Yuk Kenali Semboyan dan Logo Kabupaten Pandeglang

oleh

KABARPANDEGLANG.COM – Pada hari ini saya akan sedikit memapaparkan mengenai lambang dan semboyan yang terdapat pada logo kabupaten pandeglang, sangat penting bagi warga ataupun masayarakat pandeglang khususnya untuk mengetahui lambang dan semboyan logo kabupatennya sendiri.

Setiap wilayah memiliki lambang dan semboyan masing-masing yang telah ditentukan oleh kepala adat setempat untuk menciptakan suatu ciri khas daerahnya agar selalu teringat oleh masyarakat luas tentunya.

Inget pepatah lama yang sering terlontarkan oleh orang tua dahulu, “tak kenal maka tak sayang” dalam pepatah ini tersirat makna yang sangat luas akan tetapi kita ambil kesimpulannya saja ya. Yuk, kenali mulai dari sekarang lambang dan Semoboyan logo kabupaten pandeglang, berikut pemaparannya :

 

Logo Pandeglang

Lambang daerah berbentuk perisai segi lima dengan pinggiran berwarna emas yang dilengkapi dengan :

Baca Juga :  PEMPROV BANTEN MULAI TAHUN 2018 AKAN MEMBERIKAN PROGRAM BOSDA (BIAYA OPERASIONAL SEKOLAH DAERAH)

BINTANG : Bintang bersudut lima berwarna kuning emas terletak di atas warna putih melambangkan keagungan Tuhan Yang Maha Esa, yang memancarkan warna kuning emas membentuk persegi lain.

PERISAI : Perisai segi lima dimaksudkan sebagai lambang ketahanan Masyarakat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang sepanjang masa dalam Negara Pancasila.

KERUCUT : Tiga buah kerucut yang tidak sama besar dan tingginya menggambarkan tiga buah gunung dan melambangkan bahwa daerah Pandeglang itu bergunung-gunung.

BADAK : Badak bercula satu menghadap ke kiri adalah salah satu binatang peninggalan jaman purba yang masih hidup hingga sekarang, terdapat hanya di Daerah Kabupaten Pandeglang (Ujung Kulon) dengan sifat Tahan Uji, Waspada dan Tabah, serta Menjadi Kebanggaan Masyarakat.

PADI : Setangkai padi dengan tiga puluh tujuh butirnya melambangkan sejumlah desa-desa di Daerah Kabupaten Pandeglang sebanyak seratus tiga puluh tujuh desa.

Baca Juga :  Rumah Minimalis Murah Siap Huni Harga 350 Juta

KAPAS : Setangkai kapas dengan enam kuntum bunganya yang mekar melambangkan sejumlah Kecamatan-kecamatan yang ada di Daerah Kabupaten Pandeglang sebanyak enam belas kecamatan.

MELATI : Sekuntum bunga Melati berdaun bunga empat helai berwarna putih, melambangkan jumlah Kewedanaan di Daerah Kabupaten Pandeglang sebanyak empat Kewedanaan.

GARIS BEROMBAK : Dua garis berombak yang tidak sama panjangnya, masing-masing melambangkan Laut yang mengelilingi sebagian besar Daerah Kabupaten Pandeglang dan sungai-sungai yang terdapat di dalamnya.

ARTI WARNA LAMBANG

  • KUNING EMAS melambangkan KEAGUNGAN DAN KEWIBAWAAN
  • PUTIH melambangkan KESUCIAN
  • BIRU MUDA melambangkan KESETIAAN
  • HIJAU TUA melambangkan KESUBURAN
  • ABU-ABU KEHITAM-HITAMAN melambangkan KETABAHAN

Karena dengan mengenal dari makna Lambang dan semboyan yang tersirat didalam logo daderah, maka akan memberikan sesuatu yang paling berharga bagi masyarakat sekitar. jikalau masyarakat setempat tidak mengetahui makna yang tersampaikan didalam logo daerahnya tersebut, berarti dia tidak begitu mencintai daerahnhya.

Baca Juga :  Arti dan Makna Tagline Pada Logo HUT Kabupaten Pandeglang 143

Demikian artikel Yuk Kenali Semboyan dan Logo Kabupaten Pandeglang yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat adanya bagi kita semua.

Tentang Penulis: Kabar Pandeglang

Gambar Gravatar
OWNER KABARPANDEGLANG.COM