Lakukan 6 Cara Ini Untuk Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Lakukan 6 Cara Ini Untuk Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan
Lakukan 6 Cara Ini Untuk Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan
tribunnews.com

Selama masa kehamilan perempuan akan mengalami perubahan salah satunya mengalami kenaikan berat badan. Hal ini dipengaruhi oleh bayi, plasenta, cairan ketuban dan jaringan payudara, darah, pembesaran payudara dan penyimpanan lemak ekstra.

Lemak ektrsa inilah yang sangat dibutuhkan untuk mendukung persalinan dan menyusui. Sebagian besar perempuan akan mengalami kelebihan berat badan setelah melahirkan sehingga menyebabkan gangguan.

Diantaranya penyakit deabetes, risiko penyakit jantung hingga komplikasi ketika hamil dan melahirkan.

Dilansir dari Boldsk: penting membuat lemak yang terkumpul setelah melahirkan. Akan tetapi jangan sampai mempengaruhi karena harus menyusui.

Karena ibu menyusui membutuhkan 450-500 kalori ekstra perhari dan berasal dari semua makanan yang bergizi. Lakukan beberapa tips dibawah ini untuk menurunkan berat badan:

Baca Juga :  Partai Gelora Siap Menangkan Irna-Tanto Dan Targetkan Bangku Legislatif 2024

1. Menetapkan Target Sesuai Kemampuanmu

Kamu harus menurunkan berat badanmu sesuai dengan kemampuanmu. Meskipun tidak mengalami penurunan badan secara dtrastis namun tetaplah konsisten, karena seorang ibu mengalami rutinitas baru.

2, Jangan Sampai Kelaparan

Seorang ibu membutuhkan nutrisi baik, ketika menyusui ibu membutuhkan kalori 250-500.Pastikan makanan tersebut dari roti, lauk pauk, salad dan sayuran.

Buah-buahan, susu dan dua telur rebus sangat dianjurkan. Tapi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi gula secara berlebihan, ganti dengan kacang-kacangan, biji-bijian, susu dan telur.

3. Tetapkan Jadwal Makan

Tetapkan jadwal makan, masukkan makanan yang kaya akan protein, atur makanan dengan cara memasukkan camilan yang sudah diatur. Sehingga tidak akan mengkonsumsi makanan manis.

Baca Juga :  Tetap Bersyukur, Ujian yang Membuat Kita Dekat Kepada-Nya Sungguh Adalah Nikmat yang Luar Biasa

4. Hindari Makanan Kemasan, Olahan dan Kelebihan Gula

Mengkonsumsi olahan kemasan tidak mengandung kalori meskipun membuatmu kenyang. Sehingga membuatmu ingin makan malam, maka lebih baik hindari makanan kemasan.

5. Olahraga

Pastikan kondisimu benar-benar siap melakukan olahraga, apalagi jika kamu mengalami banyak komplikasi setelah melahirkan. Setelah pulih barulah bisa berolahraga.

6. Tidur Cukup

Meskipun agak sulit bagi ibu yang sudah melahirkan, karena memiliki bayi akan menyebabkan tidur tidak menentu. Lebih baik atur sebaik mungkin atau bergantian dengan keluara.