5 Jenis Obligasi yang Menguntungkan

5 Jenis Obligasi yang Menguntungkan

KABARPANDELANG.COM, 5 Jenis Obligasi yang Menguntungkan – Investasi di masa sekarang jadi pilihan favorit banyak orang sebagai penghasilan sampingan tanpa harus menambah beban kerja. Salah satu investasi yang bisa Anda coba, yakni Obligasi. Jenis Obligasi ada banyak sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan investasi dan tujuan yang ingin dicapai.

5 Jenis Obligasi yang Menguntungkan Investor

Apabila Anda tertarik investasi di Obligasi ini, sebaiknya kenali dulu sejumlah Obligasi yang menguntungkan sebagai berikut.

5 Jenis Obligasi yang Menguntungkan

1. Obligasi Korporasi

Jenis Obligasi ini biasa disebut pula sebagai Obligasi perusahaan. Obligasi korporasi merupakan Obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan baik itu swasta maupun perusahaan di bawah naungan pemerintah seperti BUMN.

Obligasi ini menawarkan beberapa keuntungan. Keuntungan tersebut di antaranya memberikan pendapatan secara tetap atau fixed income dalam bentuk kupon atau bunga dan investor akan mendapat keuntungan atas penjualan dari penerbit Obligasi.

Namun, Anda perlu memperhatikan risikonya pula. Obligasi korporasi akan merugikan jika perusahaan tidak mampu membayar kewajibannya. Kondisi ini biasa dikenal dengan istilah default.

Kendati demikian, Obligasi korporasi begitu menggiurkan ketika tingkat suku bunga turun karena harga Obligasi akan naik sehingga investor banyak meraup untung. Jika Anda membeli Obligasi ini, disarankan untuk terus memantau pergerakan suku bunga agar lebih tepat dalam penjualan maupun pembelian Obligasi.

Baca Juga :  Nomor Kartu Debit, Salah satu Bagian Penting dari Kartu ATM.

2. Obligasi Sukuk Korporasi

Bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim, tidak jarang mempertimbangkan kaidah agama dalam berinvestasi. Dalam hal ini, Anda bisa memilih Obligasi sukuk korporasi karena penerbitannya berdasarkan prinsip syariah.

Sistem tersebut tentunya menguntungkan bagi investor muslim karena bisa berinvestasi yang sekaligus sejalan dengan kaidah. Penerbit Obligasi ini akan menjalankan sistem investasi sesuai dengan Akad-akad Efek Syariah seperti akad istishna dan akad musyarakah. Adapun untuk keuntungan dan risiko sebenarnya tidak jauh berbeda dari Obligasi korporasi pada umumnya.

3. Obligasi Ritel

Obligasi ini terkadang sering disamakan dengan Obligasi pemerintah atau negara karena sama-sama diterbitkan oleh pemerintah. Perbedaannya, Obligasi pemerintah memang diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia dalam bentuk Surat Utang Negara (SUN)

Sementara penerbit Obligasi ritel juga pemerintah tapi dijual ke masyarakat melalui agen penjual yang ditunjuk oleh pemerintah. Contoh dari Obligasi Ritel, yakni Obligasi Ritel Indonesia (ORI) atau Sukuk Ritel.

Obligasi ini dinilai menguntungkan karena kupon dan pokok utang dijamin oleh Undang-undang, tingkat bunga tetap dengan pembayaran rutin, menawarkan kupon yang lebih tinggi ketimbang rata-rata tingkat bunga Deposito bank BUMN.

Jika Anda ragu berinvestasi Obligasi karena risiko kegagalan pembayaran, maka memilih ORI adalah investasi yang tepat. Hal ini lantaran ORI tidak memiliki risiko tersebut karena negara telah menjamin pelunasan kupon dan pokok utang.

4. Obligasi Euro Bond

Obligasi ini akan menguntungkan apabila Anda tertarik dengan mata uang asing. Obligasi ini merupakan investasi yang asetnya diterbitkan di luar negeri sehingga dalam bentuk mata uang asing.

Baca Juga :  Rupiah Anjlok ke Rp 16.000/US$, Terlemah Sejak Krisis Tahun 1998

Semisal mata uang tersebut menguat, maka Anda bisa memperoleh keuntungan berlipat ganda apabila menukarkannya dalam rupiah. Namun, tetap perhatikan faktor-faktor risiko yang berpeluang terjadi pada Obligasi ini.

