Bupati Serang Tunjuk Kadinkes Jubir Vaksinasi

Default Social Share Image

Serang Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Serang, dr Agus Sukmayadi ditunjuk sebagai Juru bicara (Jubir) Daerah Kabupaten Serang terkait sosialisasi proses vaksinasi. Penunjukan disampaikan langsung oleh Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah.

“Untuk di Kabupaten Serang selain jubir satgas yang pasti jubir vaksinasi kadinkes, alasannya sungguh lebih spesifik terkait kesehatan,”ujar Tatu dalam keterangan tertulisnya yang di kirim Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang Senin, 14 Desember 2020.

Meski akan adanya vaksinasi, Tatu tetap mengimbau serta menekankan kesadaran penduduk minimal dengan menerapkan 3 M yaitu menggunakan masker, mempertahankan jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. “Itu sudah harus menempel, ini yang mesti terus di dorong sebab masih benyak yang belum melekat,”katanya.

Baca Juga :  Sukseskan Pilkada, Pjs Bupati Serang Ajak Penduduk Datang Ke Tps

Kemudian yang sungguh penting, lanjut Tatu, penduduk juga harus mempertahankan stamina dengan berolah raga minimal berjalan kaki dibawah terik matahari untuk menaikan stamina. Disisi lain juga menjaga pola makan. “Kalau makan jangan jorok. Kaprikornus walaupun terpapar stamina elok itu mudah disembuhkan, berbeda dengan stamina yang buruk akan makin buruk. Makara sekurang-kurangnyaterapkan 3 M,”tandasnya.

Sementara Kadinkes Kabupaten Serang, dr Agus Sukmayadi menyampaikan, bahwa hingga ketika ini memang tahapan sesuai dengan petunjuk Kementrian Kesehatan (Kemenkes) sedang melakukan pendataan target untuk tahap awalnya seluruh tenaga kesehatan (nakes) baik nakes Pemda Serang, swasta maupun Tentara Nasional Indonesia dan Polri itu awal pertama.

“Untuk vaksinasi itu tenaga kesehatan, dilanjutkan setiap OPD ialah PNS atau ASN, Tentara Nasional Indonesia Polisi Republik Indonesia yang melakukan aktivitas berafiliasi pribadi dengan penduduk . Kemudian tahapan kedua sarana yang diharapkan tergolong utama penunjangnya. Karena untuk pelaksanaan vaksinasi membutuhkan nasehat lainnya yakni perencanan dan budget, sesudah itu tahapan sosialisasi ditingkat kabupaten sampai tingkat kecamatan,”ungkapnya.

Baca Juga :  Pandji Minta Bpr Sinergikan Misi Rpjmd Pemkab Serang

“Setelah itu akan ada training vaksinatornya atau sistem dan lainnya. Untuk saat ini masih menanti vaksin mana yang diseleksi pemerintah,”tambah Agus.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang, Anas Dwi Satya Prasadya mengatakan, penunjukan juru bicara vaksinasi tempat menurut hasil rapat kerjasama melalui video conference bersama Pemerintah Pusat.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Serang diminta untuk menunjuk juru bicara terkait vaksin yang akan di berikan ke masyarakat, sehingga akan menjadi narahubung dengan KPCPEN (Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional) dan stakcholder di penduduk ,”ujar Anas.

(Red)