Era Digital dan Percetakan di Surabaya: Apakah Penggunaan Kertas Semakin Ditinggalkan?

  • Bagikan
Default Social Share Image

Era Digital dan Percetakan di Surabaya – Kertas menjadi salah satu medium yang sangat penting dalam penyampaian informasi. Bukan sebatas informasi, tapi juga ilmu dan pesan yang ingin disampaikan informan. Seiring berkembangnya zaman, hampir semua medium informasi mengalami transformasi menjadi digital.

Menghilangnya loper koran dan minimnya penggunaan buku tulis menjadi umum dan hal yang wajar kita lihat. Munculnya smartphone dan mudahnya membawa komputer ke manapun; tablet dan laptop, menimbulkan keresahan bagi banyak orang yang masih menggunakan medium kertas sebagai sumber penghasilan.

Memang agak miris, terutama generasi-generasi sebelum kita yang gemar membaca koran dan papan reklame sebagai sumber informasi. Sekitar 2 sampai 3 generasi sebelum kita suka menanyakan koran, dikarenakan tidak menggunakan teknologi informasi seperti smartphone dan laptop, yang paling banter hanya televisi dan radio. Sebagian besar masyarakat sudah menganggap koran memiliki nilai informasi yang ‘mahal’ jika dibandingkan media online yang pendek, tidak komprehensif dan kurang akurat.

  • Bagikan