5. Obligasi Pemerintah

Penerbit Obligasi ini resmi dari pemerintah Republik Indonesia langsung yang asetnya berupa Surat Utang Negara (SUN). Banyak yang menilai Obligasi ini paling aman karena sistem dan pelaksanaannya dijamin oleh Undang-undang.

Keuntungan Memilih Jenis Obligasi Pemerintah

5 Jenis Obligasi yang Menguntungkan

Salah satu risiko utama dalam Obligasi adalah ketidakmampuan penerbit dalam membayarkan kewajibannya kepada investor. Sebab itu, banyak yang merekomendasikan untuk memilih Obligasi pemerintah atau negara karena aman dari risiko kerugian tersebut.
Selain itu, ada sejumlah keunggulan lainnya yang ditawarkan dari Obligasi pemerintah, di antaranya memiliki potensi capital gain, bisa dijadikan jaminan atau agunan, keuntungan relatif lebih besar ketimbang bunga Deposito, nilai pokok dikembalikan saat jatuh tempo, dan masih banyak lagi.

DBS Treasures, Pilihan Aman dan Tepat Obligasi Masa Kini

Bicara mengenai mitra investasi, tentu saja ada banyak. Namun, tidak semua mitra investasi aman dan memberikan kemudahan bagi investor. DBS Treasures hadir sebagai perbankan prioritas untuk mendukung Anda dengan menawarkan banyak kelebihan sebagai berikut.

Peluang Mendapat Kupon Reguler

Jika Anda mencoba investasi Obligasi, maka bisa berpeluang mendapat kupon secara periodik. Kupon reguler ini maksudnya berupa pembayaran yang dilakukan berkala selama periode investasi dari penerbit Obligasi.

Potensi Mendapat Capital Gain

Keuntungan besar bisa Anda peroleh dengan menjual sejumlah Obligasi di pasar sekunder sebelum jatuh tempo. Makin besar selisih harga jual dengan harga beli, maka untungnya juga tinggi.

Baca Juga :  Daftar dan Keterangan Harga Mobil Toyota Terbaru

Potensi Memperoleh Kupon Kompetitif

DBS Treasures menyediakan pilihan Obligasi dengan kupon kompetitif dengan nilai di atas rata-rata bunga Deposito berjangka.

Bebas Biaya Tambahan

Berinvestasi Obligasi di DBS Treasures juga kian dipermudah karena bebas biaya tambahan. Anda cukup mengeluarkan biaya untuk spread atau selisih antara harga jual Obligasi dengan harga beli.

Transaksi 24/7

Anda bisa mengakses setiap transaksi melalui Aplikasi digibank by DBS karena tersedia berbagai produk Obligasi disertai fitur yang mendukung proses jual-beli.

Investasi Mudah dari Aplikasi digibank by DBS

Inilah kemudahan yang disediakan oleh DBS Treasures, yakni berinvestasi praktis cukup melalui Aplikasi digibank by DBS. Melalui aplikasi ini, Anda dapat mengakses berbagai aktivitas dalam berinvestasi.

Ada banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan seperti pembelian, penjualan Obligasi, hingga melakukan registrasi Single Investor Identification (SID). Dengan segala kemudahan tersebut, Anda dapat mengakses dan memantau investasi Obligasi kapan pun dan di mana pun.

Menariknya lagi, Anda juga diperkenankan untuk terhubung dengan Manajer Investasi secara langsung melalui Aplikasi digibank by DBS tersebut. Dengan manfaat tersebut, Anda bisa lebih terarah dalam berinvestasi Obligasi.
Dari sekian jenis Obligasi yang sudah dijabarkan tersebut, pilihlah Obligasi yang sesuai tujuan investasi Anda. Bukan sekadar mengejar keuntungan sebanyak-banyaknya atau mengikuti saran rekan saja.

Hal itu dikarenakan setiap orang memiliki kapasitas dan goal masing-masing dalam berinvestasi sehingga ini penting untuk diperhitungkan. Perhitungkan pula mitra investasinya misalnya dengan memilih DBS Treasures karena menawarkan banyak manfaat sehingga menjadi mitra tepat agar Anda yakin dalam berinvestasi. Pelajari detail informasinya melalui link ini.