Rahasia Jitu Jualan Online untuk Meningkatkan Penjualan dan Laris Manis

Rahasia Jitu Jualan Online untuk Meningkatkan Penjualan dan Laris Manis
illustrasi : Rahasia Jitu Jualan Online untuk Meningkatkan Penjualan dan Laris Manis

KABARPANDEGLANG.COM – Pelaku UMKM atau pembisnis online harus tahu Rahasia Jitu Jualan Online untuk Meningkatkan Penjualan  dan Laris Manis, pada umumnya dalam menjual produk-produk secara online adalah salah satu cara untuk menjangkau banyaknya pelanggan dari berbagai kalangan.

Selain itu tujuan berjualan online bisa menekan biaya overhead dan jauh lebih rendah dibandingkan membuka toko fisik. Namun walau dikatakan mudah berjualan online tetap membutuhkan startegi dan rahasia jitu jualan online agar Kamu dapat menghasilkan lebih banyak penjualan dan laris manis.

Dalam seminarnya Dewa Eka Prayoga, praktisi bisnis online yang sudah memberikan pandangan baru tentang langkah awal sebelum mulai jualan online. Saya sedikit merangkum insights menarik dari Kang Dewa tentang bagaimana caranya meningkatkan peluang agar produk yang kamu jual laris manis di pasaran.

Setidaknya, ada 3 aspek yang harus dipenuhi:

  • Product market fit => titik temu antara produk dengan permintaan pasar.
  • Large market size => permintaan pasar cukup luas dan besar, tidak hanya sekadar trend.
  • High customer retention => produk bisa dibeli lebih dari 1x dalam kurun waktu yang singkat.
Rahasia Jitu Jualan Online untuk Meningkatkan Penjualan dan Laris Manis
illustrasi : Rahasia Jitu Jualan Online untuk Meningkatkan Penjualan dan Laris Manis

6 Rahasia Jitu Jualan Online untuk Meningkatkan Penjualan

Kelihatannya membuat dalam menjalankan bisnis online, iya sangat mudah bagi sebagian orang dan keuntungan yang dihasilkan juga banyak. Tapi, kenyataannya saat menjalani toko online kamu memerlukan strategi jualan yang tepat agar bisa mendatangkan  pelanggan atau calon pembeli.

Baca Juga :  Gejolak Antar Pengusaha, Brigade Al-Khairiyah Minta Ketegasan Pt. Kos

Apalagi sekarang orang beralih ke berjualan online sehingga persaingan antar kompetitor juga semakin ketat. Nah, kamu perlu tahu nih strategi  dan rahasia jitu jualan online laris manis. Sebagai berikut sedikit saya rangkum buat kamu :

Membuat Toko Online

Setelah kamu menjangkau banyak pembeli, berikutnya kamu bisa nih membuat website toko online, dimana kamu bisa secara bebas mengatur toko online. Sebab, website mempunyai banyak fungsi mulai dari memperkenalkan produk, memasarkan produk, sampai menjadi media komunikasi antara kamu dan pelanggan.

Kamu bisa membuat website jualan menggunakan konsep yang sama dengan identitas produk kamu dan adanya website toko online kamu akan lebih dipercaya oleh pembeli.

Gunakan Logo sebagai Ciri Khas Brand Kamu

Pastinya kamu harus menampilkan identitas khas dari toko online di marketplace maupun webstore kamu. Caranya dengan membuat logo, tujuannya supaya toko kamu mudah dikenali oleh pembeli.

Logo ini juga bisa kamu berikan dibagian packing barang bisa berupa stempel atau stiker yang dapat kamu berikan kepada pelanggan kamu. Sebenarnya cara tersebut bisa menjadi langkah promosi kamu yang patut kamu coba juga.

Explorer Marketplace

Kalo kamu baru memulai berjualan online kamu lbisa mulai dengan menentukan strategi jualan di marketplace. Banyak masyarakat yang masih membeli barang melalui marketplace karena pilihan barangnya beragam serta harga yang terjangkau. Serta kamu bisa menjangkau lebih banyak pelanggan tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

Untuk mengurus semua toko online di marketplace kamu juga enggak perlu khawatir karena caranya  cukup mudah kamu tinggal mendaftarkannya saja di marketplace pilihanmu. Nah, untuk mulai bisnis online kamu dapat memulainya dengan jualan di marketplace.

