Bagi Pasangan Baru Menikah, Begini Cara Membangun Rumah Tangga Bahagia

  • Bagikan
Bagi Pasangan Baru Menikah, Begini Cara Membangun Rumah Tangga Bahagia

Bagi Pasangan Baru Menikah, Begini Cara Membangun Rumah Tangga Bahagia

Baru menikah tentu belum tahu bagaimana caranya membangun keluarga. Banyak hal yang harus diperhatikan salah satunya bekerja keras untuk belajar dengan pasangan.

Karena menikah adalah proses belajar seumur hidup sehingga dibutuhkan pemahaman yang tiada henti. Berikut beberapa hal yang harus diterapkan bagi pasangan yang baru menikah.

1. Membuat Anggaran Bulanan

Buatlah anggaran bulanan secara terperinci, menyisihkan uang agar bisa menabung serta dan mengurangi pengeluaran yang bukan kebutuhan atau prioritas.

Dengan membuat anggaran akan lebih mudah memahami bagaimana cara mengatur keuangan agar mencukupi kebutuhan. Sebab ketika sudah menikah akan mengalami kesulitan dalam keuangan.

2. Buat Dana Darurat

Setelah membuat anggaran bulanan harus menyimpan dana darurat, karena akan selalu ada kebutuhan yang mendadak yang tidak terduga. Maka dari itu buatlah dana darurat agar tidak kewalahan.

Baca Juga :  Cobaan Dari Allah Pasti Berakhir, Kamu Harus Bersabar dan Tetap Ikhtiarlah Dalam Doamu

3. Jangan Jadikan Kartu Kredit Sebagai Kartu Darurat

Kesalahan terbesar pasangan yang baru menikah menjadikan kartu kredit sebagai dana darurat. Karena jika menghabiskan kartu kredit untuk memenuhi keadaan darurat bisa membuatmu menanggung tagihan dikemudian hari.

Akan membayar tagihan dengan jumlah yang banyak sehingga akan mengalami krisis keuangan.

4. Buat Rencana Keuangan Untuk Jangka Panjang

Tidak hanya membuat dana darurat namun juga menabung untuk masa depan dan untuk jangka panjang.

5. Tetap Menjaga Hubungan

Membangun rumag tangga itu tidak mudah, akan ada banyak tekanan yang dirasakan dalam membesarkan keluarganya. Namun bukan berarti kamu mengabaikan pasanganmu.

Karena sikap abaikmu bisa mengikis perasaan sayang dan cinta yang ia miliki. Maka dari itu jagalah hubungan rumah tanggamu sebaik mungkin, jangan sampai ada yang merasa terbaiakan.

Baca Juga :  Jika 5 Hal Ini Terjadi, Berarti Persahabatanmu Selama Ini Tidak Sehat

6. Menjaga Kesehatahan Mental

Semakin bertambah usia pernikahan maka tekanan akan semakin menghampiri, apalagi ketika hamil, baru melahirkan dan harus membesarkan anak. Tak jarang hal tersebut membuat para orang tua muda merasa depresi. Sehingga kesehatan mentalnya harus tetap dijaga dengan cara sama-sama membangun rumah tangga dengan pasangan.

Karena rumah tangga kewajiban suami-istri sehingga harus sama-sama saling menjaga dan saling membantu.

  • Bagikan