki aneka rasa atau aroma seperti : rasa gula merah, cokelat, durian dan lain-lain.
  2. Gethuk Goreng ini dikemas apik dalam besek sehingga sangat cocok untuk oleh-oleh alasannya adalah dapat disimpan atau bertahan hingga sepuluh hari.
Manfaatnya terhadap kehidupan masyarakat sekitar
  1. Usaha Gethuk Gorng Sokaraja membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang Sokaraja dan sekitarnya,
  2. Usaha Gethuk Goreng bisa menambah penghasilan warga Sokaraja.
  3. Gethuk Goreng menjadi makanan khas dari Kabupaten Banyumas.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan