9 Faktor Kamu Ngantuk Tanpa Sebab

9 Faktor Kamu Ngantuk Tanpa Sebab
9 Faktor Kamu Ngantuk Tanpa Sebab
merdeka.com

Saat kamu selalu mengantuk tanpa sebab padahal kamu tidak begadang dan tidak kekurangan tidur ternyata disebbakan oleh beberapa masalah berikut ini.

1. Kelelahan Kronis

Kelelahan kronis adalah suatu kondisi yang bisa menyebabkan seseorang sering ngantuk dan membuat seseorang merasa lelah.

Hal ini semakin memburuk ketika sudah melakukan kativitas, hal ini disebabkankan oleh kurang waktu tidur dan sering nyeri sendi juga otot.

Meskipun kelelahan kronis ini tidak diketahui secara pasti akan tetapi bisa menyebabkan kerusakan dan gangguan yang signifikan pada kehidupan penderitanya.

2. Kaki Gelisan

Gangguan yang disebabkan oleh gerakan yang berlebihan ketika tidur bisa membuat seseorang merasa ngantuk keesokan harinya.

Baca Juga :  Ingin Menjalin Hubungan Dengan Mantan Pacar Sahabat? Pertimbangkan Hal Ini

Biasanya ditandai dengan tidak nyaman di kaki atak keinginan untuk bergerak diluar kendali tubuh. Hal ini biasanya terjadi pada malam hari ketika berbaring dan beristirahat.

3. Kebiasaan Tidur Buruk

Memiliki kebiasana tdiur yang buruk akan mengantuk kapan pun dan dimana pun. Kondisi ini muncul ketika kurang tidur dari 6 jam.

Sering tidur lewat tengah malam sehingga belum mendapatkan tidur yang berkualitas harus beraktivitas kembali.

4. Insomnia

Seseorang yang mengalami kesulitan tidur, meski merasa sangat ngantuk naamun tidak bisa tidur.

5. Depresi

Depresi bisa disebebakan oleh gangguan tidur termasuk kantuk berat di siang hari, terlalu banyak tidur, atau tidur tidak nyenyak. Kelelahan, rasa sedih, perasaan putus asa, cemas sehingga membuat seseorang depresi.

Baca Juga :  Jalani Apa yang Telah Allah Persembahkan, Lalu Yakini Bahwa di Balik Itu Ada Kebaikan yang Besar

6. Kondisi Medis

Beberapa kondisi medis menjadi penyebab seseorang mengantuk, umumnya adalah diabetes.

Kantuk juga disebabkan oleh nyeri kronis atau mempengaruhi metabolisme atau kondisi mental termasuk hipotiroidisme atau hiponatremia (ketika kadar natrium dalam darah terlalu rendah).

7. Sering Kencing di Malam Hari

Kondisi ini dikenal sebagai nokturia atau poliuria nokturnal, selama tidur tubuh akan menghasilkan sedikit urine yang lebih pekat sehingga orang tidak perlu bangun untuk buang air kecil.

Jika sering kencil pada malam hari ternyata bisa menyebabkan seseorang mengantuk.

8. Faktor gaya Hidup

Salah satu penyebab ngantuk adalah faktor gaya hidup, seperti jam kerja yang sangat lama atau beralih ke shift malam. Atau karena minuman kafien atau makanan berat saat menjelang tidur.

Baca Juga :  Berat Itu Bukan Karena Ujian-Nya, Tapi Hati Kita Saja Kurang Lapang Menerima Ketetapan-Nya

9. Sleep Apnea

Gangguan tidur menyebabkan seseorang mendengkur keras, terengah-engah dan tersedak bahkan bisa berhenti bernafas. Ketika siang hari penderita ini akan sangat ngantuk, juga bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung.