Perubahan Perilaku Insan Alasannya Adalah Penerapan Teknologi

  • Bagikan
Perubahan Perilaku Insan Alasannya Adalah Penerapan Teknologi

KABARPANDEGLANG.COM – Sejak jaman dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah memakai teknologi. Teknologi yang dipakai semula merupakan teknologi yang sederhana. Seseorang memakai teknologi alasannya insan mempunyai nalar dan pikiran. Dengan akalnya ia ingin keluar dari persoalan, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya.

Perkembangan teknologi terjadi sebab seseorang memakai akalnya dan pikirannya untuk menyelesaikan setiap duduk perkara yang dihadapinya. Tentu kemajuan teknologi ini menjadikan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat insan dengan segala peradaban dan kebudayaannya.

Jaman dahulu manusia bertukar info melalui bahasa. Maka bahasa yakni teknologi. Bahasa memungkinkan seseorang memahami info yang disampaikan oleh orang lain. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, isu yang disampaikan lewat bahasa bunyi akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.

Setiap perkembangan yang terjadi akan berdampak konkret dan negatif terhadap manusia, tidak terkecuali teknologi yang berkembang pesat. Hampir semua bidang sangat terbantu, tetapi tidak sedikit juga kerugian dari penggunaan teknologi.

Kemajuan teknologi ternyata berdampak pada perubahan tingkah laku insan. Perubahan tingkah laris tersebut dalam bidang komunikasi dan teknologi, sosial, budaya, pertanian, dan industri. Berikut ini beberapa perubahan tingkah laku manusia akibat penerapan teknologi.

1. Bidang Informasi dan teknologi

Pada zaman dulu, orang menggunakan alat kentongan, tali pohon, telik sandi, surat, dan kurir untuk berkomunikasi. Sebelum adanya telepon, insan berkomunikasi melalui surat. Butuh waktu yang sangat lama biar surat tersebut diterima oleh si peserta surat.

Seiring dengan kemajuan teknologi, sekarang ini manusia mampu memanfaatkan banyak sekali layanan teknologi komunikasi mirip sms, telepon, email dan bahkan sosial media yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan seluruh orang di dunia tanpa terbatas jarak dan waktu.

Baca Juga :  Menyajikan Data Dalam Bentuk Diagram Gambar

Dalam bidang komunikasi terjadi perilaku individualisme dan egois alasannya orang lebih bahagia berada di depan komputer daripada mengikuti acara sosial di lingkungan sekitarnya.

Dalam bidang teknologi, jaman dahulu dikala belum ada komputer, perkerjaan menulis masih menggunakan mesin ketik. Dengan memakai mesin ketik tentunya pekerjaan menulis menjadi usang, selain itu hasil ketikan juga tidak mampu disimpan sehingga saat kita membutuhkan goresan pena tersebut kita harus mengetik ulang.

Berbeda dengan ketika ini yang serba digital. Misalnya dengan adanya komputer, selain untuk mengetik juga mampu dipakai untuk keperluan yang lain. Komputer dapat menyimpan tulisan kita dalam bentuk file.

Ketika kita membutuhkan kembali goresan pena tersebut kita tidap perlu mengetik kembali. Dengan demikian pekerjaan mampu dilakukan dengan lebih efisien dalam arti menghemat biaya dan juga waktu, dapat lebih efektif alasannya tujuan pekerjaan bisa dicapai lebih cepat daripada sebelumnya.

2. Bidang Budaya

Masyarakat dalam kehidupannya pasti mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi bukan hanya menuju ke arah kemajuan, tetapi dapat juga menuju kearah kemunduran. Perubahan itu mampu terjadi di aneka macam aspek kehidupan, seperti peralatan dan perlengkapan hidup, mata pencaharian, sistem kemasyarakatan, bahasa, kesenian, sistem pengetahuan, serta religi/doktrin.

Dampak dari perkembangan teknologi ini ialah dengan mudahnya penyebaran informasi dari sini kita mampu belajar hal-hal kasatmata dari budaya bangsa lain misalnya saja kebiasaan jam karet yang sering dilakukan orang Indonesia, dengan perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat ini kita dapat mencar ilmu dari negara-negara maju perihal bagaimana mereka menerapkan etos kerja yang tinggi dan displin yang nantinya dapat perdampak memajukan bangsa kita sendiri.

