Tanggung Jawab Warga Negara

Tanggung Jawab Warga Negara

KABARPANDEGLANG.COM – Pernahkah kau mendengar kata-kata bijak berikut: “Maju mundur suatu bangsa tergantung tanggung jawab warga negaranya”? Apakah yang dimaksud dengan tanggung jawab? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tanggung jawab yakni keadaan untuk menerima akhir dari perbuatan, baik yang dilakukan sendiri maupun yang dilakukan bersama dengan orang lain. Oleh hasilnya, tanggung jawab warga negara bekerjasama dengan perannya di dalam masyarakat.

Tanggung jawab warga negara terhadap bangsa dan negaranya, dilaksanakan dengan cara melakukan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Pelaksanaan hak dan kewajiban warga negara harus sesuai dengan Undang-Undang dasar Negara Repulik Indonesia Tahun 1945. Apa saja tanggung jawab warga negara Indonesia? Warga negara Indonesia, antara lain memiliki tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila. Warga negara Indonesia juga bertanggung jawab untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa biar tidak terpecah belah.

Sebagai seorang siswa, kamu pun memiliki tanggung jawab. Salah satunya yaitu dengan menaati peraturan yang telah ditetapkan, baik oleh sekolah maupun oleh negara sesuai peranmu sebagain seorang siswa. Peraturan sekolah harus sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung di dalam sila-sila dalam Pancasila. Peraturan sekolah juga harus sejalan dengan peraturan dan undangundang yang berlaku di Indonesia.

Maju mundur suatu bangsa tergantung tanggung jawab warga negaranya Tanggung Jawab Warga Negara

Seorang siswa hendaknya bertanggung jawab untuk mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila. Nilai sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa, dengan memperlihatkan rasa hormat kepada sahabat-sobat yang berbeda iktikad dan dengan menjalankan kegiatan keagamaan sesuai dengan keyakinannya. Nilai sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, dengan memperlihatkan rasa peduli kepada sesama manusia di mana pun berada. Nilai pada sila ketiga, Persatuan Indonesia, dengan menjaga persatuan dan kesatuan dengan menghargai perbedaan yang ada di antara sahabat. Nilai sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dengan mengambarkan sikap mau mendengarkan pendapat sobat lain dalam aktivitas pembelajaran dan bekerja sama. Nilai sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, dengan menaati peraturan sekolah yang menjamin rasa keadilan di sekolah.

Baca Juga :  Membaca Cerpen Tanggung Jawab Ade

Ayo Menulis
Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama untuk memahami isi bacaan. Tuliskan kata-kata kunci pada setiap paragraf. Lalu, tuliskan isi bacaan pada setiap paragrafnya dalam diagram berikut!

Judul Bacaan : Tanggung Jawab Warga Negara

Kata Kunci Paragraf Isi Paragraf
Paragraf 1
Tanggung Jawab, Warga Negara, Masyarakat
Tanggung jawab adalah keadaan untuk menerima akhir dari perbuatan.
Paragraf 2 :
Tanggung Jawab Warga Negara, Hak dan Kewajiban
Tanggung jawab warga negara dilaksanakan dengan cara melaksanakan hak dan kewajibannya
Paragraf 3
Siswa, Tanggung Jawab, Menaati Peraturan, Pancasila
Siswa bertanggung jawab menaati peraturan yang telah ditetapkan
Paragraf 4
Siswa, Mengamalkan, Nilai Pancasila
Siswa bertanggung jawab untuk mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila.
Baca Juga :  Jenis Jenis Sumber Energi Listrik

Rangkailah isi-isi bacaan dari setiap paragraf di atas untuk menjelaskan isi bacaan secara keseluruhan. Tuliskanlah dalam satu paragraf pemahamanmu wacana bacaan dengan pertolongan diagram di atas. Gunakanlah kalimat yang benar dan kata-kata baku dengan sempurna.

Tanggung jawab yaitu keadaan untuk menerima akibat dari perbuatan. Tanggung jawab warga negara dilaksanakan dengan cara melakukan hak dan kewajibannya. Siswa bertanggung jawab menaati peraturan yang telah ditetapkan dan  mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila.

Lengkapilah kalimat-kalimat berikut ini dengan memakai katakata yang tepat yang teersedia di dalam kotak!

Pertama Persatuan Kesatuan
Hak Tanggung jawab Pancasila
  1. Maju mundurnya sebuah negara tergantung kepada tanggung jawab warga negaranya.
  2. Setiap warga negara juga memiliki hak dan kewajiban sesuai kiprahnya di dalam masyarakat.
  3. Setiap warga negara Indonesia, memiliki tanggung jawab untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai dalam Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia.
  4. Tanggung jawab untuk menghormati perbedaan iktikad sahabat dan anggota masyarakat sesuai dengan pengamalan nilai Pancasila sila pertama
  5. Menghargai pendapat orang lain, merupakan salah satu cara untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa yang juga merupakan pengamalan sila keempat Pancasila.

Kembangkanlah paling sedikit lima kata kunci yang telah kau tuliskan sebelumnya menjadi kalimat lengkap dengan menggunakan kata-kata baku. Perhatikan pola

Kata Pengembangan Kata Kalimat
Hak Hak, Berhak
  1. Beni mempunyai hak untuk menerima pendidikan.
  2. Ia juga berhak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya.
Wajib Wajib, berkewajiban
  1. Setiap siswa wajib mematuhi peraturan di sekolah..
  2. Seorang siswa juga berkewajiban mengamalkan nilai-nilai Pancasila
Taat Taat, Menaati
  1. Budi anak yang taat pada nasehat kedua orang tuanya.
  2. Ia selalu menaati semua nasehat yang diberikan kedua orangtuanya..
Massyarakat Masyarakat, Bermasyarakat
  1. Setiap anggota masyarakat harus melaksanakan kewajibannya..
  2. Hak dan kewajiban harus dilaksanakan secara seimbang dalam bermasyarakat.
Negara Negara, Bernegara
  1. Negara menjamin hak-hak warga negaranya.
  2. Hak dan kewajiban dalam bernegara dijamun oleh undang-undang.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!