Baca Juga :  Jika Allah Menempatkanmu Pada Kesulitan, Bersamanya Pula Allah Telah Memberimu Kemampuan Untuk Menghadapi

Coba Beriklan Melalui Media Sosial

Saat ini banyak channel untuk beriklan mulai dari harga yang paling murah sampai mahal. Tapi sekarang orang mulai beralih untuk mengiklankan produk mereka melalui media sosial karena dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan harganya relatif murah.

Iklan tersebut juga ditujukkan sesuai dengan karakteristik dari target pelanggan kamu. Memiliki situs web atau blog yang bagus saja tidak cukup untuk mendatangkan lalu lintas dan penjualan. Forum diskusi online dan grup media sosial adalah tempat yang bagus untuk berbagi tips dan saran industri, menjawab pertanyaan, dan mendapatkan pelanggan baru.

Gunakan Google atau Facebook, Twitter dan Instagram untuk memromosikan toko online Anda. Selain itu cobalah menulis artikel atau posting blog yang relevan di situs Anda dan fokus pada mendapatkan calon pelanggan untuk mengunjungi blog atau website Anda.

Program Gratis Ongkir

Pengiriman gratis merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan penjualan online. Karena dengan adanya pengiriman gratis ini, calon pembeli tidak perlu memikirkan besarnya biaya yang akan dikeluarkan untuk biaya pengiriman barang yang mereka beli. Namun untuk memasukkan biaya pengiriman gratis dalam harga produk yang tercantum, Anda harus menghitung dengan benar dan teliti untuk beban free ongkir ini, agar menghindarkan Anda dari kerugian.

Giveaway atau hadiah gratis

Semua orang pastinya akan menyukai barang gratis, dan jika Anda ingin membangun kepercayaan saat meluncurkan upaya penjualan Anda, hadiah merupakan strategi atau cara yang bagus yang dapat dipakai dalam berjualan online untuk menarik minat calon pembeli untuk membeli di toko Online Anda. Namun Anda tetap harus memperhitungkan dengan matang biaya dari pemberian hadiah ni, agar Anda tidak mengalami kerugian.

Baca Juga :  Perempuan Tidak Akan Rapuh Hanya Karena Jomblo, Ini Alasannya

Owh.. iya, sob. saya mau memperkenalkan Desty Page merupakan website unik untuk kamu yang sangat eksis di media sosial. Dengan desty.page kamu hanya perlu satu link untuk Instagram dan juga banyak media sosial lainnya. Di sini kamu bisa berbagi banyak link dalam satu tempat. Bukan hanya itu, kamu juga bisa berbagi foto, video, audio, bahkan hingga katalog produk jualan kamu. Jadi, desty.page pasti akan memberikan kamu banyak kemudahan di dunia digital.

Ada banyak keuntungan yang bisa didapat di desty.page. Yang pertama, cara membuat link desty.page gampang banget. Landing page desty.store juga bisa dibuat bebas desain. Gaya desty.page yang kamu buat bisa disesuaikan sama selera kamu. Bikin landing page kamu enggak monoton dan ngebosenin. Cara bikin website atau landing page sendiri sekarang udah enggak susah lagi.

Kamu juga bisa share banyak link ke berbagai website atau toko online yang kamu mau. Apakah itu Instagram, Twitter, Facebook, YouTube Channel, Spotify playlist, halaman LinkedIn, bahkan ke akun TikTok kamu. Semuanya bisa dibagikan di desty.page.

Saat ini, Desty memiliki dua penawaran utama, yaitu Desty Page dan Desty Store. Desty Page merupakan layanan landing page yang dioptimalkan untuk tautan pada akun media sosial khususnya Instagram. Sementara itu, Desty Store menyediakan platform bagi pengguna untuk membuka toko online dengan mudah, sebagai pelengkap kanal penjualan di marketplace.

Sebagai pilar pendukung, Desty juga mendirikan Desty Academy, yang merupakan sumber informasi dan pelatihan utama untuk membantu pengguna Desty mengembangkan bisnis mereka dengan petunjuk praktis, tips dan trik, serta studi kasus.