Ingin Menyekolahkan Anak Sampai Perguruan Tinggi? Wujudkan dengan Investasi Reksadana Saham

Wujudkan dengan Investasi Reksadana Saham

KABARPANDEGLANG.COM – Ingin Menyekolahkan Anak Sampai Perguruan Tinggi? Wujudkan dengan Investasi Reksadana Saham. Bisa menyekolahkan anak sampai pendidikan tertinggi adalah impian bagi setiap orang tua. Sayangnya biaya pendidikan yang terus melambung jadi masalah yang perlu dihadapi. Untungnya Reksadana Saham bisa jadi solusinya, karena investasi ini memiliki potensi return yang cukup tinggi.

Berinvestasi dalam Reksadana adalah salah satu trik untuk bisa mengatur keuangan dengan lebih baik sejak dini. Reksadana jadi pilihan tepat disamping aktivitas seperti menabung dan juga deposito. Anda yang ingin mengumpulkan uang untuk dana pendidikan anak, bisa mengandalkannya dengan beberapa cara ini.

Cara Memanfaatkan Reksadana Saham untuk Kebutuhan Pendidikan Anak

Sebelum berinvestasi sebaiknya Anda mengenali apa itu Reksadana Saham. Pengertiannya sendiri adalah salah satu jenis investasi Reksadana yang alokasi portofolionya pada produk saham sebesar 80%. Nantinya yang bekerja untuk mengelola portofolio adalah Manajer Investasi.

Lalu apa yang menyebabkan Anda memilih Reksadana Saham? Alasan pertama adalah investasi ini memiliki potensi return yang cukup tinggi. Nantinya saat anak siap masuk ke universitas, dana yang diperlukan sudah siap. Kedua, Reksadana merupakan investasi bebas pajak, inilah yang membuat keuntungan menjadi utuh.

Wujudkan dengan Investasi Reksadana

Demi memperoleh return tinggi ini Anda pun harus tahu bagaimana cara memanfaatkan investasinya. Berikut ini beberapa strategi yang biasanya diterapkan saat investasi.

Baca Juga :  Jangan Tangisi Kesulitan, Hadapi Dengan Kesabaran, dan Yakin Kamu Mampu Bila Dengan Allah

1. Memperhatikan Market Timing

Strategi yang pertama ini maksudnya adalah tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli produk Reksadana demi memperoleh keuntungan optimal. Ada tiga hal yang perlu dilakukan yaitu sabar, teliti dan tepat dan hindari terdorong oleh emosi sehingga menyebabkan Anda salah membeli investasi.

Meskipun dana Reksa Dana yang Anda investasikan dikelola oleh Manajer Investasi, tapi keputusan memilih Manajer Investasi dan produk Reksa Dana Saham ada di tangan Anda sebagai investor. Karena itu, saat memutuskan investasi di Reksa Dana Saham.

Anda bisa mencoba memprediksi pergerakan pasar dengan memperhatikan indikator seperti pergerakan IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan. Dalam strategi ini, investor bisa membeli produk Reksa Dana dimana instrumen saham perusahaan di dalamnya mengalami penurunan harga dan menjual kembali di saat pasar menunjukkan kinerja yang lebih baik.

2. Buy and Hold

Jika Anda ingin investasi dengan strategi pertama maka diperlukan waktu yang cukup banyak demi mengamati IHSG. Namun bagaimana jika Anda tidak memiliki waktu yang banyak? Sebagian besar investor akan menggunakan strategi buy and hold yang cocok juga untuk investasi jangka panjang.

Investor akan langsung membeli investasi kemudian mendiamkannya dalam waktu yang lama. Investor tidak perlu mengamati pergerakan harga pasar secara rutin apalagi setiap hari. Namun penting untuk tahu produk mana yang berpotensi menguntungkan untuk jangka panjang.

3. Dollar Cost Averaging

Cara berinvestasi Reksadana Saham selanjutnya bisa dengan dollar cost averaging dimana Anda akan melakukan pembelian secara berkala. Pembelian ini tidak disertai dengan pengamatan harga di pasar. Selama memang sudah jadwalnya, Anda akan langsung membelinya supaya jumlah produk bertambah.

