6 Hal Seputar Investasi Emas yang Wajib Diketahui

  • Bagikan
6 Hal Seputar Investasi Emas yang Wajib Diketahui

6 Hal Seputar Investasi Emas yang Wajib Diketahui – Berbeda dengan pasar modal yang anjlok, harga emas semakin menguat di saat pandemi seperti ini. Banyak orang yang tergiur untuk berinvestasi emas melihat hal tersebut.

Investasi emas bisa memberikan keuntungan yang lumayan. Namun, saat ingin mulai berinvestasi emas tentunya kita perlu mengetahui segala seluk beluknya, agar tidak salah langkah dan sesuai dengan rencana investasi. Lalu, apa saja yang perlu kita ketahui tentang investasi emas?

Berbagai hal seputar investasi emas yang perlu kita ketahui sebelum berinvestasi

7 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Investasi Emas – Tips Bisnis

1. Salah satu cara untuk melindungi aset

Keunggulan dari investasi emas dibandingkan dengan instrumen lainnya adalah nilainya lebih stabil saat inflasi atau krisis ekonomi. Saat terjadi inflasi dan krisis ekonomi, harga emas bahkan bisa meningkat.

Baca Juga :  Top 5 Situs Pinjaman Online Terbaik dan Legal

Sedangkan, nilai uang tunai bisa menurun tajam selama inflasi. Oleh karenanya, investasi emas dapat menjadi upaya yang tepat untuk melindungi aset kekayaan.

2. Cocok untuk investasi jangka panjang

Keuntungan yang didapatkan dari investasi emas adalah dari selisih harga jual dan harga beli. Agar untung, Anda perlu menjual emas dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli. Semakin besar selisihnya, akan semakin banyak untungnya.

Harga emas cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Agar bisa meraup imbal hasil yang baik, simpanlah emas dalam jangka waktu yang cukup panjang, minimal di atas 2 tahun. Ketika dijual, harga emasnya pun akan jauh lebih besar daripada ketika Anda membelinya.

3. Bisa investasi emas secara fisik juga nonfisik

Anda bisa berinvestasi emas dengan dua cara. Pertama, Anda bisa langsung membeli emas berbentuk fisik di tempat-tempat yang terpercaya.

Baca Juga :  Pemprov Banten Bakal Gelar Simulasi Vaksinasi Covid-19

Kedua, Anda bisa berinvestasi dengan sistem menabung di beberapa online marketplace. Anda bisa mencicil uang untuk tabungan emas, kemudian nilai uang yang ditabung dikonversikan ke dalam besaran emas dengan satuan gram. Nantinya, setelah minimal memenuhi nilai untuk 1 gram, emas bisa dicetak ke dalam bentuk fisik. Anda juga akan dikenakan biaya pencetakan.

4. Sebaiknya, beli emas saat harga sedang turun

Harga emas pun bisa mengalami kenaikan dan penurunan. Seperti saat pandemi, harga emas cenderung melonjak. Ada baiknya, belilah emas ketika harga emas cenderung turun, sehingga keuntungan yang akan didapat nantinya jadi lebih besar.

Kini, kita bisa memantau pergerakan harga emas dengan mudah. Anda bisa mengecek perkembangan pasar emas di berbagai website lembaga penyedia emas.

5. Pilih tempat yang terpercaya untuk beli emas

Pastikan bahwa Anda membeli emas dari gerai resmi yang terjamin kepercayaannya. Banyak pihak tidak bertanggung jawab yang menjual emas yang kadarnya tidak sesuai dengan harga, bahkan juga palsu.

Baca Juga :  Siapa Sangka, Keputihan Pada Wanita Disebabkan 9 Makanan Ini

Hal ini juga berlaku untuk Anda yang berencana berinvestasi emas secara non fisik dengan menabung di online marketplace. Pilihlah online marketplace yang telah terbukti aman.

6. Perlu disimpan dengan hati-hati

Hal ini tidak boleh disepelekan ketika berinvestasi emas, terutama jika Anda berinvestasi emas dalam bentuk fisik. Emas adalah logam mulia yang bernilai tinggi, Anda harus menjaganya dengan baik.

Jangan sampai Anda mengalami hal-hal yang tak diinginkan karena lalai menyimpan emas. Oleh karenanya, simpanlah emas yang Anda miliki di tempat yang aman. Simpanlah emas di dalam brankas. Anda juga bisa menggunakan layanan Safe Deposit Box

Simak berbagai artikel menarik lainnya seputar bisnis dan entrepreneurship hanya disini, media belajar bisnis nomor satu. Selamat berbisnis, salam sukses!

  • Bagikan

KABAR PANDEGLANG ONLINE