Kejadian Kedatangan Bangsa Barat

  • Bagikan

KABARPANDEGLANG.COM – Mulai selesai era XV, bangsa Eropa berusaha melaksanakan penjelajahan samudra. Bangsa Eropa yang pernah melakukan penjelajahan dan penjajahan di Indonesia dimulai oleh bangsa Portugis. Kapal mereka pertama kali mendarat di Malaka pada tahun 1511.

Berikutnya ialah bangsa Spanyol yang mendarat di Tidore, Maluku pada tahun 1521. Kemudian, disusul oleh bangsa Inggris dan Belanda. Kapal-kapal Belanda pertama kali mendarat di Pelabuhan Banten pada tahun 1596.

Faktor-faktor pendorong penjelajahan samudra antara lain sebagai berikut.

a. Adanya harapan mencari kekayaan (gold)

Kekayaan yang mereka cari terutama ialah rempah-rempah. Sekitar periode XV di Eropa, harga rempah-rempah sangat mahal. Harga rempah-rempah semahal emas (gold). Mereka sangat membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak.

b. Adanya cita-cita mengembangkan agama (gospel)

Selain mencari kekayaan dan tanah jajahan, bangsa Eropa juga membawa misi khusus. Misi khusus tersebut yakni menyebarkan agama kepada penduduk daerah yang dikuasainya. Tugas mereka ini dianggap sebagai tugas suci yang harus dilaksanakan ke seluruh dunia dan dipelopori oleh bangsa Portugis..

Baca Juga :  Uji Kompetensi Bahan Bangun Ruang Kelas V Sd
c. Adanya harapan mencari kejayaan (glory)

Di Eropa, ada suatu anggapan bahwa apabila suatu negara memiliki banyak tanah jajahan, negara tersebut termasuk negara yang jaya (glory). Dengan adanya anggapan ini, negaranegara Eropa berlomba-lomba untuk mencari tanah jajahan sebanyak-banyaknya.

d. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat.

Contohnya seperti berikut.

  1. Dikembangkannya teknik pembuatan kapal yang dapat digunakan untuk mengarungi samudra luas.
  2. Ditemukannya mesiu untuk persenjataan. Senjata mampu dipakai untuk melindungi pelayaran dari ancaman bajak laut dan sebagainya.
  3. Ditemukannya kompas. Kompas dipakai sebagai penunjuk arah sehingga para penjelajah tidak lagi bergantung pada kebiasaan alam. Untuk memilih arah, biasanya mereka berpedoman pada bintang sehingga jika angkasa tertutup awan, mereka tidak mampu meneruskan pelayarannya. Dengan kompas, mereka bebas berlayar ke arah mana pun tanpa gangguan, baik siang maupun malam.
Baca Juga :  Urutan Proses Pencernaan Pada Hewan Sapi

Berdasarkan bacaan di atas, isilah kolom-kolom berikut sesuai dengan pertanyaannya!

 bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Ayo Berdiskusi 

Diskusikan teks Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat dengan sahabat sebangkumu. Kemudian, buatlah ulasan mengenai bacaan tersebut seperti di bawah ini.

Ulasan Teks
Judul Teks Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat
Bagian yang paling menarik Kekayaan yang mereka cari terutama yakni rempah-rempah. Harga rempah-rempah sangat mahal semahal emas (gold). Mereka sangat
membutuhkan rempah-rempah untuk industri obat-obatan dan bumbu masak
Informasi penting Faktor-faktor pendorong penjelajahan samudra antara lain .
  1. Adanya impian mencari kekayaan (gold)
  2. Adanya impian berbagi agama (gospel)
  3. Adanya keinginan mencari kejayaan (glory)
  4. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat sprti dikembangkannya teknik pembuatan kapal, ditemukannya mesiu, dan ditemukannya kompas.
Pendapat aku ihwal teks ini Teks tentang Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat sangat bermanfaat untuk menambah wawasan ihwal jarah bangsa Indonesia
Saya menyarankan teks ini karena Teks tentang Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat berisi informasi yang sangat bermanfaat

Ayo Mencoba

Bersama kelompokmu, carilah isu mengenai kedatangan tiap-tiap bangsa Eropa ke Indonesia. Informasi dapat kamu peroleh dari buku, surat kabar, majalah, atau artikel di internet!

 bangsa Eropa berusaha melakukan penjelajahan samudra Peristiwa Kedatangan Bangsa Barat

Ayo Menulis

Salah satu latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Eropa ke Indonesia yaitu Semboyan 3G (Gold, Gospel, Glory). Tuliskan kembali arti Gold, Gospel, dan Glory pada kolom berikut!

Baca Juga :  Teks Laporan Investigasi Hewan Peliharaan
Ulasan Teks
Gold Adanya cita-cita mencari kekayaan (gold)
Gospel Adanya impian menyebarkan agama (gospel)
Glory Adanya cita-cita mencari kejayaan (glory)

Tuliskan pendapatmu mengenai Semboyan 3G tersebut.
Saya tidak oke dengan semoyan tersebut karna akibat ketiga semboyan tersebut bagi indonesia yakni antara lain:

  1. Indonesia semakin miskin karena kekayaanya diambil oleh bangsa-bangsa eropa
  2. Masuknya agama nasrani menjadikan sebagian rakyat indonesia juga menganut agama nasrani
  3. Kekuasaan bangsa eropa semakin menjadi-jadi di indonesia,menjadikan indonesia makin terpuruk, rakyat jadi sengsara,dan bagsa indonesia makin tertindas

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan