Dampak Listrik Terhadap Kehidupan Masyarakat Di Lingkunganku

  • Bagikan

KABARPANDEGLANG.COM – Michael Faraday menemukan generator penghasil arus listrik. Dengan adanya listrik, aneka macam manfaat yang dapat kita peroleh. Listrik membuat orang hidup lebih nyaman sebab banyak pekerjaan yang dapat terbantu. Listrik telah membawa banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat di dunia.

Faraday lahir pada tahun 1791 di Newington, Inggris. Ia berasal dari keluarga miskin dan hanya sebentar mencicipi pendidikan di sekolah. Dengan perjuangan keras dan semangat pantang menyerah, dia risikonya berhasil membuat alat sederhana pertama yang mampu menghasilkan gelombang elektromagnetik.

Indonesia mempunyai kebutuhan listrik yang besar, ketika ini listrik tidak hanya ada di kota besar saja. Namun energi listrik ada di pelosok desa sehingga listrik sudah masuk desa. Listrik adalah kebutuhan utama rakyat Indonesia, tanpa listrik roda ekonomi di Indonesia mampu macet total. Pasalnya banyak pabrik dan industri besar yang menggunakan listrik dan bergantung pada listrik.

Baca Juga :  Komoditi Ekspor Dan Impor Indonesia Ke Negara Negara Asean

Dalam kehidupan sehari-hari pun manusia mengandalkan listrik, mulai dari memasak, berguru dan masih banyak lagi lainnya. Manusia membutuhkan energi listrik untuk kehidupannya. Banyak sekali manfaat energi listrik untuk kehidupan ini,

Ayo Mengamati

Perhatikan bola lampu yang terdapat di dalam kelas dan nyalakan lampu tersebut! Menurutmu, apa perbedaan antara kurun sebelum ada listrik dan setelah ada listrik?

Michael Faraday menemukan generator penghasil arus listrik Pengaruh Listrik terhadap Kehidupan Masyarakat di Lingkunganku
Sebelum ditemukan listrik (dulu) Setelah ditemukan listrik (sekarang)
  1. Menyetrika baju menggunakan setrika arang
  2. Komunikasi hanya dilakukan secara tatap muka di satu wilayah saja.
  3. Masyarakat hanya bekrja di siang hari.
  4. Belajar penerangannya  menggunakan lampu minyak.
  5. Kegiatan pentas seni tradisional dan sejenisnya hanya dilakukan di siang hari.
  1. Menyetrika baju memakai setrika listrik
  2. Bisa melaksanakan komunikasi jarak jauh, akses info semakin tinggi.
  3. Kegiatan bekerja mampu dilakukan di malam hari.
  4. Belajar lebih nyaman dengan adanya lampu listrik
  5. Kegiatan pentas seni tradisional dan sejenisnya bisa dan banyak dilakukan di malam hari.
Baca Juga :  Campuran Luas Permukaan Berdiri Ruang

Sekarang amati lingkungan sekitarmu!

Temukan sebanyak mungkin imbas listrik dalam kehidupan di bidang sosial dan budaya di lingkungan kawasan tinggalmu! Kamu dapat menggunakan tabel hasil diskusi kelompok, atau melaksanakan wawancara dengan guru, pegawai sekolah, dan petugas lainnya yang ada di sekolah. Tuliskan dalam peta pikiran berikut:

Michael Faraday menemukan generator penghasil arus listrik Pengaruh Listrik terhadap Kehidupan Masyarakat di Lingkunganku

Meski diharapkan dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak boleh boros begitu saja dalam menggunakan energi listrik. Hal itu dikarenakan biaya listrik akan semakin mahal, kalau sudah mahal kita sendiri yang akan menanggung alhasil.

Saat ini, anggaran pemerintah untuk listrik membengkak. Jadi pemerintah sering mengadakan pemadaman listrik bergilir. Hal itu untuk menghemat anggaran pemerintah untuk listrik. Meski tidak usang, pemadaman listrik bergilir itu sering membuat banyak orang kacau dalam menjalankan aktivitasnya.

Baca Juga :  Kondisi Geografis Pulau Pulau Besar Di Indonesia

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan