Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Keberagaman Dalam Teks Bogor Siap Gelar Cap Go Meh

61

KABARPANDEGLANG.COM – Pesta Rakyat Bogor Cap Go Meh 2015 bukan sekadar untuk mengakhiri perayaan Imlek, melainkan bukti bahwa masyarakat bersatu dalam keberagaman. Perayaan ini bukan hanya sekadar atraksi seni budaya, melainkan simbol rakyat menghargai keberagaman.

Festival tahun ini akan lebih meriah dibandingkan dengan ekspo sebelumnya. Festival akan dimeriahkan sekitar 10.000 pengisi acara dan kemungkinan disaksikan oleh 100.000 pengunjung. Festival yang akan diliput media elektronika dan media cetak ini akan dinikmati sekitar 30 juta penonton dan pembaca.

Ada penampilan 12 kendaraan beroda empat shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching grup musik, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kostum, karnaval, dan lengseran.

Rute festival lebih panjang, ialah tidak sekadar dari wihara di Jalan Suryakencana sampai simpang ujung Jalan Siliwangi, tetapi melingkar ke Jalan Sukasari, Jalan Pajajaran, Tugu Kujang, dan Jalan Otto Iskandar Dinata.

Baca Juga :  Teks Eksplanasi Menghasilkan Energi Listrik

Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi. Kepanitiaan tidak pribadi berasal dari satu komunitas, tetapi justru berasal dari yang berbeda suku, agama, ras, dan antargolongan.

Sumber: http://print.kompas.com/baca/2015/03/04/Bogor-Siap-Gelar-Cap-Go-Meh

Jawablah pertanyaan di bawah ini menurut informasi dari bacaan!

  1. Apakah yang dimaksud dengan perayaan Cap Go Meh?  Cap Go Meh ialah perayaan mengakhiri perayaan Imlek.
  2. Atraksi apa sajakah yang mampu ditemui di perayaan Cap Go Meh di Bogor? Perayaan Cap Go Meh di Bogor dimeriahkan oleh atraksi penampilan 12 mobil shio, 25 liong, dan 50 barongsai. Selain itu, ada pula bebegig sawah, wayang hihid, tarian jalanan, sepeda, boboko logor, marching grup band, pasukan pengibar bendera, ogoh-ogoh, parade kostum, karnaval, dan lengseran.
  3. Apakah yang mampu kau simpulkan dari bacaan di atas ihwal keberagaman? Banyaknya jenis atraksi dari kebudayaan berbeda mencerminkan keberagaman masih dijunjung tinggi.
  4. Apakah manfaat keberagaman di dalam suatu masyarakat? Berikan pendapatmu! Manfaat keberagaman diantaranya kita mampu saling menghormati perbedaan agama, suku, status sosial serta memupuk rasa nasionalisme
Baca Juga :  Bersatu Untuk Indonesia Makmur

Buklet Keberagaman

Kalian dapat mencari gosip dari buku, majalah, koran, atau internet. Kalian juga bisa melaksanakan wawancara dengan guru atau pemuka masyarakat di lingkungan sekitar sekolah. Carilah informasi tentang segala aktivitas yang melibatkan partisipasi seluruh anggota masyarakat dari segala kalangan.

 bukan sekadar untuk mengakhiri perayaan Imlek Keberagaman dalam Teks Bogor Siap Gelar Cap Go Meh

Gunakan dua helai kertas A4 yang dilipat menjadi dua untuk menciptakan buklet. Kamu dapat memperkaya bookletmu dengan gambar-gambar kegiatan yang dimaksud.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More