Baca Juga :  Tentang Harapan yang Tidak Kunjung Nyata, Allah Menyuruhmu Menunggu. Maka Bersabarlah!

Produk yang dibeli pun bisa bervariasi untuk menghindari risiko diversifikasi. Karena ketika harga naik, saham yang diperoleh pun akan lebih sedikit. Trik ini sangat tepat bagi Anda yang sering impulsif ketika berinvestasi sehingga kebiasaan tersebut tidak akan merugikan.

4. Menggunakan Strategi Average Up

Bagi sebagian besar investor yang ingin main aman akan menggunakan trik ini. Caranya hampir mirip dengan dollar cost averaging hanya saja jenis produk investasi yang dibeli sama setiap saat. Jadi Anda akan menambah kepemilikan portofolio di satu produk sedikit demi sedikit.

Anda juga tidak memperhatikan apakah harganya naik atau turun, namun bertujuan mengumpulkan lebih banyak aset. Nantinya jika sudah terkumpul lebih banyak dan nilai investasi tersebut sudah mencapai target, Anda akan dapat menjualnya tanpa berpikir panjang.

Tinggal praktikkan satu per satu dari keempat strategi Reksadana Saham ini dan temukan mana yang sesuai dengan profil risiko Anda. Sebelum berinvestasi Anda juga harus mencari perusahaan penyedia mana yang terpercaya. Langsung saja cek rekomendasinya.

Investasi Reksadana Saham Tepat di DBS Treasures

Setelah mempelajari apa itu Reksadana Saham serta cara memanfaatkannya kini Anda sudah siap untuk berinvestasi. Investasi paling tepat yang bisa dipilih ada di perbankan prioritas DBS Treasures. Di sini Anda akan mendapatkan setidaknya empat keuntungan sebagai berikut:

1. Investasi Dikelola oleh Profesional

DBS Treasures telah bermitra dengan Manajer Investasi professional, sehingga bagi Anda yang tidak memiliki cukup waktu dalam mengelola Reksadana Saham pun tidak perlu khawatir lagi. Tinggal menunggu hasil dan dana siap terkumpul untuk dana kuliah anak nanti.

Baca Juga :  Berjuanglah Meski Kamu Tak Mendapat Bantuan Manusia. Ingat, Allah Takkan Pernah Jenuh Membantumu

2. Memperoleh Panduan Berupa Wawasan Berinvestasi

Meskipun sudah ada Manajer Investasi, ada juga tim ahli finansial yang akan mengkomunikasikan wawasan mengenai analisa pasar dan peluang terbaru yang sudah dicocokkan dengan profil dan aspirasi Anda. Anda pun tidak menjadi investor yang kurang update tentang perkembangan pasar.

3. Berkurangnya Risiko dengan Diversifikasi

Perbankan prioritas DBS Treasures akan membantu Anda dengan memberikan rekomendasi alokasi pembagian jenis aset investasi atau diversifikasi demi mengurangi masalah risiko di Reksadana Saham dan Reksadana lainnya.

Semua aktivitas transaksi investasi ini bisa dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS. Baik itu analisa yang didukung dengan data dari Infovesta serta kemudahan dalam transaksi jual, beli dan switching.

Anda yang tergolong investor baru pun bisa juga mendaftar Single Investor Identity dari Kustodian Sentral Efek Indonesia. Registrasinya juga bisa dilakukan di satu platform yang sama.

Kini impian agar anak bisa sekolah hingga perguruan tinggi bisa Anda langsung wujudkan dengan investasi Reksadana Saham. Anda bisa mulai mengatur keuangan dengan lebih baik juga mulai dari sekarang.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi nasabah perbankan prioritas DBS Treasures dan dapatkan empat kemudahannya di atas. Apalagi produk-produk investasi Reksadana di perbankan prioritas DBS Treasures dari Manajer Investasi yang memiliki rekam jejak yang baik, dan sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan.