Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Mengenal Kalimat Deskripsi

37

KABARPANDEGLANG.COM – Kalimat deskripsi yaitu kalimat yang berisi citra sifat-sifat benda yang dideskripsikan. Sifat-sifat itu, antara lain, berupa ukuran (besar-kecil, tinggi-rendah), warna (merah, kuning, biru), rasa (manis, pahit, getir, halus, garang), atau sifat-sifat fisik yang lain.

Kalimat deskripsi menggambarkan atau melukiskan sesuatu sehidup-hidupnya, mirip keaadaan alam, ruangan, dan keindahan wajah seseorang. Dengan kata lain, kalimat deskripsi yakni kalimat yang menggambarkan keadaan, bentuk, atau suasana tertentu, seperti benda, orang, tempat sesuai dengan objek yang bahwasanya.

Struktur teks deskripsi terdiri dari deskripsi umum dan deskripsi bab. Teks deskripsi tersusun atas beberapa struktur adalah deskripsi umum dan deskripsi bagian Pada skema deskripsi umum dijelaskan wacana definisi/identitas objek yang dideskrpsikan.

Pada bab deskripsi bagian dijelaskan pengklasifikasian objek yang dideskripsikan. Pengklasifikasian dijelaskan secara lebih rinci dengan memperlihatkan citra-citra yang terperinci. Deskripsi bagian terdapat pada paragraf ke-2 dan ke-3. Perhatikan contoh teks deskripti wacana Tari Saman Berikut ini.

Tari Saman

Tari Saman tercatat di UNESCO pada Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia. Penetapan itu dilaksanakan pada Sidang ke-6 Komite Antar- Pemerintah untuk Pelindungan Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Bali, pada 24 November 2011. Pada awalnya Tari Saman merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan (dakwah) dan ditarikan oleh pria. Tari Saman mengandung pendidikan keagamaan, akhlak, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.

Penari Saman berjumlah ganjil. Mereka menyanyikan syair lagu berbahasa Gayo bercampur dengan bahasa Arab saat menari. Nyanyian dalam Tari Saman dibagi dalam lima macam. Regnum yakni nyanyian berupa bunyi auman. Dering adalah suara auman yang dilakukan oleh semua penari.

Baca Juga :  Bahan Dan Anjuran Pameran Seni Rupa

Redet adalah lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bab tengah tari. Sek yaitu lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak. Saur yakni lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari sesudah dinyanyikan oleh penari solo.

Selain nyanyian, gerakan penari Saman diiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari. Gerak dalam tari itu disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring (semua nama gerak ini yakni bahasa Gayo).

Kostum atau busana khusus Tari Saman terbagi tiga bagian. Pada kepala dipakai bulang teleng dan sunting kepies. Bulang teleng, ialah kain berdasar hitam berbentuk empat persegi panjang. Sunting kepies atau tajuk bunga dipakai di bagian kanan kepala. Pada badan dipakai baju kantong, celana, dan kain sarung.

Baju kantong disebut juga baju kerawang yaitubaju bertangan pendek berwarna hitam disulam benang putih, hijau, dan merah. Pada tangan digunakan topong gelang dan sapu tangan. Penggunaan warna pada kostum penari sangat penting menurut tradisi karena warna mengandung nilai-nilai yang menunjukkan identitas, kekompakan, kebijakan, keperkasaan, keberanian, dan keharmonisan para pemakainya.

Pembahasan:

  1. Nama kostum yang dipakai di kepala penari Saman disebut Bulang Teleng dan Sunting Kepies.
  2. Kostum Tari saman terbagi dalam tiga bab.
  3. Ciri gerak Tari Saman yaitu gerakan penari Saman diiringi alat musik berupa gendang, bunyi teriakan penari,  tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari.
  4. Pada mulanya Tari Saman ditarikan untuk menyampaikan pesan (dakwah)
  5. Penggunaan warna penting pada kostum penari Saman alasannya adalah mengandung nilai-nilai yang menunjukkan identitas, kekompakan, kebijakan, keperkasaan, keberanian, dan keharmonisan para pemakainya.
  6. Menurut UNESCO, Tari Saman tercatat dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia.
  7. Deskripsi umum dijelaskan pada paragraf pertama dan deskripsi bab dijelaskan pada paragraf kedua dan ketiga.
  8. Gambaran perincian kostum Tari Saman terdapat pada paragraf ketiga.
  9. Berikut ini gambaran perincian kostum Tari Saman: Kostum atau busana khusus Tari Saman terbagi tiga bagian. Pada kepala digunakan bulang teleng dan sunting kepies. Bulang teleng, yakni kain berdasar hitam berbentuk empat persegi panjang. Sunting kepies atau tajuk bunga dipakai di bab kanan kepala. Pada badan digunakan baju kantong, celana, dan kain sarung. Baju kantong disebut juga baju kerawang adalah baju bertangan pendek berwarna hitam disulam benang putih, hijau, dan merah. Pada tangan dipakai topong gelang dan sapu tangan.
  10. Pada paragraf terakhir, penulis menggambarkan tentang bagian-bab pada kostum penari Tari Saman.
Baca Juga :  Cita-Citaku Menjadi Anak Salih


Tari Gambyong

Tari Gambyong ialah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Tarian ini dinamai sesuai dengan nama penari yang bernama Gambyong. Penari ini hidup pada zaman Sunan Paku Buwana IV di Surakarta. Dia hebat dalam menari dan mempunyai bunyi merdu sehingga menjadi pujaan kaum muda pada zaman itu.

Koreografi tari Gambyong sebagian besar berpusat pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan, dan kepala. Penari tidak hanya lentur tubuhnya, tetapi juga harus terampil. Ada berbagai gerak dalam tari Gambyong. Gerak srisig adalah gerak dengan perilaku bangun jinjit dilanjutkan dengan langkah-langkah kecil.

Nacah miring ialah kaki kiri bergerak ke samping, bergantian disusul kaki kanan diletakkan di depan kaki kiri. Kengser yaitu gerak kaki ke samping dengan cara bergeser dengan posisi kaki tetap merapat ke lantai.

Baca Juga :  Kenekaragaman Motif Hias Nusantara

Gerak embat atau entrag yaitu gerak dengan posisi lutut yang membuka alasannya mendhak bergerak ke bawah dan ke atas. Selain itu, ada juga gerak berjalan (sekaran mlaku), dan gerak di tempat (sekaran mandheg).

Beberapa istilah khusus yang berhubungan dengan senitari antara lain sebagai berikut.

Istilah Arti
Tari Gambyong Tari gambyong adalah tarian untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan
sekaran mlaku Gerak berjalan
entrag Entrag yaitu gerak dengan posisi lutut yang membuka sebab mendhak bergerak ke bawah dan ke atas
koreografi Koreografi yakni seni mencipta dan mengubah tari
resepsi Resepsi ialah pertemuan resmi yang diadakan untuk menerima tamu
ahli Mahir adalah sangat terkatih dalam mengejakan sesuatu
tarian Tarian adalah verbal jiwa manusia yang diungkapkan ke dalam gerak yang ritmis dan indah

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More