5 Strategi Ampuh Optimasi Instagram di 2020

Default Social Share Image

5 Strategi Ampuh Optimasi Instagram di 2020 – Instagram bukanlah medsos biasa, Instagram kini menjelma menjadi platform untuk promosi bisnis. Dengan segudang fitur Instagram, kegiatan jual-beli pun terasa lebih mudah.

 

Tentunya, kita perlu memanfaatkan berbagai fitur yang dimiliki Instagram agar promosi bisnis via Instagram berjalan optimal. Kita perlu menyusun strategi tertentu. Kira-kira, apa saja strategi yang bisa kita lakukan untuk optimasi Instagram? Berikut adalah di antaranya.

 

Berbagai tips untuk optimasi Instagram di 2020

 

1. Optimalkan penulisan bio Instagram

 

Bio Instagram yang bagus adalah bio yang berisi informasi lengkap dan cukup untuk membuat calon customer mengenal brand. Oleh karenanya, pastikan bahwa Anda menulis segala informasi yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Deretan Layanan Email Marketing Terbaik di 2021

 

Buatlah bio Instagram yang kreatif dan bisa membuat orang lain tertarik! Pertama, tuliskan deskripsi singkat brand atau produk. Oh ya, Anda bisa menambahkan emoji untuk menyisipkan unsur fun, lho.

 

Selain itu, jangan lupa mencantumkan link menuju website penjualan atau link untuk media sosial lainnya. Anda juga bisa menulis link lain pada bagian deskripsi bio, namun perlu dicatat bahwa link tersebut tidak bisa diklik.

 

2. Konsisten untuk memposting

 

Algoritma Instagram kini berubah, postingan yang kita lihat tidak ditampilkan berdasarkan postingan sesuai urutan waktu terbit (chronological feed), melainkan berdasarkan tiga hal berikut:

 

  • Sejarah interaksi (algoritma Instagram akan menujukkan postingan dari orang-orang yang pernah berinteraksi dengan pengguna)
  • Ketertarikan pengguna (algoritma Instagram akan menunjukkan jenis postingan seperti yang disukai pengguna)
  • Kemunculan postingan (postingan yang paling baru terbit akan lebih ditampilkan)
  • Frekuensi penggunaan (pengguna yang jarang membuka Instagram hanya akan melihat postingan dengan engagement tertinggi)
  • Jumlah following pengguna (semakin banyak yang di-follow makin sulit untuk mendapatkan update semua akun)
Baca Juga :  Jualan di Instagram bagi Pemula, Begini Strateginya

 

Berkaca dari seluruh faktor-faktor tersebut, oleh karenanya kita perlu konsisten memposting konten. Konsistensi akan meningkatkan peluang postingan kita dilirik oleh audiens, serta berujung ke aktivitas lebih lanjut seperti engagement dan bahkan konversi.

 

Buatlah target dan jadwal, misalnya saja dalam satu hari memposting lima buah Story dan 1 postingan feed. Lalu, pertahankan untuk mencapai target tersebut.

 

3. Perhatikan waktu posting

 

Tak cukup dengan konsistensi. Anda juga perlu memperhatikan waktu posting. Carilah waktu posting yang tepat. Lantas, kapankah waktu posting Instagram yang tepat itu?

 

Hal tersebut sangat bergantung kepada audiens Anda. Cek Instagram Insights, lalu perhatikan kapan audiens Anda online. Saat kita berhasil memposting saat mereka sedang online, kemungkinan untuk menjalin engagement dengan audiens pun meningkat.

Baca Juga :  Everything Rises and Falls on Leadership

 

4. Gunakan hashtag dengan tepat

 

Hashtag dapat membantu postingan dilihat lebih banyak orang lagi. Namun, menggunakan hashtag terlalu banyak sangat tidak disarankan. Tidak semua hashtag efektif untuk brand Anda. Ingat, hanya gunakan hashtag yang relevan dengan brand, industri, serta audiens.

 

5. Lakukan kolaborasi

 

Kolaborasi menawarkan kesempatan bagus untuk menjangkau lebih banyak audiens. Eits, kolaborasi tak harus dilakukan dengan influencer saja, lho. Banyak brand yang bahkan berkolaborasi dengan followers-nya.

 

Hal terpenting dari kolaborasi adalah melakukannya dengan pihak yang selaras dengan dan relevan brand. Contohnya, Anda merupakan brand yang menjual jamu herbal untuk kesehatan. Anda bisa berkolaborasi dengan orang yang menerapkan gaya hidup sehat.

 

Simak juga berbagai artikel menarik lainnya seputar social media marketing hanya disini, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!