Ciri-ciri Depresi yang Harus Kamu Ketahui dan Ini Cara Mengatasinya

Ciri-ciri Depresi yang Harus Kamu Ketahui dan Ini Cara Mengatasinya
Ciri-ciri Depresi yang Harus Kamu Ketahui dan Ini Cara Mengatasinya
medcom.id

Depresi adalah kesehatan mental yang dialami oleh seseorang. Banyak hal yang menyebabkan seseorang depresi, jika tidak diatasi seseorang bisa mengakhiri hidupnya atau bahkan bisa melakukan hal yang merugikan orang lain.

Sehingga seseorang harus bisa mengetahui ciri-ciri depresi paling umum serta harus bisa mengatasinya dengan cepat. Berikut diantaranya:

1. Tidak Berminat Melakukan Semua AKtivitas

Hilangnya minat pada semua aktivitas biasanya disebabkan oleh depresi. Jika awalnya suka bekerja lalu tiba-tiba merasa malas.

Jika merasa seperti ini, itu artinya kamu sedang depresi, karena jauh didalam hatimu merasa apapiun yang kamu lakukan percuma sehingga kamu berpikir semua yang kamu lakkan tidaklah penting.

Baca Juga :  Tentang Mereka yang Menghinamu, Merendahkanmu, Biarlah Allah yang Bertindak Membalasnya, Kamu Jangan!

2. Tidak Bisa Mengontrol Emosi

Depresi yang paling umum adalah suka marah-marah dan tidak mengonrol emosi. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak emosi yang sudah kamu pendam selama ini.

Kamu merasa tidak kuat menahannya sehingga kamu kehilangan kontrol. Karena orang yang depresi memiliki kebiasaan memendam emosi dari pada meluapkannya.

Jika hal ini terus dilakukan emosinya akan meluap-luap dan tak bisa terkontrol. Lebih baik luapkan emosimu salah satunya bercerita kepada teman atau tuangkan didalam buku.

3. Mudah Cemas dan Panik Berlebihan

Ketika kamu depresi pikiranmu dihantui oleh hal buruk sehingga kamu merasa cemas dan panik secara berlebihan. Kamu merasa yang kamu rasakan hanyalah kekecewaan.

Baca Juga :  Razia Yustisi, Polda Banten Dapatkan 9 Pelanggar Prokes Di Kota Cilegon

Perasaan cemas dan panik juga disebabkan oleh rasa putus asa juga harapan yang hilang. Karena ia merasa bahwa yang ia lakukan tidak merubah apapun.

4. Merasa Tidak Berharga

Seseorang yang depresi seringkali merasa rendah diri dan hidupnya tidak berharga. Orang yang peduli biasanya merasa tidak ada yang peduli padanya.

Selalu merasa kesepian hingga menyiksa bahkan selalu menangis diam-diam. Selalu murung dan tidak bergaul dengan orang banyak karena merasa tidak percaya diri.

Cara Mengatasi Depresi

Jika kamu mengalami ciri-ciri umum depresi tersebut atau melihat orang lain demikian maka kamu harus bisa mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Orang yang depresi sangat membutuhkan pertolongan orang lain untuk menenangkan semua emosi serta pikiran negatif yang ada pada dirinya.

Baca Juga :  Pertolongan Allah Selalu Menyanding Kita, Namun Kita Abaikan Sebab Tidak Tahunya Kita Dalam Menjaga Hati

Temukan orang yang tepat untuk berbagi dan menceritakan semua yang kamu rasakan dengan lepas. Meski hal ini terlihat sepele, akan tetapi memiliki pengaruh yang luar biasa untuk meringankan beban yang sedang dihadapinya.

Jika sudah parah tentu membutuhkan bantuan dari dokter.