Gubernur Wahidin: Pers, Mitra Pembangunan Provinsi Banten

  • Bagikan
Default Social Share Image

Serang Banten, – Di kala industri 4.0, digitalisasi telah menggesar aneka macam peran dan fungsi-fungsi yang biasa dilakukan secara konvensional. Begitu juga dalam pergerakan dunia media yang begitu dinamik.

Kebebasan media yang di isyaratkan oleh UU Pers No. 40 tahun 99, mampu mendorong pergerakan publik untuk berkembang kembangnya kreatifitas secara maksimal.

Provinsi Banten selaku kawasan penunjang Ibukota RI, angka kemerdekaan pers terus naik, mirip disampaikan Gubernur Banten

“Berdasarkan Survei Penyusunan Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) di 34 Provinsi oleh Dewan Pers, Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) 2020 di Provinsi Banten dalam klasifikasi “Cukup Bebas” dengan nilai 77,71,” ungkap Gubernur dalam sambutan virtual pada peluncuran siberindo.co (Sabtu, 10/10/2020).

“Nilai itu didapat dari tiga kondisi lingkungan adalah Kondisi Lingkungan Ekonomi dengan nilai 78,60, Kondisi Lingkungan Fisik dan Politik dengan nilai 78,29, dan Kondisi Lingkungan Hukum dengan nilai 76,38,” tambahnya.

Baca Juga :  Berterimakasilah Kepada Allah, Karena Sampai Saat Ini Kamu Masih Tetap Kuat Menghadapi Masalahmu

Dalam kesempatan itu, Gubernur mengucapkan selamat atas peluncuran atau launching media siber siberindo.co dilahirkan oleh SMSI (Serikat Media Siber Indonesia). Membangun news room terbesar di Indonsia yang diluncurkan pada 10 Oktober 2020 di Bintaro Tangerang Selatan.

“SMSI lahir di Provinsi Banten, untuk Indonesia. Untuk kemajuan industri pers Indonesia. Semoga ke depan menjadi kawan Pemerintah Provinsi Banten dalam membangun Banten,” ujarnya.

Masih menurut Gubernur, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Banten di tahun 2019 yang telah meraih 72,44, di atas IPM Nasional 71,92. Hal itu menunjukkan bahwa kualitas hidup penduduk Banten mengalami kenaikan.

“Peningkatan kesejahteraan juga tercermin dari menurunnya angka kemiskinan baik di pedesaan maupun perkotaan. Nilai Rasio Gini pada Maret 2019 ke level paling rendah sejak tahun 2010 juga menjadi indikator membaiknya kemakmuran masyarakat Banten,” tambahnya.

Baca Juga :  Bnn Banten Musnahkan 2 Kg Sabu Yang Diselundupkan Dalam Sepatu

Dikatakan, akomodasi menerima isu di periode sekarang menjadi sesuatu yang cepat. Semua dalam gengaman tangan. Internet dan berita menjadi satu kebutuhan pokok di jaman milenial dikala ini. Begitu juga di media pers yang makin berkembang dengan menggunakan teknologi info.

Gubernur juga menunjukkan apresiasi terhadap SMSI yang sudah ditetapkan selaku konstituen Dewan Pers. Menurutnya, kesuksesan organisasi yang lahir di Banten sampai menyentuh Nasional itu menjadi pujian tersendiri bagi Provinsi Banten. Dengan anggota lebih dari seribu perusahaan media online, SMSI menjadi organisasi perusahaan media siber terbesar di Indonesia.

“Saya berharap bahwa SMSI akan selalu menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan anggota, perusahaan, dan pengurus. Dan terus dapat menyebarkan pembangunan infrastruktur SMSI sampai Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia,” tambah Gubernur

Baca Juga :  Peroleh Dua Gudang Miras, Pemkab Serang Gembok 11 Daerah Hiburan

“Sekali lagi Selamat. Semoga siberindo.co bisa menjadi media penyedia informasi yang berkualitas serta menjadi kawan pembangunan Pemprov Banten. Membangun penduduk Banten yang maju, berdikari, berdaya saing, makmur dan berakhlakul karimah,” pungkasnya.

Pada peluncuran siberindo.co oleh Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Muhajir Effendi, turut menawarkan sambutan: Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh, Wakil Ketua Dewan Pers yang juga Direktur siberindo.co Hendry Ch Bangun, dan Ketua Umum SMSI Firdaus.

(red)

  • Bagikan