Menjadi Atasan yang Baik: Sudahkah Dilakukan?

Menjadi Atasan yang Baik: Sudahkah Dilakukan?

Menjadi Atasan yang Baik: Sudahkah Dilakukan? – Atasan yang baik adalah kunci dari organisasi yang sehat. Kira-kira, sudahkah Anda menjadi seperti itu? Cek tanda-tanda berikut untuk mengetahuinya.

Yap, ada berbagai cara untuk mengetahui apakah Anda merupakan atasan yang baik bagi para karyawan.

Jika tidak pernah menemui hal-hal ini pada karyawan… selamat! Anda telah menjadi atasan yang baik

I Love My Job: October 2015

Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan memperhatikan karyawan Anda. Bagaimana Anda memimpin sebagai atasan akan tercerminkan dari karyawan.

Baca Juga :  5 Cara Mengkritik Pasangan Tanpa Menyinggung Perasaannya

Hati-hati, berikut ini ada beberapa tanda bahwa Anda bukanlah atasan yang baik. Cek hal-hal berikut, apakah Anda pernah menemuinya?

Para karyawan cenderung menghindari Anda

Coba perhatikan tingkah laku karyawan Anda. Apakah mereka terlihat sungkan jika harus berbicara atau berbagi informasi dengan Anda? Apakah mereka pun tidak pernah mencari Anda?

Jika jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah ya, mungkin saja karyawan Anda tidak nyaman. Kalau begini, Anda harus evaluasi. Jangan-jangan, Anda terlalu susah didekati atau kurang memperlakukan karyawan dengan baik.

Produktivitas dan moral para karyawan terlihat menurun

Kinerja karyawan cenderung menurun? Karyawan banyak yang absen? Atau bisa saja, karyawan melakukan pelanggaran?

Sebelum menyalahkan karyawan, coba perhatikan dulu apa yang sudah Anda lakukan. Bisa saja, hal-hal tersebut disebabkan oleh cara kepemimpinan yang buruk, lho.

Baca Juga :  Sederhana Kok, Dekati Penciptanya Lalu Mintalah Ciptaan-Nya

Banyak karyawan yang resign

Anda harus waspada ketika jumlah karyawan yang resign terhitung banyak. Sebagai atasan yang baik, Anda akan melihat ini sebagai isu yang serius. Ini bisa menjadi tanda bahwa banyak karyawan tidak betah bekerja di lingkungan Anda.

Atasan yang tidak baik tidak peka akan hal ini. Seringkali, mereka menganggap bahwa hal ini wajar terjadi di sektor industri mereka.

Beberapa bahkan menstigma fenomena resign. Menurut mereka, itu adalah karakter jelek dari kelompok usia tertentu. Ada kelompok usia tertentu yang dinilai tidak betah bekerja, sehingga wajar jika mereka mengajukan resign.

Menjadi atasan yang baik = menjadi atasan yang hebat

Menjadi atasan memang tugas yang berat. Anda wajib memiliki skill kepemimpinan yang baik. Evaluasi adalah salah satu cara untuk melihat apakah Anda telah memiliki skill yang cukup.

Baca Juga :  Rahasia Sukses Berbisnis Kuliner Ala Salad Nyoo

Jika masih ada yang perlu diperbaiki, Anda masih punya kesempatan untuk belajar. Anda bisa berubah menjadi lebih baik, tentunya ini membuat Anda semakin hebat.

Oh ya, jangan lupa simak berbagai artikel tentang leadership serta entrepreneurship dari sini. Kami menyediakan banyak artikel yang bisa Anda jadikan referensi belajar. Salam sukses!