Perbandingan Molekul Unsur Dan Molekul Senyawa

Perbandingan Molekul Unsur Dan Molekul Senyawa

KABARPANDEGLANG.COM – Molekul yaitu bagian terkecil dan tidak terpecah dari suatu senyawa kimia murni yang masih mempertahankan sifat kimia dan fisika yang unik. Suatu molekul terdiri dari dua atau lebih atom yang terikat satu sama lain.

Sebagai pola, molekul air merupakan kombinasi dari 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen. Suatu molekul dituliskan dalam rumus kimia. Rumus kimia suatu molekul tersebut menawarkan banyak jenis dan jumlah atom yang menyusun molekul tersebut.

1. Molekul Unsur

Molekul unsur ialah molekul yang terbentuk dari satu jenis atom saja. Contohnya yaitu oksigen. Berdasarkan jumlah atom pembentuknya, molekul unsur dapat dibedakan sebagai berikut:

Molekul adalah bagian terkecil dan tidak terpecah dari suatu senyawa kimia murni yang masi Perbandingan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa
  • Molekul Diatomik. Molekul Diatomik ini terbentuk dari dua atom yang sejenis. Contoh molekul diatomik yakni molekul oksigen, molekul hidrogen dan molekul nitrogen.
  • Molekul Tetraatomik. Molekul tetraatomik ini terbentuk dari empat atom yang sejenis. Contoh molekul tetraatomik yakni molekul fosfor.
  • Molekul Oktaatomik. Molekul oktaatomik ini terbentuk dari delapan atom yang sejenis. Contoh molekul tetraatomik yaitu molekul sulfur (belerang).

Berikut ini beberapa Molekul unsur dan Unsur Penyusunnya

No. Nama Unsur Lambang Unsur Rumus Molekul Nama dan Jumlah Unsur Penyusun
1. Hidrogen H H₂ Terdiri dari 2 atom hidrogen
2. Florida F F₂ Terdiri dari 2 atom fluor
3. Oksigen O O₂ Terdiri dari 2 atom oksigen
4. Nitrogen N N₂ Terdiri dari 2 atom nitrogen
5. Klorida Cl Cl₂ Terdiri dari 2 atom clor
6. Bromida Br Br₂ Terdiri dari 2 atom brom
7. Iodida I I₂ Terdiri dari 2 atom  iodium
8. Phosfor P P₄ Terdiri dari 4 atom fosfor
9. Sulfur S S₈ Terdiri dari 8 atom sulfur
10. Astatin At At₂ Terdiri dari 2 atom astatin
Baca Juga :  Melatih Kekuatan Otot Badan

2. Molekul Senyawa

Sebenarnya molekul senyawa banyak terdapat di kehidupan kita sehari-hari. Kita sering menggunakan atau terlibat dengan molekul senyawa tetapi kita jarang menyadarinya. Contohnya dikala kita minum atau mandi menggunakan molekul senyawa air (H₂O),

saat bernafas kita mengeluarkan molekul senyawa karbondioksida (CO₂), asap dari kendaraan bermotor sebagian mengandung senyawa molekul karbon monoksida (CO), dan cairan yang elektrolit aki ialah asam sulfat (H₂SO₄). Molekul senyawa yaitu molekul yang terbentuk dari atom-atom yang berbeda.

Molekul adalah bagian terkecil dan tidak terpecah dari suatu senyawa kimia murni yang masi Perbandingan Molekul Unsur dan Molekul Senyawa

Nah sekarang cobalah kalian perhatikan dengan cermat pola molekul senyawa (molekul yang terdiri lebih dari satu jenis atom) berikut ini:

  • Air (H₂O). Setiap molekul air terdiri dari dua atom hidrogen (H) dan satu atom oksigen (O).
  • Karbon Monoksida (CO). Setiap molekul karbon monoksida terdiri dari satu atom karbon (C) dan satu atom oksigen (O).
  • Karbon Dionoksida (CO2). Setiap molekul karbon dioksida terdiri dari satu atom karbon (C) dan dua atom oksigen (O).
  • Kalium Hidroksida (KOH). Setiap molekul kalium hidroksida terdiri dari satu atom kalium (K), satu atom oksigen (O), dan satu atom hidrogen (H).
  • Garam dapur (NaCl). Setiap molekul garam dapur terdiri dari satu atom natrium (Na), dan satu atom Klor (Cl).
Baca Juga :  Mari Berguru Al-Qur’An Surat At-Tin

Contoh Molekul Senyawa yang dapat dikonsumsi manusia langsung

No. Rumus Molekul Nama dan Jumlah Unsur Penyusun Nama
Unsur
1. H₂O Terdiri dari 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen Air
2. C₆H₁₂O₆ Terdiri dari 6 atom karbon, 12 atom hidrogen, dan 6 atom oksigen Glukosa
3. C₁₂H₂₂O₁₁ Terdiri dari 12 atom karbon, 22 atom hidrogen, dan 11 atom oksigen Sukrosa
4. NaCl Terdiri dari 1 atom natrium dan 1 atom klor Garam Dapur
5. CH₃COOH Terdiri dari 2 atom karbon, 4 atom hidrogen, dan 2 atom oksigen Asam Cuka
6. NaHCO₃ Terdiri dari 1 atom natrium, 1 atom hidrogen, 1 atom karbon, dan 3 atom oksigen Soda Kue
7. CO(NH₂)₂ Terdiri dari 1 atom karbon, 1 atom oksigen, 2 atom nitrogen, dan 4 atom hdirogen Urea
8. C₂H₅OH Terdiri dari 2 atom karbon, 5 atom nidrogen, 1 atom oksigen, dan 1 atom hidrogen Ethanol
9. NH₃ Terdiri dari 1 atom nitrogen, dan 3 atom hidrogen Amonia
10. NaOH Terdiri dari 1 atom natrium dan 1 atom oksigen, dan 1 atom hidrogen Soda Api
Baca Juga :  Perubahan Wujud Benda Mencair Membeku Dan Menguap

C. Campuran

Campuran merupakan bahan yang terdiri dari dua atau lebih senyawa. Materi yang kita jumpai sehari-hari hampir semuanya gabungan. Bahkan kita sering membuat adonan materi, misalnya dikala kita membuat kopi atau teh elok. Campuran dibedakan menjadi tiga jenis, adalah: Larutan, Koloid, dan Suspensi.

  • Larutan adalah gabungan yang homogen. Contoh larutan contohnya gula dan air. Gula (tidak terbedakan) lagi dari air . Campuran itu tampak homogen dan memiliki komposisi yang sama pada setiap bagiannya. Zat dalam larutan tidak dapat dipisahkan melalui penyaringan.
  • Suspensi yaitu gabungan bernafsu dan bersifat heterogen. Campuran ini awalnya tampak mirip larutan yang keruh, tetapi lambat laun terpisah sebab efek gravitasi (mengalami pengendapan). Suspensi mampu dipisahkan melalui penyaringan. Contoh suspensi yang lain contohnya kapur dengan air, tanah dengan air.
  • Koloid adalah suatu bentuk adonan yang keadaannya antara suspensi dan larutan. Contoh koloid yaitu air susu, santan, air sabun, dan cat. Koloid tampak keruh tetapi stabil (tidak memisah / mengendap). Bahan dalam campuran koloid tidak dapat dipisahkan melalui penyaringan.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!