Info Virus Corona Bisa Menyebar Lewat Hp Xiaomi Adalah Hoaks

  • Bagikan
Info Virus Corona Bisa Menyebar Lewat Hp Xiaomi Adalah Hoaks

Baru-baru ini beredar sebuah unggahan di media sosial yang menyebut virus corona bisa disebarkan melalui ponsel Xiaomi. Unggahan tersebut pun cukup masif dibagikan warganet di media sosial, khususnya Facebook dan Twitter.

Info Virus Corona Bisa Menyebar Lewat Hp Xiaomi Adalah Hoaks


Kabar tersebut muncul di tengah kekhawatiran masyarakat dunia terkait virus corona di Wuhan, China, yang sudah tersebar di bebera negara. Dalam unggahan tersebut memperlihatkan sebuah percakapan di WhatsApp yang menyebut virus corona bisa menyebar melalui server dan dikeluarkan melalui speaker ponsel Xiaomi. Hal itu lantaran ponsel tersebut berasal dari China.

Virus Corona sudah menyebar ke HP Xiaomi karena HP Xiaomi dari China. Virus disebar melalui server dan dikeluarkan ke speaker, begitu tulisan yang beredar di media sosial.

Ada juga unggahan lainnya yang menyebutkan hal serupa. Dalam unggahan itu turut mengimbau masyarakat agar berhati-hati ketika hendak bersalaman dengan seseorang pengguna ponsel Xiaomi dan segera mencuci tangan menggunakan sabun setelahnya.

Virus corona menyebar lewat HP Xiaomi. Kalo abis salaman sama temen yang pake Xiaomi, buru-buru cuci tangan pake sabun, tulis dalam unggahan lainnya di Twitter.

Lalu benarkah virus corona yang telah menewaskan ratusan orang itu bisa disebarkan melalui ponsel Xiaomi?

Menanggapi hal itu, Kementerian Kesehahatan Republik Indonesia melalui Twitter resminya menjelaskan bahwa virus tidak bisa menular melalui benda mati. Hal itu lantaran virus hanya bisa hidup dan menempel pada sel hidup.

Virus itu analog, dia akan menempel pada sel hidup sehingga tidak memungkinkan jika menular melalui benda mati, tulis akun Twitter Kemenkes RI, Senin (27/8) .

Oleh karena itu, Kemenkes RI mengimbau masyarakat agar tetap tenang. Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan masyarakat di tengah kekhawatiran penyebaran virus corona, yaitu pentingnya tetap menjaga kebersihan serta rutin mencuci tangan menggunakan sabun.

  • Bagikan