Jenis Paduan Bunyi

  • Bagikan
Jenis Paduan Bunyi

KABARPANDEGLANG.COM – Paduan suara atau biasa disebut koor berasal dari kata bunyi yang terpadu yang terdiri dari paduan suara besar atau kecil. Dengan demikian paduan bunyi adalah bernyanyi secara serentak, terpadu dengan keselarasan volume yang baik dan terkontrol, mengikuti keselarasan harmoni.

Harmoni yakni paduan suara di dalam suatu lagu yang terdiri dari beberapa suara yang sesuai dengan akor. jenis-jenis paduan bunyi. Dalam sebuah paduan bunyi sangat diperlukan ialah kekompakan dan kerja sama tim. Karena perbedaan dalam paduan bunyi bila bisa disatukan maka akan menjadi sesuatu yang indah.

Umumnya paduan suara terdiri atas empat bagian suara, adalah sopran, alto, tenor, dan bass. Sopran merupakan bunyi tertinggi dari wanita, sedangkan alto merupakan suara terendah dari perempuan. Pada suara pria, tenor yang merupakn bunyi tertinggi dan bass sebagai bunyi yang terendah.

Baca Juga :  Teks Tanggapan Deskriptif Pakaian Etika Betawi

Diantara sopran dan alto pada bunyi perempuan ada mezzo sopran, pada suara pria diantara tenor dan bass terdapat bunyi bariton. Berdasarkan penyanyinya paduan bunyi mampu dikelompokkan menjadi.

  • Paduan suara adonan, penyanyi terdiri dari wanita dan laki-laki cukup umur.
  • Paduan bunyi perempuan, penyanyi hanya wanita saja.
  • Paduan bunyi pria, penyanyi hanya laki-laki saja.
  • Paduan suara anak-anak, penyanyi hanya bawah umur, baik laki-laki semua, wanita semua atau adonan dari keduanya.

Jenis-Jenis paduan bunyi berdasarkan jenis suaranya yakni sebagai berikut.

  • Paduan suara unisono yaitu paduan suara dengan menggunakan satu bunyi. Misalnya pada paduan bunyi wanita hanya menggunakan suara sopran saja, pada paduan suara laki-laki bisa memakai suara tenor saja.
  • Paduan bunyi dua suara sejenis yakni paduan bunyi yang memakai dua suara insan yang sejenis, teladan bunyi sejenis perempuan (sopran dan alto), bunyi sejenis pria (tenor dan bass), bunyi sejenis anak-anak (tinggi dan rendah).
  • Paduan bunyi tiga suara sejenis. Pada paduan bunyi perempuan mampu tersusun dari sopran – sopran –¬†alto (S-S-A). Pada paduang bunyi pria dapat tersusun tenor – tenor- bass (T-T-B).
  • Paduan suara tiga bunyi adonan. Pada paduan suara tiga suara campuran mampu tersusun dari sopran – alto – bass (S-A-B), sopran dan alto suara perempuan sedangkan bass yaitu bunyi pria.
  • Paduan suara tiga sejenis. Pada paduan bunyi tiga bunyi sejenis laki-laki dengan bunyi tenor-tenor -bass (T-T-B). Pada paduan bunyi wanita tiga suara sejenis adalah sopran-sopran-alto (S-S-A)
  • Paduan bunyi empat bunyi gabungan adalah paduan bunyi yang mengguanakan bunyi campuran pria dan wanita. Dua sura wanita yaitu sopran dan alto, dua bunyi pria yaitu tenor dan bass (S-A-T-B).
Paduan suara atau biasa disebut koor berasal dari kata suara yang terpadu yang terdiri dar Jenis Paduan Suara

Dalam paduan suara sering dikenal denga sebutan suara satu dan bunyi dua, bunyi satu biasanya untuk suara yang tinggi sedangkan bunyi dua untuk yang lebih rendah dari suara satu. Pada paduan bunyi perempuan suara satu ialah sopran dan suara dua adalah alto, sedangkan pada paduan suara pria bunyi satu tenor dan suara dua ialah bass.

Baca Juga :  Percobaan Menilik Kejadian Pengkristalan

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan