Kabar Pandeglang Online
Portal Berita PAndeglang Terkini & Terupdate

Soal Evaluasi Tema 5 Subtema 1 Kelas Vi

66

KABARPANDEGLANG.COM – Materi tema lima kelas VI sekolah dasar subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan terdiri dari enam mata pelajaran ialah IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, PKn, IPS, dan SBdP. Pada selesai subtema biasanya diadakan penilaian pembelajaran.

Evaluasi merupakan suatu proses berkelanjutan tentang pengumpulan dan penafsiran berita untuk menilai keputusan-keputisan yang dibentuk dalam merancang suatu sistem pembelajaran. Evaluasi berkenaan dengan proses yang berafiliasi dengan pengumpulan isu yang memungkinkan kita menentukan tingkat kemajuan pengajaran, ketercapaian tujuan pembelajaran.

Berikut ini beberapa soal penilaian tema lima subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan.

1. Kamu sudah mempelajari dongeng beberapa pelaku wirausaha yang meraih sukses, dan telah mewawancarai beberapa pelaku wirausaha di sekitarmu.

Tuliskan peranan perilaku kerja keras, jujur, dan pantang mengalah pada kegiatan wirausaha. Tuliskan juga pendapatmu perihal pentingnya sikap-perilaku tersebut dalam hidupmu sehari-hari. Perhatikan kerapian goresan pena, penggunaan kosakata baku, serta penggunaan tanda baca dengan sempurna.

Dalam wirausaha sikap kerja keras, jujur, dan pantang mengalah karena bisa menciptakan seseorang menjadi lebih berkerja keras untuk menuntaskan sesuatu dan perilaku jujur mampu menumbuhkan kepercaya diri atau menciptakan optimis.

Baca Juga :  Gambar Siklus Air Sungai

Bagi seorang wirausaha, sikap pantang menyerah dan ulet yaitu perilaku yang tidak mudah patah semangat dalam menghadapi berbagai rintangan, selalu bekerja keras untuk mewujudkan tujuan, menganggap rintangan/kendala selalu ada dalam setiap acara yang harus dihadapi.

Seseorang dikatakan mempunyai perilaku giat, bila memiliki kepribadian tangguh, kuat, tidak gampang putus asa, mempunyai impian tinggi. Selain itu, seorang yang dikatakan ulet ialah mereka yang mencurahkan tenaga, pikiran, waktu serta harta untuk tercapainya keberhasilan.

Kejujuran merupakan sebuah jalan untuk mencapai kemajuan di dalam berwirausaha. Kejujuran dalam segala aktivitas wirausaha, contohnya menimbang barang, mengukur, membagi, berjanji membayar utang akan membuat ketenangan lahir dan batin menambah iman para pelanggan. Berwirausaha harus dilandasi oleh kejujuran, apabila seorang wirausaha jujur maka beliau akan mendapat laba dan kesuksesan.

2. Tuliskan acuan sebanyak mungkin perihal perubahan sifat benda balasan dampak suhu dalam kehidupan sehari-hari. Kamu mampu membuatnya dalam bentuk peta pikiran, tabel, atau bentuk goresan pena lainnya.

Baca Juga :  Laporan Percobaan Sifat Sifat Magnet
No. Benda Perlakuan Perubahan
1. Mentega Dipanaskan di atas api Meleleh
2. Air Dimasak dalam panci Menguap
3. Air Dimasukan dalam kulkas Membeku
4. Gula pasir DImasukan dalam air panas Melebur
5. Lilin Dipanaskan Meleleh
6. Garam Dimasukan ke dalam air Melebur
7. Embun Udara lembab dan cuek Mengembun
8. Minyak kelapa Dibiarkan di udara dingin Membeku
9. Es Krim Dibiarkan di udara terbuka Mencair
10. Es Batu Dibiarkan di udara terbuka Mencair

3. Pak Jono, seorang pelaku wirausaha kacang goreng pedas. Ia ingin merancang sebuah kemasan untuk produk jualannya. Volume kemasan yang dibutuhkan untuk paket kacangnya adalah antara 1000-1500 cm³

Bantulah Pak Jono untuk menciptakan sebuah rancangan kemasan menggunakan berdiri gabungan balok dan kubus. Buatlah dengan bentuk yang menarik, dengan tetap memperhatikan kebutuhan volume yang diinginkan Pak Jono.

Baca Juga :  Soal Penilaian Tema 1 Subtema 1: Tanaman Sumber Kehidupan

Buatlah sketsa kemasan, ukuran sisi-sisi, serta perhitungan volumenya.

Volume Balok = p x l x t = 12 x 8 x 8 = 768 cm³
Volume Kubus = s³ = 8³ = 512 cm³
Volume Keseluruhan = 768 + 512 = 1.280 cm³

 Materi tema lima kelas VI sekolah dasar subtema Soal Evaluasi Tema 5 Subtema 1 Kelas VI

4. Buatlah jaring-jaring bangun-bangun penyusun kemasan tersebut pada kertas berpetak.

 Materi tema lima kelas VI sekolah dasar subtema Soal Evaluasi Tema 5 Subtema 1 Kelas VI

Evaluasi mempunyai fungsi : Kurikuler (alat pengukur ketercapaian tujuan mata pelajaran), instruksional (alat ukur ketercapaian tujuan proses belajar mengajar), diagnostik (mengetahui kelemahan siswa, penyembuhan atau penyelesaian banyak sekali kesulitan belajar siswa),

placement (penempatan siswa sesuai dengan bakat dan minatnya, serta kemampuannya) dan administratif BP (pendataan banyak sekali permasalahan yang dihadapi siswa dan alternatif bimbingan dan penyuluhanya).

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More