Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Relasi Suhu Dengan Perubahan Sifat Benda

63

KABARPANDEGLANG.COM – Setiap benda pada umumnya dapat mengalami perubahan, baik itu sifatnya maupun wujudnya. Misalnya perubahan wujud yang terjadi pada air, dimana air mampu berubah wujud menjadi es (membeku) atau berubah wujud menjadi uap (menguap).

Penyebab perubahan wujud pada air umumnya disebabkan oleh panas atau cuek (meskipun panas atau acuh taacuh bukanlah satu-satunya penyebab air berubah wujud). Suhu tinggi maupun rendah akan besar lengan berkuasa terhadap perubahan benda, baik dalam ukurannya, bentuknya maupun wujudnya.

Kalian niscaya pernah makan aneka macam jenis ikan goreng. Penggorengan pada dasarnya merupakan proses pemanasan dengan memakai minyak goreng sebagai media penghantar panas. Misalnya saja pada ikan sebelum digoreng bersifat keras dan mengandung banyak air. Ketika ikan digoreng, akan terjadi beberapa perubahan pada fisiknya, diantaranya perubahan citarasa, aroma, tekstur, warna, dan pengurangan kadar air.

Pada proses penggorengan memakai alat mirip wajan, kompor, sorok, dan soled. Ketika menggoreng terjadi perpindahan panas dari api, wajan, minyak, dan materi makanan yang digoreng. Wajan yang digunakan untuk menggoreng biasanya berbahan aluminium yang merupakan penghantar panas yang baik (konduktor panas).

Baca Juga :  Pentingnya Hidup Rukun Dalam Kehidupan Bermasyarakat.

Sedangkan pada sorok dan soled kayu atau plastik digunakan sebagai gagang sebab kayu atau plastik merupakan penghantar panas yang buruk (isolator panas)

 Setiap benda pada umumnya dapat mengalami perubahan Hubungan Suhu dengan Perubahan Sifat Benda

Selain menjadikan perubahan fisik, perubahan suhu juga mampu menjadikan perubahan wujud benda. Sekarang, mari kita lakukan percobaan untuk memahami lebih lanjut imbas suhu terhadap perubahan wujud benda.

Pengaruh Panas Terhadap Sifat Benda

Percobaan mentega dipanaskan Percobaan telur dipanaskan
Alat dan materi:
  1. Satu batang lilin
  2. Korek api
  3. Satu buah sendok makan
  4. Satu sendok teh mentega

Langkah percobaan:

  1. Nyalakan lilin.
  2. Letakkan mentega di atas sendok makan.
  3. Letakkan bagian sendok dengan mentega di atas api lilin, selama kurang lebih 5 menit.
  4. Amati perubahan yang terjadi!
Alat dan bahan:
  1. Satu batang lilin
  2. Korek api
  3. Satu buah sendok makan
  4. Satu butir putih telur mentah

Langkah percobaan:

  1. Nyalakan lilin.
  2. Letakkan cairan putih telur di atas sendok makan.
  3. Letakkan bab sendok dengan cairan putih telur di atas api lilin, selama kurang lebih 5 menit.
  4. Amati perubahan yang terjadi!

Jawab pertanyaan berikut menurut percobaan:

  1. Apa perbedaan yang terjadi pada mentega dan telur sesudah lima menit dipanaskan? Pada mentega terjadi perubahan dari benda padat menjadi benda cair, sedangkan pada telur terjadi perubahan sebaliknya yaitu perubahan dari benda cair menjadi benda padat.
  2. Apa yang terjadi pada ujung sendok logam yang kau pegang saat memanaskan telur dan mentega? Ketika memegang ujung sendok yang dipakai untuk memperabukan tangan kita ikut merasakan panas yang berasal dari api lilin.
  3. Perkirakanlah! Apa yang akan terjadi jikalau kau memakai sendok plastik dikala percobaan? Jika kita menggunakan sendok plastik maka panas tidak akan sampai ke tangan kita alasannya panas diserap untuk melehkan sendok plastik.
Baca Juga :  Wirausahawan Di Sekitar Kita

Kesimpulan : pemanasan menimbulkan benda mengalami perubahan wujud. Wujud padat mampu berkembang menjadi cair atau sebaliknya.

Jika percobaan yang telah dilakukan tersebut disajikan dalam bentuk teks eksplanasi maka risikonya akan mirip di bawah ini.

Struktur Teks Kalimat
Pernyataan

Umum

Setiap benda pada umumnya mampu mengalami perubahan, baik itu sifatnya maupun wujudnya. Penyebab perubahan wujud pada air umumnya disebabkan oleh panas atau acuh taacuh. Suhu tinggi maupun rendah akan kuat terhadap perubahan benda, baik dalam ukurannya, bentuknya maupun wujudnya. Untuk mengetahui imbas suhu terhadap perubahan benda mampu memakai percobaan sederhana.
Deretan Penjelas Tujuan Percobaan
Mengetahui hubungan suhu dengan perubahan sifat benda.

Alat dan Bahan :
Alat dan bahan yang dibutuhkan dalam percobaan ini antara lain ialah : Satu batang lilin, korek api, satu buah sendok makan, satu sendok teh mentega, dan satu butir telur mentah.

Langkah Percobaan :

  1. Nyalakan lilin.
  2. Letakkan mentega di atas sendok makan.
  3. Letakkan bab sendok dengan mentega di atas api lilin, selama kurang lebih 5 menit.
  4. Amati perubahan yang terjadi!
  5. Lakukan hal yang sama pada ciran putih telur dan amati perubahan yang terjadi.

Hasil percobaan
Pada pemanasan mentega terjadi perubahan dari benda padat menjadi benda cair, sedangkan pada telur terjadi perubahan sebaliknya ialah perubahan dari benda cair menjadi benda padat.

Kesimpulan Pemanasan yang dilakukan terhadap sebuah benda menyebabkan benda mengalami perubahan wujud. Perubahan tersebut mampu berupa perubahan wujud padat mampu bermetamorfosis cair atau sebaliknya.
Baca Juga :  Soal Evaluasi Tema 5 Subtema 2: Perjuangan Di Sekitarku

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More