Hidup Sehat Dengan Makanan Dan Minuman Halal Serta Bergizi

KABARPANDEGLANG.COM – Allah membolehkan manusia seluruhnya memakan kuliner yang telah diberikan Allah di bumi ini, yang halal dan yang baik saja, serta meninggalkan yang haram. Allah menyeru manusia semoga menikmati makanan – kuliner yang baik dalam kehidupan mereka dan menjahui masakan – kuliner yang tidak baik, karena dunia diciptakan untuk seluruh insan.

Islam mengajarkan kepada umatnya supaya mengkonsumsi kuliner dan minuman yang halalan thayyiban. Halal artinya dibolehkan agama, sedangkan thayyib artinya bergizi dan baik bagi kesehatan badan. QS An-Nahl/16 ayat 114 berisi perintah untuk memakan masakan yang halal lagi baik, serta mensyukuri nikmat Allah Swt.

Bacaan Lainnya

A. Membaca Q.S. an-Nahl/16 ayat 114

Berikut ini yakni ayat-ayat yang berisi wacana perintah memakan masakan yang halal lagi baik. Bacalah dengan tartil Q.S. an-Nahl/16 ayat 114.

فَكُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ حَلَالًا طَيِّبًا وَاشْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

(fakuluu mimmaa razaqakumu allaahu halaalan thayyiban wausykuruu ni’mata allaahi in kuntum iyyaahu ta’buduuna)

LafalArtiLafalArti
فَكُلُواmaka makanlahنِعْمَتَterhadap nikmat
مِمَّاdari apaاللَّهِAllah
رَزَقَكُمُyang telah direzekikan kepada kalianإِنْjikalau
اللَّهُoleh Allahكُنْتُمْkalian ialah
حَلَالًاyang halalإِيَّاهُkepada-Nya
طَيِّبًاyang baikتَعْبُدُونَkalian menyembah
وَاشْكُرُواdan bersykurlah kalian

Terjemah :

“Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, bila kau hanya menyembah kepada-Nya”. (QS. An-Nahl:114)

B. Memahami Pesan-pesan Mulia dalam Q.S. an-Nahl/16 :114

Allah telah memberikan rezeki kepada manusia sangat banyak, bahkan tak terhitung nilainya. Bumi dan seisinya dianugerahkan kepada insan untuk dipakai sebagaimana mestinya. Seperti yang telah terdapat dalam Q.S. an-Nahl/16 : 114 yang mengandung pesan yaitu perintah untuk memakan masakan yang halal lagi baik, serta mensyukuri nikmat Allah Swt.

Dalam ayat ini Allah menyuruh umat Islam untuk memakan makanan dan mengkonsumsi minuman yang halal dan baik. Halal di sini mampu ditinjau dari tiga hal, adalah halal zatnya, proses mengolahnya, dan halal cara mendapatkannya. Sedangkan masakan yang baik adalah masakan yang mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang cukup sehingga bermanfaat bagi tubuh.

Makanan yang halal dan baik akan membawa manfaat yang besar terhadap badan dan aktivitas kita. Makanan dan minuman yang halal dan baik dapat membawa ketenangan hidup, menjaga kesehatan jasmani dan rohani, menerima pinjaman dari Allah dan kegiatan yang dilakukan dapat membawa berkah.

Allah membolehkan manusia seluruhnya memakan makanan yang telah diberikan Allah di bumi in Hidup Sehat dengan Makanan dan Minuman Halal serta Bergizi

Dampak negatif lain akibat mengkonsumsi kuliner dan minuman yang haram yakni mampu membuat doa seseorang tidak akan dikabulkan oleh Allah dan malas beribadah. Perhatikan hadits berikut yang artinya :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ اللهَ تَعَالَى طَيِّبٌ لاَ يَقْبَلُ إِلاَّ طَيِّباً، وَإِنَّ اللهَ أَمَرَ الْمُؤْمِنِيْنَ بِمَا أَمَرَ بِهِ الْمُرْسَلِيْنَ فَقَالَ تَعَالَى : ,يَا أَيُّهَا الرُّسُلُ كُلُوا مِنَ الطَّيِّبَاتِ وَاعْمَلُوا صَالِحاً – وَقاَلَ تَعَالَى : , يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ – ثُمَّ ذَكَرَ الرَّجُلَ يُطِيْلُ السَّفَرَ أَشْعَثَ أَغْبَرَ يَمُدُّ يَدَيْهِ إِلَى السَّمَاءِ ياَ رَبِّ يَا رَبِّ وَمَطْعَمُهُ حَرَامٌ وَمَشْرَبُهُ حَرَامٌ وَمَلْبَسُهُ حَرَامٌ وَغُذِّيَ بِالْحَرَامِ فَأَنَّى يُسْتَجَابُ لَهُ

[رواه مسلم]

“Dari Abu Hurairah r.a. dia berkata : Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya Allah ta’ala itu baik, tidak mendapatkan kecuali yang baik. Dan sebenarnya Allah memerintahkan orang beriman sebagaimana dia memerintahkan para rasul-Nya dengan firmannya : Wahai Para Rasul makanlah yang baik-baik dan berinfak shalihlah. Dan Dia berfirman : Wahai orang-orang yang beriman makanlah yang baik-baik dari apa yang Kami rizkikan kepada kalian. Kemudian beliau menyebutkan ada seseorang melakukan perjalan jauh dalam keadaan kumal dan berdebu.  Dia memanjatkan kedua tangannya ke langit seraya berkata : Yaa Robbku, Ya Robbku, padahal makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram dan kebutuhannya dipenuhi dari sesuatu yang haram, maka (bila begitu keadaannya) bagaimana doanya akan dikabulkan.” (HR. Muslim).

C. Hikmah Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang Halal

Dengan mengkonsumsi masakan dan minuman yang halal lagi baik maka badan akan menjadi sehat, ibadah semakin rajin, dan mendapat rida dari Allah Swt. Sebagai seorang muslim hendaknya kita senantiasa berhatihati dan waspada dalam memilih kuliner dan minuman. Sekarang ini tersedia beraneka jenis kuliner dan minuman haram yang dikemas menarik sehingga terlihat seakan-akan menjadi halal.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

Facebook Comments

Pos terkait