Saat ini semakin banyak wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, pemimpin sebelumnya merupakan pekerjaan pria. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota dewan legislatif, senator, gubernur, menteri, dan aneka macam jabatan penting lainnya. Selain itu, tekanan, kompetisi yang tajam di banyak sekali aspek kehidupan, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras

Baca Juga :  Konvensi Hak-Hak Anak Dan Hak Seorang Siswa

Meskipun demikian kemajuan teknologi akan besar lengan berkuasa negatif pada aspek budaya, misalnya kemerosotan budpekerti di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan sampaumur dan pelajar. Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan dewasa semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, mirip bahu-membahu dan bersama-sama.

Akibatnya mampu dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan dewasa dan pelajar semakin meningkat dalam banyak sekali bentuknya, seperti perkelahian, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.

3. Bidang Sosial

Masyarakat indonesia populer dengan sifat tolong menolong dan gotong royongnya dalam segala hal Dulu sosialisasi hanya mampu terjadi jikalau kita pergi keluar rumah, bersilaturahmi, menyapa tetangga ataupun mengobrol. Namun di jaman modern ini, hanya dengan duduk dialam rumah dengan internet, bahkan kita mampu bersosialisasi dengan orang-orang yang berada sangat jauh.

Inilah yang menyebabkan sikap kurang peduli yang tercipta alasannya adalah tidak bersosialisasi secara eksklusif. Hal ini akan sangat merusak alasannya adalah membuat seseorang dengan sikap yang tidak memperdulikan orang lain selain dirinya.

Selain itu kemajuan teknologi juga menjadikan pragmatisme. Pragmatisme yakni perilaku yang menilai sesuatu dari untung ruginya bagi diri sendiri. Padahal menolong tanpa pamrih ialah pelajaran dasar dalam bermasyarakat. Tapi semakin majunya jaman, mengakibatkan lunturnya nilai-nilai bahu-membahu dan gotong royong dalam hal-hal kebaikan. Individu lebih mengarahkan pada kegiatan yang menguntungkan dirinya saja.

4. Bidang Pertanian

Sejak jaman dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi Perubahan Perilaku Manusia Karena Penerapan Teknologi
Membajak Sawah

Penggunaan teknologi pertanian merupakan sebuah perkembangan dari teknologi pertanian yang ada sebelumnya. Dahulu petani membajak sawah memakai tenaga sapi dan kerbau. Saat ini tenaga sapi dan kerbau sudah digantikan oleh traktor. Penggunaan traktor lebih cepat menuntaskan pekerjaan, namun juga menjadikan imbas negatif ialah pencemaran udara.

Baca Juga :  Berlatih Memainkan Alat Musik Melodis Pianika

Para petani dahulu menggunakan pupuk yang berasal dari alam seperti daun-daunan dan juga pupuk kandang, kini pupuk sangkar sudah digantikan oleh pupuk kimia. Hasil pertanian dengan menggunakan pupuk kimia memang lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan pupuk kandang. Penggunaan pupuk kimia ternyata juga dapat mengakibatkan pencemaran tanah.

Dalam penyediaan lahan pertanian juga terjadi perubahan, dulu para petani membuka lahan dengan cara membabat hutan dan sehabis panen mereka akan meninggalkan lahan tersebut dan membuka lahan yang gres.

Pada ketika ini dengan adanya teknologi dan juga terbatasnya lahan pertanian yang tersedia para petani menggunakan cara intensifikasi lahan. Intensifikasi pertanian yaitu pengolahan lahan pertanian yang ada dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan hasil pertanian dengan menggunakan aneka macam sarana.

5. Bidang Industri

Dalam bidang industri perubahan yang terjadi adalah perubahan dari indutri tradisional ke industri modern. Dalam industri tradisional biasanya membutuhan tenaga kerja insan yang banyak. Teknologi yang dipakai juga masaih sangat sederhana. Dengan hanya mengandalkan tenaga manusia dan teknologi yang sederhana tentunya barang yang dihasilkan juga lebih sedikit dan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Dengan adanya kemajuan teknologi industri berubah dari industri tadisional menuju industri modern. Tenaga manusia digantikan oleh tenaga mesin. Alat-alat yang dipakai juga serba memakai mesin.

Dengan derma tenaga mein-mesin industri barang-barang yang dihasilkan juga mlebih banyak dan dalam waktu yang lebih singkat. Namun industri modern juga memiliki dampak negatif terhadap lingkungan, salah satunya ialah pencemaran lingkungan dan rusaknya sumber daya alam.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan