OPINI : FENOMENA NIKAH MUDA DIKALANGAN REMAJA MUSLIM

  • Bagikan
FENOMENA NIKAH MUDA

KABARPANDEGLANG.COM – Menikah merupakan kebutuhan setiap manusia. Dalam Islam Menikah berarti menyempurnakan separuh ibadah, karena menikah merupakan sunnah Rasul. Seperti dalam sebuah hadit riwayat Tirmidzi yang artinya:

“Ada empat perkara yang termasuk Sunnah para Rasul: rasa-malu, memakai wewangian, bersiwak, dan menikah.”

Dalam Islam menikah juga tidak ada batasan usia, asalkan sudah baligh siapa saja boleh untuk menikah. Dengan berdalih sunnah Rasul dan menghidari perzinahan, menikah muda dikalangan remaja muslim sekarang seolah menjadi trend. Mereka seolah berlomba-lomba untuk menikah muda. Seperti ada anggapan yang menikah terlebih dahulu ialah yang paling hebat, begitulah setidaknya.

Padahal dalam Islam sendiri menikah merupakan hal yang harus dipersiapkan dengan matang, bukan hal yang harus diperlombakan, bukan juga tentang siapa cepat ia hebat, karena dalam Islam selain untuk memperoleh keturunan, menghindari zina dan mengerjakan sunnah Rasul, menikah bertujuan untuk menciptakan keluarga yang sakinah mawaddah warrahmah, yaitu keluarga yang  harmonis, penuh cinta dan senantiasa hidup rukun.

Baca Juga :  Cara Sederhana Awetkan Bumbu-Bumbu dasar Tanpa Bahan Kimia

Namun faktanya, perceraian karna faktor menikah usia muda masih banyak terjadi. Hal itu patut dipertimbangkan jika ingin menikah muda. Memang tidak ada larangan untuk menikah muda, namun sebaiknya pikirkan dengan matang jika ingin menikah. Bukan hanya sekedar kesiapan lahir tapi juga kesiapan batin. Jika semua itu sudah benar-benar siap, silahkanlah menikah walau di usia muda sekalipun.

  • Bagikan

KABAR PANDEGLANG ONLINE