Penelitian: Rasa Bahagia Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Begini Penjelasannya

Penelitian: Rasa Bahagia Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Begini Penjelasannya
Penelitian: Rasa Bahagia Meningkatkan Kekebalan Tubuh, Begini Penjelasannya
sehat.com

Kekebalan tubuh menjadi salah satu hal yang terpenting bagi kesehatan, apalagi disaat pandemi ini.

Tidak hanya menjaga pola makan namun juga harus rajin berolahraga agar semakin membangun sistem kekebalan tubuh.

Karena jika stres maka kekebalan tubuh akan rentan terkena penyakit. Dan sebalinya perasaan bahagia bisa memperkuat kondisi tubuh.

Learn more Satu studi pada tahun 2003 membuktikan bagaimana perasaan seseorang akan berdampak pada daya tahan tubuh seseorang.

Mengutip Healthline, dalam studi tersebut peneliti dari Carnegie Mellon University, Pittsburgh, AS memberikan virus flu pada 300 peserta.

Pesert studi yang meras atidak bahagia berpeluang terkana flu tiga kali lipat dari mereka yang bahagia.

Baca Juga :  Lanal Banten Turunkan Tim Dan Dirikan Posko Sar Pesawat Sriwijaya Air Sj-182

Julienne Bower, PhD, profesor psikologi dan psikiatri dan peneliti di Cousins Center for Psychoneuroimmunology di UCLA. membenarkan bahwa manfaat kebahagaian untuk sistem kekebalan tubuh itu benar adanya.

Karena mengurangi stres itu sulit sehingga kebahagiaanlah yang harus ditingkatkan.

Jadi harus bisa meningkatkan, salah satunya dengan cara memiliki ikatan sosial dan tujuan hidup sehingga bisa menjaga daya tahun tubuh terutama selama pandemi.

Dari dua studi yang diterbitkan di tahun 2019, Bower dan rekannya menemukan hasil yang menarik. Latihan kesadaran (mindfulness) selama enam minggu membawa perubahan sistem kekebalan yang positif pada penderita kanker payudara berusia muda, termasuk penurunan gen terkait peradangan.

Para penderita kanker juga menunjukkan peningkatan kesejahteraan mentalnya. Manfaat ini sangat berkaintan dengan aktivitas sistem saraf simpati yang bertanggung ajwab atas merespon melawan atau lari saat kita sedang terancam akibat stres.

Baca Juga :  Percayalah, Allah Tahu Kamu Sedang Sakit hati, dan Allah Tahu Bahwa Kamu Peribadi yang Kuat, Bertahanlah!

Jika ingin kebahagiaan memberikan dampak baik bagi kekebalan tubuh maka awali kegiatan yang positif.

Menanyakan kabar dan mengirim pesan positif kepada seseorang.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2017 di jurnal Psychoneuroendocrinology menemukan bahwa orang yang melakukan kebaikan selama empat minggu akan menningkatkan ekspresi gen terkait fungsi respon kekebalan.

Kita pun harus menjaga beberapa hal agar sistem kekebalan tubuh kita berfungsi dengan baik dengan cara tidur yang cukup, berolahraga dan mengkonsumsi makanan bergizi.