Macam- Macam Obat Pelancar Haid

  • Bagikan
Macam- Macam Obat Pelancar Haid

Macam- Macam Obat Pelancar Haid Banyak sekali penyebab haid tidak teratur. Beberapa diantaranya sering dilakukan oleh wanita Indonesia. Seperti istirahat yang kurang, sedikit olahraga dan makan-makanan yang banyak mengandung kafein. Selain dengan cara alami, ada juga cara instan untuk melancarkan haid yaitu dengan mengonsumsi obat.

5 Obat Pelacar Haid

Perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi obat tidak boleh sembarangan. Harus dengan resep Dokter. Baru kemudian membeli yang tepat. Fungsi obat-obatan ini adalah sebagai hormon perangsang folikel dan luteinezing yang dapat memicu terjadinya ovulasi. Apa saja, yuk simak beberapa poin di bawah ini :

Baca Juga :  Dprd Ajukan Pengangkatan Dan Pemberhentian Bupati-Wakil Bupati Serang Terpilih

1. Gonadrotopin

Pertama obat yang paling sering digunakan adalah human chorionic gonadrotopin, Gonadotropin realising hormone agonist dan follicle stimulating hormone. Bisa disuntikkan ke dalam tubuh untuk merangsang indung telur lebih aktif. Sehingga menstruasi menjadi lebih lancar.

2. Serophene atau Clomiphene

Dikenal sebagai obat penghambat esterogen dan mempercepat tiga hormon. Yaitu GnRH,FSH dan LH. Sehingga mampu merangsang ovarium agar menghasilkan sel telur lebih banyak.

3. Pil KB

Dilansir dari laman Kemenkes Australia, haid akan kembali lancar setelah Anda rutin minum Pil KB selama 6 bulan. Karena mampu meningkatkan produksi globulin dan mengikat hormon seks dan hormon androgen yang menyebabkan menstruasi tidak teratur. Pil KB juga dapat mengurangi nyeri pada waktu PMS loh.

Baca Juga :  Dprd Banten Gelar Sidang Paripurna Klarifikasi Komisi Sebagai Pengusul 3 Raperda

4. Progestin

Memilki fungsi yang sama dengan hormon progesteron yang mampu memproduksi ovarium, kelenjar adrenalin dan olasenta. Mempersiapkan tubuh agar dapat mengendalikan hasrat seks, memperlancar pembuahan dan siklus haid bulanan.

5. Metformin

Digunakan untuk merangsang sensitivitas insulin dan menyeimbangkan hormon estrogen pada wanita yang mengidap penyakit PCOS dan mengakibatkan menstruasi tidak lancar. PCOS adalah kondisi dimana hormon androgen sangat tinggi dan dapat mengacaukan hormon lainnya. Jalan satu-satunya adalah melakukan resistensi agar haid lancar kembali.

6. Parlodel

Mengobati gangguan karena kelebihan prolaktin. Pemicu haid tidak lancar, dan sulit hamil. Oleh karena itu, biasanya digunakan untuk melancarkan haid.

  • Bagikan