Peluang Bisnis dari Hobi Bercocok Tanam di Rumah

Default Social Share Image

 

Bercocok Tanam di Rumah – Selama pandemi, kita dianjurkan untuk membatasi bepergian ke luar dan tetap di rumah saja. Orang-orang pun mencari berbagai kegiatan yang bisa dilakukan ketika di rumah agar tidak jenuh. Salah satu kegiatan yang banyak digemari orang-orang adalah bercocok tanam.

 

Banyak metode bercocok tanam yang dijalankan oleh masyarakat. Kegiatan bercocok tanam tentunya membutuhkan perlengkapan, mulai dari benih hingga media tanam. Kegiatan ini dapat dimanfaatkan menjadi peluang bisnis yang berpotensi mendatangkan keuntungan besar. Apa saja peluang bisnis yang bisa dijalankan?

 

Peluang usaha yang cocok dengan kegiatan bercocok tanam di rumah

 

Baca Juga :  3 Tips Sukses Jualan Ebook agar Laris Manis

1. Bisnis tanaman hias

 

Mengoleksi tanaman hias seolah menjadi tren. Banyak orang yang menggemari kegiatan ini dan menjadikannya hobi baru, terlebih lagi ketika masa pandemi seperti ini.

 

Tanaman hias memang indah dipandang dan dapat menghadirkan nuansa segar di sudut-sudut rumah. Selain itu, kita juga mendapatkan kepuasan tersendiri saat merawat tanaman hias.

 

Hal yang harus diperhatikan saat berbisnis tanaman hias adalah memperhatikan tren. Yap, sama seperti fashion, tren tanaman hias juga senantiasa berkembang. Seperti sekarang ini, orang-orang menyenangi tanaman yang bisa diletakkan di dalam ruangan.

 

2. Bisnis benih buah dan sayuran

 

Selain tanaman hias, bercocok tanam buah dan sayuran juga cukup diminati. Saat menanam buah atau sayuran, kita bisa mengkonsumsi hasil panennya. Anda bisa menyediakan berbagai benih buah dan sayuran untuk dijual.

 

3. Bisnis sayuran hidroponik

 

Salah satu metode bercocok tanam yang banyak dilakukan masyarakat adalah dengan teknik hidroponik. Berbeda dengan teknik bercocok tanam biasanya, bercocok tanam secara hidroponik tidak menggunakan air sebagai media tanamnya.

Baca Juga :  Ambillah Pelajaran Dari Luka Lama yang Pernah Kau Rasa, dan Lebih Berhati-hatilah Menjaga Hatimu Kembali

 

Ada beberapa keunggulan dari teknik hidroponik yang membuatnya begitu digemari. Teknik ini mudah dipelajari. Selain itu, Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk bercocok tanam dengan teknik hidroponik.

 

Anda bisa menjual berbagai perlengkapan untuk bercocok tanam dengan metode hidroponik. Alangkah baiknya jika Anda juga menyertakan tata cara tanam agar pembeli pun bisa mempraktikkan teknik hidroponik dengan sukses.

 

4. Bisnis tanaman obat atau tanaman rempah

 

Tanaman obat dan tanaman rempah memiliki banyak manfaat, mulai dari memiliki khasiat untuk kesehatan hingga melengkapi cita rasa masakan. Kita juga bisa menanam tanaman-tanaman tersebut di rumah. Tak sedikit orang-orang yang berminat tinggi untuk menanam tanaman-tanaman tersebut di rumahnya. Hal ini pun bisa dimanfaatkan untuk dijadikan bisnis.

 

5. Bisnis pot unik

 

Kita telah mengetahui bahwa banyak orang yang mengoleksi tanaman hias. Ada juga peluang bisnis seputar bisnis tanaman hias yang juga berpotensi bagus. Peluang bisnis tersebut adalah berjualan pot unik khusus tanaman hias.

Baca Juga :  Kedua Kalinya, Lebak Mampu Penghargaan Innovation Government Award

 

Tanaman hias akan semakin terlihat cantik ketika ditempatkan pada pot yang Anda sediakan. Tentunya, nilai estetika tanaman akan bertambah dan semakin memperindah rumah Anda.

 

6. Bisnis perlengkapan bercocok tanam

 

Kegiatan bercocok tanam membutuhkan banyak perlengkapan, mulai dari media tanam, pupuk, alat penyiram, dan lain-lain. Selain menyediakan berbagai tanaman, Anda juga bisa menjual berbagai perlengkapan bercocok tanam.

 

Strategi ini tidak boleh tertinggal ketika berbisnis tanaman

 

Ada satu strategi penting yang perlu dilakukan agar bisnis tanaman Anda berjalan sukses. Strategi tersebut adalah gencar berpromosi di medsos atau website. Dengan demikian, bisnis Anda akan semakin dikenal banyak orang. Anda pun akan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

 

Temukan berbagai inspirasi bisnis lainnya hanya di sini, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!