Perbedaan Suhu Dan Panas

Perbedaan Suhu Dan Panas

KABARPANDEGLANG.COM – Untuk membuat segelas teh panas, memerlukan beberapa sendok daun teh dan air panas. Sedangkan untuk menciptakan es jeruk, memerlukan sari jeruk, air, dan es watu. Bagaimana kamu dapat menentukan bahwa air teh itu terasa panas dan es jeruk itu terasa acuh taacuh?

Dalam kehidupan sehari-hari sering mengukur suhu dengan penglihatan, sentuhan, dan perasaanmu saja sehingga kita hanya melakukan asumsi terhadap derajat panas suatu benda.

Nah, betulkah indera peraba tidak mampu dipakai untuk mengukur suhu suatu benda? Dapatkah kau memilih dengan tepat perbedaan antara hangat dan cuek dengan memakai indera peraba pada tangan?

Indra peraba, mirip tangan tidak dapat menentukan secara tepat nilai panas dan masbodoh suatu benda. Tangan hanya dapat memilih nilai derajat panas dan masbodoh suatu benda secara relatif dengan memakai perasaan. Berikut ini penjelasan mengenai suhu dan panas.

 memerlukan beberapa sendok daun teh dan air panas Perbedaan Suhu dan Panas

Perbedaan Suhu dan Panas

Indra peraba, mirip telapak tangan tidak dapat memilih secara sempurna derajat panas dan dingin suatu benda. Tangan hanya mampu memperkirakan panas dan cuek suatu benda. Tangan tidak dapat menjelaskan berapa nilai derajat panas atau dinginnya suatu benda.

Pernahkah kau pergi berkemah ke tempat pegunungan? Ketika malam hari ketika kau berkemah di tempat pegunungan, kamu akan mencicipi bahwa cuaca di sekitarmu terasa dingin sehingga kau memerlukan jaket tebal untuk menghangatkan tubuhmu.

Baca Juga :  Korelasi Insan Dengan Lingkungan Alam

Lain halnya dengan penduduk yang tinggal di dataran tinggi mirip daerah pegunungan. Mereka tidak terlalu merasakan hawa cuek karena mereka sudah terbiasa dengan hawa cuek di pegunungan.

Hal tersebut, pertanda bahwa indra peraba tidak dapat digunakan untuk mengukur derajat panas suatu benda alasannya adalah setiap orang mempunyai perbedaan dalam merasakan suhu di sekitarnya. Nah, dalam ilmu pengetahuan alam untuk menyatakan tingkat panas dinginnya suatu keadaan digunakan suatu besaran yang disebut suhu atau temperatur.

Panas (kalor) dan suhu yakni dua hal yang berbeda. Energi panas merupakan salah satu energi yang mampu diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Ketika sebatang logam dipanaskan dengan api, batang logam tersebut menerima energi panas dari api. Energi panas menciptakan batang logam tersebut menjadi panas.

Ketika batang logam tersebut panas, suhunya meningkat. Ketika batang logam menjadi acuh taacuh, suhunya menurun. Suhu yaitu besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut.

Satuan suhu yang digunakan di Indonesia ialah derajat Celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.

(Sumber : How do we measure temperature?Chris Woodroof dengan pembiasaan)

Ayo Menulis

A. Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Kemudian, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa judul bacaan di atas? Perbedaan Suhu dan Panas.

Baca Juga :  Kombinasi Gerak Dasar Pada Lempar Roket

2. Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas!
Paragraf 1 : Indera peraba, panas dan dingin, derajat panas

Paragraf 2 : Suhu, Besaran

Paragraf 3 : Panas, Energi, Termometer, Kalorimeter

3. Buatlah sebuah pertanyaan dengan memakai kata kunci yang kamu tentukan dari setiap paragraf pada bacaan di atas. Lalu, mintalah temanmu untuk menjawabnya!
Mengapa air raksa pada termometer dapat naik dan turun?

4. Buatlah paling sedikit dua pertanyaan wacana bacaan yang ingin sekali kamu ketahui lebih dalam!
Apa saja jenis-jenis termometer?

Mengapa indera peraba tidak mampu dipakai untuk memilih suhu?

5. Apa yang dapat kau simpulkan dari bacaan di atas? Jelaskanlah isi bacaan di atas kepada sahabat sebangkumu!

Panas (kalor) dan suhu yaitu dua hal yang berbeda. Suhu yaitu besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang dipakai di Indonesia adalah derajat celcius (°C).

Alat untuk mengukur suhu disebut termometer. Sedangkan energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Satuan panas dinyatakan dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter.

B. Jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apa yang kamu ketahui ihwal panas?
Energi panas merupakan salah satu energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda.

2. Apa yang dimaksud dengan suhu atau temperatur?
Suhu ialah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda.

3. Ceritakanlah sebuah peristiwa yang kamu alami yang mampu menjelaskan perbedaan antara suhu dan panas!
Saat kita berada di dekat api unggun badan kita terasa hangat alasannya adalah adanya perpindahan panas dari api unggun ke badan kita secara radiasi. Panas dari api unggun menimbulkan suhu tubuh naik.

Berdasarkan pemahamanmu terhadap bacaan di atas, lengkapilah tabel berikut mengenai perbedaan antara panas dan suhu yang kamu ketahui!

Panas Suhu
Panas adalah salah satu bentuk energi Suhu adalah besaran
Panas dapat diukur memakai kalorimeter Suhu dapat diukur menggunakan termometer
Satuan panas ialah kalori Satuan suhu yakni derajat Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin
Panas dapat berpindah dari satu benda ke benda lainnya Suhu tidak dapat berpindah, namun mampu naik dan turun

Tuliskanlah kesimpulanmu tentang panas dan suhu dengan memakai kata-katamu sendiri menurut aktivitas pembelajaran di atas!

Panas yaitu energi yang mampu diterima dan dilepaskan oleh suatu benda, sedangkan suhu yakni besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!