Seberapa Penting Membangun Brand untuk UMKM?

Default Social Share Image

Geliat UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah di Indonesia semakin berkembang. Kini, telah banyak orang yang menjadi pelaku UMKM.

 

Tentunya, diperlukan berbagai strategi jitu agar pelaku UMKM dapat bersaing. Branding alias membangun brand adalah salah satu strategi yang perlu dilakukan oleh pengusaha untuk memajukan usahanya, tak terkecuali pengusaha UMKM.

 

Lantas, mengapa branding begitu penting bagi pengusaha UMKM? Yuk, cari tahu alasannya dalam ulasan berikut ini!

 

1. Usaha Anda akan semakin dikenal

 

Setiap orang pasti memiliki nama sebagai bagian dari identitas diri. Nama membuat kita mudah mengenali orang lain. Begitu pula sebaliknya, kita akan dikenali orang-orang lewat nama.

 

Sama seperti nama yang kita miliki, brand adalah identitas dari usaha Anda. Brand akan membuat masyarakat lebih mudah mengenali usaha Anda. Brand juga dapat menguatkan keunikan bisnis Anda, sehingga terlihat menonjol dari bisnis-bisnis lainnya.

Baca Juga :  7 Aplikasi Edit Video Gratis, Siap Jadi Editor Pro!

 

Bayangkan jika Anda harus memperkenalkan seseorang, namun ia tidak memiliki nama. Tentunya, akan terasa sulit, bukan? Oleh karenanya, akan terasa lebih sulit ketika mempromosikan usaha tanpa ada brand yang melekat sebagai identitas.

 

2. Brand dapat membangun kepercayaan pelanggan

 

Anda berencana untuk membeli kaos. Ada dua kaos yang cocok dengan kriteria kaos incaran Anda. Satu kaos memiliki brand, sedangkan kaos satunya tidak memiliki brand.

 

Manakah kaos yang hendak Anda pilih? Kemungkinan besar, Anda cenderung memilih kaos yang memiliki brand, bukan?

 

Yep, brand tak hanya berfungsi untuk membuat usaha Anda semakin dikenal. Brand juga akan meningkatkan nilai jual usaha Anda. Brand akan membuat produk Anda terlihat menjanjikan dan bisa dipercaya. Oleh karenanya, pelanggan pun tak akan ragu untuk menggunakan produk Anda.

 

3. Anda akan mudah mendapatkan customer baru

 

Baca Juga :  Warga Lebak-Pandeglang Terproteksi Dari Virus Covid-19

Apakah bisa brand mendatangkan customer atau pelanggan baru? Jawabannya adalah: sangat bisa!

 

Anda sendiri mungkin sering mengalami hal ini. Anda melihat teman Anda memakai sepatu baru yang tampak keren. Anda sangat tertarik untuk membelinya. Ketika kita menanyakan di mana bisa membeli barang tersebut, kita kerap mendapatkan jawaban berupa nama brand, bukan?

 

Itulah fungsi lain dari brand. Brand dapat mengoptimalkan fungsi word of mouth alias promosi mulut ke mulut. Orang lain akan mampu merekomendasikan usaha kita dengan mudah, hanya butuh brand. Pihak yang direkomendasikan pun akan lebih mudah untuk mengingat, sebelum akhirnya membeli produk Anda.

 

Berbagai cara untuk membangun brand yang kuat

 

Ingin membangun brand yang kuat? Seperti yang dilansir dari Forbes, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk bisa membangun brand yang kuat. Berikut adalah di antaranya.

Baca Juga :  Ide Bisnis Antimainstream yang Wajib Anda Coba

 

  • Pikirkan nama brand yang relevan dan bermakna. Nama brand yang unik memang keren. Pilihlah nama brand yang mudah diingat. Nilai plus jika nama tersebut dapat memberikan petunjuk akan pelayanan yang Anda tawarkan.
  • Buat logo yang berkarakter kuat. Logo dengan karakter khas akan menarik perhatian orang lain dengan mudah. Mereka juga akan mengingatnya lebih mudah.
  • Kembangkan suaramu! Setiap usaha memiliki personanya masing-masing. Apa yang hendak ditampilkan serta cara berinteraksi dengan customer akan bergantung pada persona yang Anda kembangkan. Bangunlah persona yang selaras dengan tujuan dari usaha Anda.
  • Konsisten. Seluruh komponen brand, mulai dari logo hingga suara tak hanya harus selaras. Mereka juga perlu dipertahankan ciri khasnya. Usaha Anda pun akan semakin diingat oleh para pelanggan.

 

Jangan lewatkan berbagai artikel menarik seputar bisnisĀ online hanya disini, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!