YA AMPUN : Indonesia Terancam Tak Punya Rakyat yang Mau Jadi Petani Pada 2063

  • Bagikan
YA AMPUN : Indonesia Terancam Tak Punya Rakyat yang Mau Jadi Petani Pada 2063

YA AMPUN : Indonesia Terancam Tak Lagi Punya Warga yang Mau Jadi Petani Pada 2063 – Berdasarkan prediksi Bappenas, skenario buruk ini dipengaruhi alih fungsi lahan, perubahan iklim, dan berpindahnya keluarga petani ke industri lain.

Indonesia diprediksi Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) akan kehilangan sepenuhnya warga yang menjalankan profesi sebagai petani pada 2063. Perkiraan suram itu bakal terwujud, bila kondisi industri pangan nasional tetap seperti kondisi saat ini hingga nyaris setengah abad mendatang.

Berdasarkan data 1976, sebanyak 65,8 persen masyarakat Indonesia bekerja di sektor pertanian. Sementara, dari data Badan Pusat Statistik tahun 2019, jumlahnya turun drastis menjadi tinggal 28 persen.

Baca Juga :  Link Untuk Cek Bantuan Modal Usaha UMKM Rp 3,5 Juta Dari kemensos

“Apabila kita menggunakan tren ini dalam perhitungan linear, tentu saja hasilnya cukup mencengangkan, mungkin di 2063 tidak ada lagi yang berprofesi sebagai petani seperti yang kita kenal. Mudah-mudahan hal ini bisa kita lawan,” ujar Plt Direktur Pembangunan Daerah Kementerian PPN/Bappenas Mia Amalia dalam webinar, seperti dikutipĀ Kompas.com.

Tren negatif pada sektor pertanian nasional ini dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya, peralihan profesi keluarga petani secara masif ke sektor ekonomi lain. Jika melihat data, pekerja di sektor jasa mengalami kenaikan pesat yaitu dari 23,57 persen pada 1976, menjadi 48,91 persen di tahun 2019.

  • Bagikan