Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Varabel Bebas Dan Variabel Terikat

16

KABARPANDEGLANG.COM – Setiap hari, dalam perjalanan Bu Made ke luar rumah, dia selalu memunguti aneka macam flora yang ditemuinya. Sesuai dengan prinsip mulia yang diyakininya, yaitu untuk tidak pernah mengganggu kelangsungan hidup mahluk Tuhan, Bu Made tidak pernah memetik tanaman yang masih hidup, melainkan yang sudah layu, mengering, dan berjatuhan.

Aneka tumbuhan, dari yang umum dan terkenal, mirip melati, cemara, kenanga, cempaka, sampai yang tak biasa ditemui, mirip flora klabet, cengkeh, pegagan dan bahkan ranting kering, ia kumpulkan dalam satu kantung kain agar tidak hancur.

Sampai di rumah, Bu Made akan meletakkan flora yang dikumpulkannya itu pada tampah-tampah yang khusus digunakan untuk menjemur tanaman. Tahap penjemuran sangat penting diperhatikan.

Untuk menghasilkan tanaman kering yang bentuknya tidak keriput, tidak gampang hancur, warnanya tidak kusam atau memudar, dan tetap harum, tanaman tidak boleh dijemur eksklusif di bawah terik matahari.

 ia selalu memunguti berbagai tanaman yang ditemuinya Varabel Bebas dan Variabel Terikat

Setelah kurang lebih dua hari dijemur di udara terbuka, tanaman-tumbuhan tersebut dimasukkan ke dalam ruang pengering yang bahu-membahu hanya berupa bangunan sederhana berkerangka kayu dengan penutup plastik. Dalam ruangan itu, suhu dan kelembaban terjaga dengan stabil sehingga proses pengeringan berlangsung sempurna.

Baca Juga :  Istilah Dan Arti Dalam Motif Ukir

Tanaman yang dikeringkan dengan tepat akan terlihat berkilau tanpa perlu diberi lapisan kimia. Begitulah proses pengeringan yang dilakukan secara sederhana, dan sangat memperhatikan siklus hidup flora dan faktor alami. Justru kesederhanaan itulah yang membuat potpourri yang dihasilkan berkualitas sangat baik.

Jawab pertanyaan berikut:

1. Proses apa yang diceritakan dalam bacaan di atas?
Proses pengeringan flora

2. Bagaimana kondisi tanaman sebelum proses pengeringan?
Tanaman masih mempunyai kandungan air yang tinggi.

3. Bagaimana kondisi tanaman sesudah proses pengeringan?
Kadar air dalam tanaman berkurang maupun hilang.

4. Tahap-tahap apa saja yang dilakukan selama proses pengeringan?
Letakan tumbuhan ke atas nampan, kemudian biarkan sampai mengering. Jangan hadapkan nampan eksklusif. Letakkan di area gelap dengan sirkulasi yang baik.

5. Apa yang terjadi seandainya salah satu tahap proses pengeringan tersebut tidak dilakukan?
Apabila salah satu tahap tidak dilaksanakan maka proses pengeringan kurang berhasil.

6. Apa pengaruh panas matahari terhadap tanaman tersebut?
Panas matahari menjadikan flora menjelma kering.

7. Manakah yang mengalami perubahan sifat? Bunga yang dijemur atau panas matahari?
Panas matahari

Dalam peristiwa di atas ada faktor-faktor yang menjadi penyebab perubahan kondisi, dan ada pula faktor-faktor yang mengalami perubahan. Faktor-faktor tersebut dinamakan variabel bebas dan variabel terikat. Variabel yaitu segala sesuatu yang diamati dalam sebuah penelitian atau percobaan.

Baca Juga :  Apresiasi Terhadap Keunikan Motif Batik

Variabel ialah segala sesuatu yang diamati dalam sebuah penelitian atau percobaan.

  • Panas matahari ialah variabel bebas, alasannya adalah merupakan faktor yang menjadikan terjadinya perubahan.
  • Bunga yang mengering yakni variabel terikat, alasannya adalah merupakan benda yang mengalami perubahan sifat sebagai akhir dari variabel bebas

1. Variabel Bebas

Variabel Bebas atau juga dikenal dengan istilah variabel Independent yakni merupakan variabel yang diduga mempunyai fungsi sebagai penyebab timbulnya variabel yang lain. Biasanya variabel bebas akan dimanipulasi, diamati dan diukur dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap variabel lainnya.

Secara singkat, variabel bebas yaitu variabel yang dapat menghipnotis atau menjadi penyebab perubahan atau timbulnya variabel dependen (terikat). Variabel bebas mempunyai fungsi utama sebagai teladan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap variabel lain.

2. Variabel Terikat

Jenis variabel kedua yaitu variabel terikat atau disebut juga dengan istilah dependent atau variable Output atau Kriteria atau Konsekuen. Ia yakni hasil / balasan yang ditimbulkan oleh variabel bebas. variabel ini merupakan hasil yang timbul sebagai balasan pribadi dari manipulasi dan pengaruh variabel bebas.

Baca Juga :  Cara Dan Peralatan Bermain Rounders

Dalam sebuah penelitian variabel tergantung diamati dan diukur untuk mengetahui dampak dari variabel bebas. Disini variabel dependen juga disebut dengan variabel terikat yakni variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, sebab adanya variabel bebas. Variabel tergantung berfungsi untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas.

Berikut ini beberapa contoh variabel bebas dan variabel terikat dalam sebuah percobaan.

No. Peristiwa Perubahan Sifat Benda Variabel Bebas Variabel Terikat
1. Menggoreng telur Suhu panas Telur mentah yang cair menjadi telur matang yang padat
2. Membuat es batu Suhu masbodoh Air menjadi padat
3. Lilin terbakar Suhu panas Lilin meleleh
4. Membakar jagung Suhu panas Jagung menguning dan matang
5. Mengeringkan bunga Panas matahari Bunga yang mengering

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More