Jelang Pilkada Serempak, Tubuh Kesbangpol Bekali Pendidikan Politik Terhadap Ormas

Default Social Share Image

CILEGON – – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon menggelar sosialisasi pendidikan politik bagi Organisasi Masyarakat (Ormas) dalam rangka mensukseskan Pilkada Kota Cilegon tahun 2020 yang bertempat di salah satu hotel, di Kecamatan Waringin Kurung, Kabupaten Serang, Kamis (12/11/2020).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Cilegon Andi Affandi menyampaikan, pihaknya selaku bagian dari pemerintah wajib mensosialisasikan agenda Pilkada bersamaan kepada Organisasi Masyarakat (Ormas).

“Sebetulnya disini berupaya untuk bagaimana kita mensosialisasikan Pilkada serentak semoga betul2 dimengerti dan dikenali oleh masyarakat secara luas dengan memperlihatkan pendidikan politik yang sehat. Pada kegiatan kita ini ada beberapa bagian yang menjadi target kita selaku mitra kerja pemerintah. Kemarin kita melaksanakan sosialisasi pendidikan politik kepada ASN di tingkat bawah (Kelurahan) supaya mampu mempertahankan netralitas ASN,”

Baca Juga :  Telah Lima Kali, Pemkot Cilegon Kembali Raih Wtp

Andi menjelaskan, pada aktivitas sosialisasi pendidikan politik terhadap Organisasi Masyarakat dapat membantu penyelenggara Pemilu untuk mendongkrak partisipasi pemilik untuk bisa hadir ke TPS pada tanggal 9 Desember mendatang. Karena tingkat partisipasi penduduk sungguh penting dalam pilkada untuk menjukan legalitas kekuatan di tengah masyarakat.

“Di Badan Kesbangpol terdapat ormas yang terdaftar sekitar 170, tetapi alasannya suasana pandemi Covid-19, dan itu terbatas. Maka, yang datang hanya sekitar 25 Ormas. Dan saya mengajak kepada Ormas yang datang disini untuk mampu berkomunikasi dengan Ormas yang lain mensosisalisasikan hasil dari pembekalan pendidikan politik Pilkada ini,” jelasnya.

 

(Red)