Hut Kabupaten Serang Ke-494, Pjs Bupati Sampaikan Strategi Hadapi Covid-19

Default Social Share Image

SERANG, — Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Serang menyampaikan optimistis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang dalam menghadapi pandemi covid-19. Mengingat, kata Ade, setiap kejadian terjadi Kabupaten Serang selalu bisa menghadapinya dan melewatinya.

“Dengan izin Allah Swt dan secara tolong-menolong kita akan kembali menunjukan bahwa, Kabupaten Serang akan mampu melewati ujian besar ini,”ujar Ade dalam sambutannya pada Rapat paripurna istimewa peringatan hari jadi ke 494 Kabupaten Serang digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serang pada Kamis, 8 Oktober 2020.

Sejauh ini, lanjut Adem upaya Pemkab Serang dalam menghadapi covid-19 dilaksanakan lewat aneka macam taktik pertama, pembentukan gugus tugas covid – 19 tingkat Kabupaten Serang yang didalamnya terdiri dari seluruh pemangku kepentingan, baik itu unsur forkompinda, kalangan akademisi, organisasi profesi dan bagian masyarakat yang secara keseluruhan menjadi bab dalam penanganan pengaruh covid di semua sektor.

Kedua melakukan refocussing anggaran untuk menyanggupi keperluan penanganan covid-19 dan melakukan keseimbangan antara pendapatan dan belanja APBD 2020. Serta langkah–langkah percepatan penyaluran transfer ke tempat dan dana desa (TKDD) dan realisasi belanja APBD dalam rangka penanganan pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah.

“Hal ini didasarkan pada isyarat Mendagri Republik Indonesia nomor 1 tahun 2020 perihal percepatan penanganan corona virus disease 2019. dan surat edaran bersama (SEB) wacana percepatan penyaluran TKDD dan realisasi APBD tahun budget 2020 untuk penanganan pandemi covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional (PEN),”ujarnya.

Baca Juga :  Biasanya Begini, Kalau Kamu Ketemu yang Baik Lalu Kamu Sia-siakan, Kadang Susah Ketemu yang Lebih Baik

Ketiga, melakukan pencegahan dan sosialisasi kepada penduduk tentang pentingnya melaksanakan gerakan bareng 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer serta mempertahankan jarak semoga masyarakat tidak tertular covid-19. Kegiatan ini telah kita lakukan bareng semenjak pandemi covid-19 sudah ditetapkan hingga dengan sekarang. “Kami bertekad untuk tidak henti – hentinya melaksanakan upaya penyadaran terhadap seluruh penduduk ihwal pentingnya pencegahan dibandingkan pengobatan atas wabah covid 19,”terangnya.

Keempat, memastikan penanganan bidang kesehatan dengan cepat dan sempurna bagi penduduk yang menjadi korban covid-19, untuk acara ini kami bagi dalam dua tahap adalah tahap satu, melalui dinas kesehatan beserta 31 puskemas telah melaksanakan berbagai upaya penanganan tingkat pertama lewat pemeriksaaan permulaan yaitu pelaksanaan rapid test dan swab test serta melakukan tracing atas penyebaran covid-19. lalu pada tahap kedua penanganan pasien tertular covid-19 sudah dikerjakan perawatan di rumahsakit dr. drajat prawira negara (rsdp) dan berhubungan dengan rumah sakit banten.

“Kelima, memutuskan keadaan masyarakat yang terdampak eksklusif maupun tidak eksklusif, semoga mampu tetap melaksanakan kehidupannya dengan baik lewat penyaluran bantuan sosial yang berasal dari APBD Kabupaten Serang, APBD Provinsi Banten dan dari Kementrian Sosial,”terperinci Ade.

Baca Juga :  Raperda Rzwp3k Provinsi Banten Siap Diparipurnakan Pekan Ini

Keenam, melaksanakan acara dan kegiatan pemulihan ekonomi balasan pengaruh terjadinya wabah covid-19 lewat acara padat karya, pembelian beras dari petani setempat, pemberdayaan umkm dalam hal pengadaan masker untuk masyarakat, melakukan kerjasama dengan ecommerce / toko online untuk menolong penjualan produk-produk dari umkm, melakukan pemasaran UMKM lewat media cetak maupun media online.

Sedangkan yang ketujuh, melanjutkan pembangunan program prioritas terutama yang bertujuan untuk menjaga mutu sumber daya manusia di Kabupaten Serang. “Kegiatan ini kami kerjakan sesuai dengan acara prioritas yang telah tercantum dalam sasaran – target RPJMD 2016 – 2021,”tutur Ade.

Diketahui, Paripurna tersebut dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Pelaksanaan paripurna dijalankan dengan peserta terbatas dan berjarak. Selain itu acara paripurna tersebut dikerjakan pula secara virtual pada setiap OPD atau organisasi perangkat daerah.

Sekitar pukul 09.30 WA Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Serang Ade Ariyanto, Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, Sekda Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri hadir di ruangan paripurna. Sementara sejumlah pejabat lain seperti Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, mantan Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman, Ketua KPU, Ketua Bawaslu Kabupaten Serang dan unsur forkopimda lainnya mengikuti paripurna secara virtual,

Baca Juga :  Gaya Kampanye Ratu Tatu, Bagi-Bagi Masker Sampai Datangi Home Industry

Ketua DPRD kabupaten Serang Bahrul Ulum mengatakan, kegiatan paripurna HUT ke 494 ini merupakan hasil komitmen tubuh musyawarah DPRD dan bagian jadwal panitia penyelenggaraan HUT ke 494. Rangkaian program hari ini adalah dimulai dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Quran, pembacaan naskah lintas sejarah Kabupaten Serang, sambutan tokoh masyarakat, pidato hari jadi oleh Pjs bupati Serang, sambutan gubernur Banten, doa dan epilog.

Ulum menyampaikan, hari ini tepat 8 Oktober ialah tanggal bersejarah bagi pemkab Serang. “Berbeda dengan perayaan hari jadi tahun sebelumnya yang semarak, tahun ini dengan tidak mengurangi nilai urgensi hari jadi dan memperhatikan keadaan pandemi maka kita gunakan Protokol Covid. Sehingga rapat paripurna HUT ke 494 dikerjakan secara virtual,” ungkapnya dalam sambutan.

Politikus Golkar itu mengingatkan, pelaksanaan HUT yang berkala dilakukan tiap tahun bukan hanya seremonial semata. Namun momentum untuk introspeksi diri apa yang telah diberikan pada Kabupaten Serang,” ucapnya. (red)