Bagian-Bab Tumbuhan Dan Fungsinya

Bagian-Bab Tumbuhan Dan Fungsinya

KABARPANDEGLANG.COM – Tumbuhan merupakan salah satu dari jenis makhluk hidup. Tumbuhan mempunyai klorofil atau zat hijau daun yang berfungsi sebagai media penciptaan kuliner dan untuk proses fotosintesis.

Tumbuhan merupakan penghasil materi kuliner yang berkhasiat bagi makhluk hidup yang lainnya. Seperti halnya makhluk hidup lain, tanaman juga memiliki bagian bab yang penting. Bagian-bagian tersebut mempunyai fungsi masing-masing dalam proses kehidupannya. Pada umumnya tumbuhan memiliki bab-bagian akar, batang, daun, dan bunga.

Berikut ini ihwal bagian-bab tanaman beserta fungsinya.

A. Akar

Akar sebagai salah satu bab flora tidak tampak karena berada di dalam tanah. Akar mempunyai susunan dari luar ke dalam ialah kulit luar (epidermis), kulit pertama (korteks), dan silinder sentra. Bagian-bab akar terdiri dari tudung akar, ujung akar, batang akar, cabang akar dan pangkal akar. Akar merupakan bagian flora yang penting. Fungsi atau kegunaan akar yaitu sebagai berikut.

  • Menancapkan tanaman ke dalam tanah.
  • Menyerap air dan mineral dari dalam tanah.
  • Sebagai daerah menyimpan makanan, contohnya pada tanaman wortel, lobak, dan ubi kayu.

Berdasarkan bentuknya, terdapat dua jenis akar, ialah akar serabut dan akar tunggang. Akar serabut biasanya dimiliki oleh tanaman jenis  monokotil (biji berkeping tunggal). Misalnya, padi, jagung, dan kelapa. Akar tunggang biasanya dimiliki oleh tanaman jenis dikotil (biji berkeping dua). Misalnya, mangga, jambu, jeruk, dan kacang-kacangan.

Baca Juga :  Kehidupan Nelayan Indonesia

Ada beberapa tumbuhan yang mempunyai akar khusus. Akar itu memiliki sifat dan kegunaan khusus. Beberapa akar khusus yakni sebagai berikut :

  • Akar Gantung. Akar gantung tumbuh pada bagian flora yang berada di atas tanah. Akar itu kemudian menggantung di udara, misalnya akar gantung pada pohon beringin.
  • Akar Pelekat. Akar pelekat tumbuh pada bab batang. Akar tersebut berkhasiat untuk menempelkan tanaman itu pada kayu, tembok, atau tanaman lain, contohnya akar pada tumbuhan sirih dan lada.
  • Akar Tunjang. Akar tunjang tumbuh pada bab bawah batang. Akar itu tumbuh ke segala arah, gunanya untuk menunjang biar batang tidak rebah, misalnya akar pada pohon pandan.
  • Akar Napas. Akar napas merupakan cabang-cabang dari akar tumbuhan tersebut. Akar itu tumbuh ke atas sehingga muncul di permukaan tanah atau air. Akar napas berguna untuk keluar masuknya udara ke dalam tumbuhan, misalnya akar pohon bakau.
Tumbuhan merupakan salah satu dari jenis makhluk hidup Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya

B. Batang

Batang;merupakan bagian tubuh flora yang ada di atas tanah, serta daerah melekatnya daun, bunga dan buah.Batang memiliki kegunaan sebagai berikut.

  • Sebagai kawasan tumbuh daun, bunga, dan buah.
  • Sebagai pengangkut air dan mineral dari akar ke daun.
  • Sebagai kawasan menyimpan cadangan masakan, contohnya ketela rambat dan sagu.

Ada tiga jenis batang tumbuhan yakni :

  • Batang berair, adalah batang tumbuhan yang lunak dan basah, contohnya batang tanaman bayam.
  • Batang berkayu, adalah batang tumbuhan yang terdiri dari kayu, contohnya batang pohon mangga.
  • Batang rumput, adalah batang tanaman yang beruas-ruas dan berongga, misalnya batang padi dan rumput.
Baca Juga :  Macam Macam Motif Dan Prisip Ekonomi

C. Daun

Daun adalah bab tanaman yang tumbuh pada batang. Daun banyak mengandung zat warna hijau yang disebut klorofil. Daun dibedakan menjadi daun tunggal dan daun majemuk. Berdasarkan susunannya, tulang daun ada yang menyirip (mangga dan jambu), menjari (singkong), dan sejajar (jagung. tebu, padi, dan alang-alang).

Daun pada umumnya berwarna hijau. Ada daun yang berwarna hijau muda, ada yang berwarna hijau tua. Ada pula daun yang tidak berwarna hijau, misalnya daun pada tumbuhan puring. Fungsi atau kegunaan daun ialah sebagai berikut.

  • Untuk melaksanakan pernapasan.
  • Sebagai daerah pembuatan masakan.
  • Tempat terjadinya penguapan.

D. Bunga

Bunga merupakan alat perkembangbiakan secara kawin pada tanaman. Bagian-bab bunga meliputi tangkai, mahkota, kelopak, benang sari dan putik. Benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan dan putik berfungsi sebagai alat kelamin betina.

Bunga pada flora banyak sekali macam bentuk dan warnanya. Ada bunga yang berwarna putih, kuning, merah, dan ungu. Fungsi atau kegunaan bunga yakni sebagai alat berkembang biak.

Berikut ini video mengenai bagian-bab bunga dan fungsinya.


Bunga dapat dibedakan menjadi dua, sebagai berikut :
Baca Juga :  Modifikasi Karya Tari

a. Bunga tidak tepat. Bunga yang hanya mempunyai benang sari saja atau putik saja. Bunga yang hanya memiliki benang sari saja disebut bunga jantan. Bunga hanya mempunyai putik saja disebut bunga betina.

b. Bunga sempurna. Bunga yang memiliki benang sari dan putik. Bunga tepat terdiri dari bab-bab sebagai berikut :

  • Tangkai bunga merupakan bab yang berada pada bagian bawah bunga. Tangkai ini berperan sebagai penopang bunga dan sebagai penyambung antara bunga dan batang atau ranting.
  • Kelopak bunga, merupakan bab bunga yang paling luar. Kelopak biasanya berwarna hijau seperti daun atau berwarna warni mirip mahkota.
  • Mahkota bunga, terletak di sebelah dalam kelopak dan biasanya mempunyai warna yang beraneka ragam. Mahkota bunga berguna untuk menarik serangga lain untuk datang membantu penyerbukan.
  • Benang sari, merupakan alat kelamin jantan yang terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Benang sari biasanya terletak di tengah-tengah mahkota bunga.
  • Putik, merupakan alat kelamin betina. Pada dasar putik terdapat bagian yang akan menjadi buah dan biji.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!