Saluran Komunikasi Bisnis yang Wajib Kamu Terapkan

Saluran Komunikasi Bisnis yang Wajib Kamu Terapkan

Daftar Isi :

Saluran Komunikasi Bisnis yang Wajib Kamu Terapkan – Komunikasi bisnis merupakan hal utama saat kita menjalankan bisnis. Tanpa komunikasi yang bagus dan jelas, mustahil kita dapat menjual produk kita kepada konsumen. Komunikasi yang baik terjadi bila kedua bela pihak saling berinteraksi.

Definisi Komunikasi bisnis

Komunikasi bisnis adalah merupakan sebuah pertukaran gagasan dan informasi yang memiliki tujuan tertentu dan disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal. Tujuan dalam komunikasi bisnis bisa bermacam-macam. Dan tujuan umunya tetap, bagaimana dapa membantu perusahaan mencapai target-tagetnya.

Bagi sebuah bisnis komunikasi, selain menjadi salah satu alat utama dalam melakukan penjualan. Komunikasi juga digunakan untuk beberapa kebutuhan lain. Seperti untuk menciptakan aktifitas branding.

7 Keuntungan Menggunakan Instagram Sebagai Media Marketing

Dalam pelaksanaannya komunikasi bisnis didesain seefektif mungkin dan dengan harapan dapat menjangkau sebanyak-banyaknya konsumen baru. Biasanya perusahaan telah mengalokasikan dana khusus untuk biaya komunikasi bisnis.

Baca Juga :  Hal yang Harus dan Jangan dilakukan Ketika Menggunakan Facebook untuk Promosi

Komunikasi menjadi bagian paling terdepan dalam berhubungan dengan konsumen. Dalam perusahaan komunikasi bisnis biasanya di handle oleh tim marketing, atau bisa dilimpahkan ke tim public relations (PR).

Nah, dalam bisnis komunikasi sendiri terdapat beberap channel yang bisa kamu manfaatkan. Berikut kelima saluran komunikasi bisnis yang bisa kamu coba.

Media sosial

Rasanya kamu tidak bisa untuk tidak menggunakan platform ini. Bisa jadi sebagian konsumenmu telah menggunakan platform online setipa harinya, seperti whatsapp, media sosial, facebook, twitter, dan instagram.

Bisnis yang kamu jalankan harus bisa beradaptasi dengan membuat channel di beberapa media sosial guna menjangkau lebih banyak konsumen. Dan media sosial juga merupakan saran komunikasi bisnis yang cepat dan murah.

Baca Juga :  Cara Mencari Co-Founder, Bolehkah Teman Sendiri?

Email

Untuk berkomunikasi dengan konsumen rasanya email tidak boleh dilupakan. Perusahaan harus memiliki Email Bisnis, email khusus yang diperuntukan untuk berkomunikasi dengan konsumen.

Email Bisnis yang biasanya dipakai oleh perusahaan menggunakan email dengan alamat domain sendiri atau nama bisnisnya. Contohnya seperti cara@motor.id dan sebagianya. Email juga menjadi alat komunikasi yang formal dan cepat.

Portal Berita Online

Media cetak sudah dirasa tidak terlalu efektif lagi dalam menjangkau konsumenmu. Dengan biaya yang rendah dan cepat portal berita online bisa kamu manfaatkan untuk berkomunikasi dengan konsumenmu. Menyampaikan beberapa informasi yang penting seperti press realese peluncuran produk baru. Atau juga untuk pemeberitahuan penting lainnya,

Baca Juga :  10 Tips untuk Meningkatkan Penjualan di Masa Sulit

Youtube

Bukan menjadi yang prioritas. Tapi kamu bisa menyampaikan segala informasimu melalu video yang kemudian di upload di channel youtube bisnismu. Cara ini bisa dibilang cukup efektif, dikarenakan jumlah pentonton youtube di tanah air tergolong cukup besar, dan bisa jadi mayoritas dari konsumenmu memang berapa di platform youtube.

Dari keempat cara diatas dapat kamu manfaatkan dengan baik. Ciptakan komunikasi yang efektif dan jelas sehingga konsumen dapat dengan mudah mencerna setiap informasi yang ingin kamu sampaikan.