Jika Terlalu Banyak Bermain Gadget, Ini 5 Dampak Buruk yang Akan Kamu Alami

Jika Terlalu Banyak Bermain Gadget, Ini 5 Dampak Buruk yang Akan Kamu Alami
Jika Terlalu Banyak Bermain Gadget, Ini 5 Dampak Buruk yang Akan Kamu Alami
hellosehat.com

Tanpa diasadari, terlalu banyak bermain gadget akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Para ilmuan fokus mencari tahu apa yang gadget lakukan pada tubuh dan otak manusia.

Ternyata banyak dampak negatif dari efeek gadget, terutama bagi anak. Dilansir dari bustle.com, beberapa dampak buruk ini akan kamu rasakan jika memghabiskan terlalu menghabiskan waktu untuk bermain gadget.

1. Restrukturisasi Otak

Menurut penelitian, menghabiskan banyak waktu bermain gadget bisa mengatur ulang materi menyusun otak. Otak sendiri terdiri dari materi abu-abu, bagian beratnya terbentuk lipatan dan materi putih yang mentransmisikan pesan antar neuron.

Orang yang kecanduan bermain gadget memiliki jumlah materi abu-abu lebih rendah, karena berkaitan dengan penyusunan materi abu-abu dan masalah dengan kemampuan materi putih untuk berkomunikasi.

Baca Juga :  Beberapa Alarm Terbaik Sepanjang Masa Yang Berbuah Manis Di Akhirat

2. Lebih Rentan Mengalami Ketegangan Mata

Cahaya biru dari layar gadget akan berdampak buruk bagi mata. Tidak hanya membuat kita tetap terjaga namun layar biru gadget juga bisa merusak retina.

Maka dari itu istirahtakan mata setiap 10-15 menit atau menutup mata sepenuhnya selama 1-2 detik.

3. Mempengaruhi Cara Memproses Emosi

Kurang berintraksi tatap muka akan menstimulasi koneksi emosional dan berdampak pada kemampuanmu untuk memproses emosi dengan benar.

4. Bisa Meningkatkan Kematian

Menghabiskan banyak waktu dengan bermain gadget bisa menurunkan hasil kesehatan kardiovaskular dan meningkatkan risiko kematian.

5. Beresiko Depresi

Gejala depresi memiliki hubungan yang kuat jika waktu hanya dihabiskan untuk bermain gadget saja.

Baca Juga :  Namanya Juga Bukan Rezeki, Kadang Sudah Nyata Didepan Mata Tapi Allah Berikan Jalan Untuk Pergi