6 Jenis Logam Selain Emas sebagai Bahan Cincin Kawin untuk Pria Muslim

  • Bagikan
6 Jenis Logam Selain Emas sebagai Bahan Cincin Kawin untuk Pria Muslim

6 Jenis Logam Selain Emas sebagai Bahan Cincin Kawin untuk Pria MuslimPernikahan merupakan hubungan ikatan antara laki-laki dan perempuan secara resmi dan sah baik dari segi agama maupun hukum negara. Maka dari itu, tidak jarang orang mengadakan pesta pernikahan secara besar-besaran.

Selain itu, persiapan pernikahan juga dilakukan secara cermat mulai dari busana, riasan, tempat resepsi hingga cincin kawin. Cincin merupakan bagian dari prosesi pernikahan yang tidak boleh dianggap sepele.

Anda bisa meluangkan waktu bersama pasangan untuk menentukan pilihan cincin mana yang paling sesuai dengan karakter, kebutuhan dan budget. Anda juga perlu memperhatikan pilihan bahan, model dan batu permata yang dikenakan.

Baca Juga :  6 Macam Mekanisme Evolusi : Akibat dan Bukti Evolusi

Logam Cincin Kawin Selain Emas yang Boleh Dikenakan Oleh Pria Muslim yang Akan Menikah

6 Jenis Logam Selain Emas sebagai Bahan Cincin Kawin untuk Pria Muslim

Pemilihan bahan material cincin juga menjadi bahan pertimbangan terutama, bahan emas. Seorang mempelai pria tidak diperbolehkan mengenakan cincin emas menurut ajaran Islam.

Maka dari itu, Anda perlu mengetahui logam bahan cincin apa saja yang boleh dikenakan oleh pria berikut ini:

1. Palladium

Logam mulia ini dapat dijadikan sebagai perhiasan pernikahan salah satunya adalah cincin. Logam ini bisa menjadi logam pengganti dari emas murni untuk calon mempelai pria yang beragam muslim.

Umumnya, pembuatan cincin dari bahan palladium memiliki kadar 50% palladium dengan 50% perak. Perpaduan tersebut menghasilkan bentuk perhiasan kokoh, rapi, tahan terhadap korosi dan tidak bernoda.

2. Emas Putih atau Platina

Meskipun nama logam ini adalah emas putih. Namun, kandungan bahan materialnya berbeda dibandingkan emas kuning. Logam ini merupakan salah satu logam yang dianggap kurang reaktif.

Penggunaan logam ini dapat dikenakan oleh pria. Namun, Anda perlu waspada karena beberapa orang membuat emas putih dengan kombinasi emas kuning. Tentunya, cincin kombinasi tersebut tidak dapat dikalai oleh pria.

Baca Juga :  Nenek 92 Tahun Yang Hidup Sebatang Kara Berteman 8 Ekor Kucing

3. Perak

Salah satu logam mulia yang memiliki harga cenderung murah, apabila Anda membandingkannya dengan logam mulia lain. Tidak hanya itu, logam perak merupakan yang dapat dibentuk dan mudah untuk disolder dan pemolesan.

Jika Anda menginginkan cincin bertekstur, maka Anda dapat membuatnya dari bahan perak. Namun logam ini juga memiliki kekurangan yaitu perak membutuhkan perawatan ekstra apabila tidak dilakukan, maka perak dapat dengan mudah rusak.

4. Titanium

Logam ini merupakan salah satu logam kuat dan bersifat kokoh. Harganya juga lebih terjangkau dibandingkan jenis logam lainnya. maka dari itu, Anda dapat menjadikan titanium sebagai cincin pernikahan terutama untuk mempelai pria.

5. Zikronium

Pemakaian logam lain selain emas sebagai bahan pembuatan cincin kawin adalah Zikornium. Logam ini dapat memberikan Anda struktur cincin yang kokoh dan menarik.

Baca Juga :  Website Tribunnews Diretas Hacker, Artikel dan Seluruh Subdomainnya Hilang

Selain itu, keuntungan dari logam ini jika dibandingkan jenis logam lain adalah tahan dari korosi maupun goresan. Bahan materialnya juga dapat dimodifikasi sesuai keinginan Anda.

6. Tungsten Karbida

Selain beberapa logam di atas sebagai bahan yang digunakan untuk membuat perhiasan adalah Tungsten Karbida. Meskipun logam ini masih dianggap asing di telinga. Namun logam ini sudah biasa dijadikan sebagai cincin nikah.

Keuntungan logam ini dapat memberikan ketahanan bentuk asli dan tidak mudah rusak akibat goresan. Logam ini memiliki titik peleburan tinggi. Hal ini menjadikannya sering dijadikan sebagai alternatif untuk cincin nikah laki-aki.

Itulah beberapa jenis logam yang biasa digunakan untuk membuat perhiasan cincin. Anda dapat menentukan pilihan cincin kawin untuk pria muslim dengan mengetahui berbagai bahan di atas. Bagi Anda yang ingin mencari model cincin pernikahan dengan bahan selain emas bisa datang berkunjung di diamondnco.id.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *