Gambar Ilustrasi Wacana Hewan Kelinci

Gambar Ilustrasi Wacana Hewan Kelinci

KABARPANDEGLANG.COM – Gambar ilustrasi merupakan penggambaran dari sebuah teks. Tujuan ilustrasi adalah untuk memperjelas, memperindah, dan menandakan isi atau info dari sebuah bacaan. Objek gambar gambaran dapat berupa gambar manusia, binatang, dan tumbuh-tumbuhan serta benda-benda yang ada di sekitar kita. Objek gambar ini harus diadaptasi dengan isi atau bacaan.

Gambar gambaran dibedakan menjadi dua macam, yaitu gambar yang berupa foto dan gambar tangan. Penggunaan gambar gambaran diubahsuaikan dengan kebutuhan dan isi bacaan atau teks. Adapun ragam gambar ilustrasi antara lain berupa cergam (cerita bergambar), komik, pamflet, cover, kartun, dan karikatur.

1. Cerita Bergambar

Cergam merupakan abreviasi dari cerita bergambar. Cergam ialah suatu seni yang memakai gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa, sehingga membentuk rangkaian cerita. Inti dari cergam yaitu narasinya, sedangkan gambar hanya sebagai gambaran pemanis.

2. Komik

Komik yaitu suatu bentuk seni yang memakai gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan dongeng. Komik dapat diterbitkan dalam aneka macam bentuk, mulai dari strip dalam koran, dimuat dalam majalah, sampai berbentuk buku tersendiri.

Baca Juga :  Teks Laporan Investigasi Hewan Peliharaan

Komik bisa dibentuk dalam satu kotak atau lebih. Komik yang dibentuk lebih dari satu kotak disebut komik strip. Ada juga yang dibuat bersambung dalam banyak kotak dan dibukukan, disebut buku komik.

3. Pamflet

Pamflet merupakan sebuah tulisan yang berisi perihal suatu berita yang terdiri dari goresan pena termasuk gambar didalamnya yang umumnya dibuat pada selebaran dan tidak dijilid atau dibukukan. Di dalam pamflet sendiri penggunaan gambar tidak wajib disertakan, gambar hanya dijadikan tambahan untuk lebih menarik minat orang-orang dengan pamflet yang diberikan.

4. Kartun

Kartun yaitu gambar dengan penampilan lucu yang mempresentasikan suatu peristiwa. Orang yang menciptakan kartun disebut kartunis. Beberapa jenis gambar kartun yang dikenal ketika ini yakni kartun editorial, gag cartoon, dan strip komik.

5. Karikatur

Karikatur yakni gambar atau penggambaran suatu objek yang nyata dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Karikatur menggambarkan subjek yang dikenal dan umumnya dimaksud untuk menjadikan kelucuan bagi pihak yang mengenal subjek tersebut. Karikatur dibedakan dari kartun karen karikatur tidak membentuk cerita sebagaimana kartun, namun karikatur mampu menjadi unsur dalam kartun, misalnya dalam kartun editorial.

6. Cover

Cover dalam seni yakni desain sampul yang intinya digunakan sebagai penarik minat kepada para pengamatnya.

Baca Juga :  Perubahan Dalam Jaring-Jaring Makanan
Langkah Membuat Gambar Ilustrasi

Gambar dongeng merupakan gambar atau serangkaian gambar yang mengandung sebuah kisah. Contoh gambar cerita yaitu gambar gambaran. Gambar ilusrasi merupakan gambar yang mendukung isi sebuah bacaan atau teks. Langkah-langkah menciptakan gambar ilustrasi adalah sebagai berikut.

Gambar ilustrasi merupakan penggambaran dari sebuah teks Gambar Ilustrasi Tentang Hewan Kelinci
1. Gagasan

Gagasan bersumber dari bacaan. Setelah menentukan gagasan, tentukanlah adegan apa yang akan digambar, siapa saja tokohnya, bagaimana suasananya, serta media yang akan dipakai.

2. Sketsa

Sketsa ialah rancangan gambar yang dibuat sesuai dengan gagasan. Membuat denah harus berhati-hati, perhatikan bagaimana tata letak dan ukuran objek yang digambar.

3. Pewarnaan

Setelah bagan tamat dibentuk, kau dapat mewarnainya. Pewarnaan dapat dilakukan dengan dua cara, pertama memberi warna sesuai dengan aslinya, kedua memberi warna berdasarkan khayalan sendiri. Pewarnaan mampu memakai cat air, cat minyak, pensil warna, spidol, dan lain-lain.

Media gambar yang bisa kau gunakan untuk menggambar yaitu.

1. Media Alas Gambar

Media alas merupakan media atau tempat untuk menuangkan gambar. Media ini mampu memakai kanvas, kain, kertas, atau bahkan kaca dan komputer. Media ini juga kuat pada pemilihan media pewarna yang dipakai. Selain itu juga besar lengan berkuasa pada baka dan tidaknya hasil gambar pada saat disimpan.

Baca Juga :  Penerapan Ragam Hias Pada Materi Tekstil
2. Media Pewarna

pewarna yang dipakai pada gambar ilustrasi diantaranya yaitu pensil warna dan cat air. Jenis pensil warna banyak mengandung lilin. Pilihan warnanya pun aneka macam. Sedangkan cat air ialah pewarna yang terlebih dahulu dicampur dengan air sebelum dipergunakan. Ada dua macam cat air, ialah transparan dan tidak transparan.

Ayo Berkreasi

Sekarang saatnya membuat gambar gambaran. Sebelum kamu menciptakan gambar, susunlah terlebih dahulu bacaan atau teks. Tema gambarnya ialah “Hewan Kesayanganku”.

Gambar ilustrasi merupakan penggambaran dari sebuah teks Gambar Ilustrasi Tentang Hewan Kelinci

Ayo Mencoba

Untuk mampu menceritakan apa yang terkandung di dalam gambar dibutuhkan ketelitian dalam mengamati gambar. Selain itu juga dibutuhkan kemampuan dalam berbahasa, baik ekspresi maupun tulis. Coba ceritakan rangkaian gambar gambaran berikut sesuai pemahamanmu.

Gambar ilustrasi merupakan penggambaran dari sebuah teks Gambar Ilustrasi Tentang Hewan Kelinci

Organ Alat Gerak Kelinci :  Kaki. Fungsi utama kaki pada kelinci yaitu untuk bergerak. Kelinci bergerak dengan meloncat memakai kaki. Kaki belakang kelinci lebih besar lengan berkuasa dan panjang dibandingkan dengan kaki depannya.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!