Basarnas Banten Intensifkan Patroli Bahari Amankan Angkutan Nataru

Default Social Share Image

CILEGONBadan Sar nasional melakukan patroli pengamanan dan pengawasan di jalur bahari Perairan Merak ditengah ramainya para penumpang kapal yang menggunakan jasa angkutan penyeberangan di lintasan Merak-Bakauheni, Kamis (24/12/2020).

Kepala Subseksi Sumber Daya Basarnas Banten Anthon Redolof Waer menyampaikan, patroli pengamanan dan pengawasan dilakukan untuk mengenali jalur yang selama ini telah dijadwalkan oleh Basarnas Banten selaku pelaksanaan siaga khusus untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut terhadap para pengguna jasa penyeberangan di Pelabuhan Merak.

“Kita intensifkan pengamanan di jalur maritim dengan memakai kapal KN Drupada yang dikala ini sudah siaga untuk berjaga-jaga bila dibutuhkan untuk pemberian Sar pada transportasi Natal dan Tahun Baru,” katanya.

Baca Juga :  9 Pertanyaan yang Ditanyakan Orang Sebelum Membuka Email

Anthon mengungkapkan, selain kapal milik Basarnas yang intensif berpatroli, ada juga kapal milik Polairud Polda Banten dan kapal milik Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Lanal) Banten juga turut melakukan patroli penjagaan.

“Saat ini tengah terjadi cuaca jelek yang diikuti gelombang tinggi di Perairan Merak dengan kisaran ombak 0,5 sampai 2,5 meter sehingga kita terus mewaspadai kepada pengguna jasa di lintasan merak-bakauheni demi keamanan para penumpang,” ungkapnya.

Pihaknya juga menyatakan, selain patroli pengamanan bahari diintensifkan di Perairan Merak, patroli bahari juga akan intensif di sejumlah tempat-daerah wisata yang dijadikan sebagai daerah pergantian tahun oleh wisatawan.

“Kita akan terus melakukan patroli sampai 2 Januari mendatang, tetapi kita tetap mengimbau terhadap masyarakat (wisatawan.red) untuk tidak berkerumun ketika malam perubahan tahun dan bila perlu tetap berada di rumah di tengah pandemi Covid-19,” tukasnya. (Red)

Baca Juga :  Mou Peniadaan Dan Pemindahtanganan Aktiva Tetap Pt Ks Terhadap Pemkot Cilegon