Hati-hati, Obat Nyamuk Juga Sangat Berbahaya Bagi Manusia

Hati-hati, Obat Nyamuk Juga Sangat Berbahaya Bagi Manusia
Hati-hati, Obat Nyamuk Juga Sangat Berbahaya Bagi Manusia
tokopedia.com

Tidur akan menjadi tidak nyenyak jika banyak nyamuk, selain mengganggu tapi juga menybabkan penyakit.

Nyamuk itu sebenarnya tidak menggingit ia mengisap darah manusia namun dari itulah menyebabkan penyakit seperti Demam berdarah, malaria, virus, dan penyakit kaki gajah adalah beberapa penyakit lainnya.

Dengan begitu kita seringkali untuk mengusir nyamuk dengan cara obat nyamuk. Ternyata meskipun bisa mengusir nyamuk bisa berakibat buruk pada kesehatan.

Obat memiliki efek samping bagi kesehatan, karena mengandung beberapa bahan berikut.

a. DEET

Obat nyamuk semprot dan locion anti nyamuk mengandung DEET. Deet ini aman digunakan selama tidak lebih dari 50% dan yida digunakan pada kulit yang terluka.

Baca Juga :  5 Tips untuk Memulai Menjadi Sociopreneur

b. Picaridin

Picaridin sama efektifnya dengan DEET, akan tetapi memiliki resiko iritasi lebih ringan.

c. Minyak eucalyptus lemon (PMD)

Bahan alami yang sama efektifnya dengan DEET, akan tetapi tidak boleh digunakan anak usia dibawah tiga tahun. PMD ini bisanya teradapat pada locion anti nyamuk.

d. Piretrin

Piretrin adalah pestisida yang tidak bercaun akan tetapi berbahay karena memiliki kandungan obat nyamuk bisa mengganggu pernapasan jika dihirup dalam jumlah besar. Biasanya terdapat pada obat nyamuk semprot/

e. Karbamat dan organofosfat

Adalah zat yang berbahaa jika terjadi kontak dengan tubuh. Dengan ceat diserap oleh kulit, paru-paru, selapur lendir dan saluran pencernaan.

Berikut Bahaya Obat Nyamuk Bagi Kesehatan

Baca Juga :  Kamu Wajib Tahu, 5 Gaya Cantik Saat Ramadan dengan OOTD Gamis Ala Selebgram

1. Obat Nyamuk Bakar

Obat nyamuk bakar biasanya harus dibakar untuk menghasilkan asap, asap inilah yang membunuh nyamuk. Namun asap inilah berbahaya karena mencemari udara.

Obat nyamuk bakar ini sama bahayanya dengan pembakaran sekitar 100 buah rokok. Sedangkan emisi formaldehida yang dihasilkan sama dengan pembakaran 51 buah rokok.

Data dari penelitian menunjukkan bahwa paparan asap dalam jangka panjang bisa menimbulkan kanker paru-paru.

2. Obat Nyamuk Semprot

Obat nyamuk semprot biasanya dikemas dalam botol aluminium aerosol. Caranya disemprotkan ke udara jika terhirup dan tertelan bisa menyebabkan sesak nafas, batuk, muntak bahkan hingga kehilangan kesadaran.

Sedangkan DEET yang ada didalam obat nyamuk bisa menimbulkan iritasi dan gangguan saraf terutama jika terjadi kontak jangka panjang pada kulit.

Baca Juga :  Jangan Mengaku Jomblo Mulia, Jika 5 Hal Ini Masih Sering Kamu Lakukan

3. Obat Nyamuk Elektrik

Obat nyamuk elektrik tersedia dalam bentuk cairan dan kepingan. Jika obat nyamuk bakar menghasilkan asap, maka obat nyamuk elektrik akan mengasilkan uap yang mengusir nyamuk.

Obat nyamuk elektrik ternyata mengandung bahan kimia berbahaya jika terhirup. Akibat penggunaan obat nyamuk elektrik bisa menyebabkan Iritasi mata dan alergi.

Gejala serius akan berbahaya jika tertelan dan terhirup dalam jangka waktu yang lama. Tingkat keparahannya tergantung dari jumlah dan frekuensi pemakaian obat nyamuk.

Bisa menyebabkan gangguan pernafasan, gangguan saraf, kerusakan otak bahkan hingga kematian.