Mengenal Tabungan Rencana, Manfaat serta Mekanismenya

oleh -107 views

Mengenal Tabungan Rencana, Manfaat serta Mekanismenya – Tabungan rencana tawarkan kemudahan dalam transaksi keuangan. Nah, bagi Anda yang ingin membuka tabungan ini, ada baiknya mengetahui apa manfaat serta bagaimana mekanismenya.

Tabungan Rencana ini biasanya dapat menjadi solusi bagi orang-orang yang sulit menabung. Apalagi bagi yang tidak memiliki gaji tetap. Tentunya hal ini sangatlah berpengaruh.

Gaji serta pengeluaran kebutuhan terkadang dirasa tidak seimbang. Sehingga membuat Anda tak bisa menyisihkan rupiah untuk sekadar ditabung. Terlebih, dengan aneka biaya hidup yang semakin tinggi makin membuat kita tak bisa bergerak lagi.

Tabungan ini memang dibuat khusus memudahkan orang-orang yang mengalami kesulitan untuk menabung. Mekanismenya, ialah pemotongan otomatis dari rekening serta tabungan tak dapat diambil dalam periode tertentu.

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Natuna, Kepulauan Riau

Apa itu tabungan rencana, manfaat serta bagaimana mekanismenya?

Syarat pembukaan tabungan ini ialah :
1. Nasabah perorangan berusia minimal 18 hingga 69 tahun pada saat membuka rekening.

2. Merupakan Warga Negara Indonesia.

3. Biasanya tidak diperkenankan membuka dalam bentuk rekening Gabungan (joint account) maupun rekening Qualitate Qua (QQ).

Namun, biasanya Tabungan ini menawarkan bunga yang lebih tinggi dibanding tabungan lainnya atau hadiah dimuka. Tetapi periode tabungan telah ditentukan serta uang yang ditabung tak bida Anda ambil sewaktu-waktu. Jika diambil maka nasabah akan terkena potongan tertentu.

Manfaat tabungan ini ialah dapat dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan perencanaan keuangan jangka pendek. Yang kemungkinan telah dijadwalkan. Seperti, jalan-jalan, kebutuhan menikah, atau kebutuhan lainnya dalam waktu dekat.

Baca Juga :  AJANG KREASI TANPA BATAS

Hampir semua bank terkemuka mempunyai produk tabungan jenis ini. Jangka tabungan ini biasanya dimulai dari 6 bulan hingga 5 tahun. Serta minimal setoran seratus ribu perbulan.

Namun, perlu diingat jika Tabungan ini sebetulnya memiliki bunga yang rendah dibanding investasi lainya. Kelebihannya, produk ini hampir tidak berisiko karena dijamin oleh LPS dan memiliki suku bunga yang tetap.

Meski memiliki hampir kesamaan fungsi namun nyatanya banyak yang menilai jika Tabungan Rencana Bukan merupakan Produk Investasi. Tabungan ini akan dikenai denda jika diambil sebelum periode yang ditetapkan.

Produk ini juga hanya sebagai perencanaan tabungan saja karena bunga produk tabungan ini berada di bawah inflasi. Gunakan hanya untuk keperluan jangka pendek seperti liburan, biaya menikah atau kebutuhan mendadak lainnya. Untuk pendidikan anak mungkin tidak akan terlalu cocok, karena pendidikan anak membutuhkan rentang waktu menengah atau panjang.

Baca Juga :  Perumahan Murah Bersubsidi Di Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Namun, kembali lagi kepada Anda karena suatu produk tetap akan memiliki kekurangan juga kelebihannya sendiri-sendiri. Mungkin saja satu produk tak cocok bagi Anda namun cocok bagi pengguna lainnya. Sehingga kita tidak bisa menentukan apakah produk ini buruk.

Nah, sudah tahu bukan apa itu tabungan rencana, mekanisme serta manfaatnya bukan? Semoga hal ini bisa menjadi referensi bagi Anda sebelum memutuskan untuk mengambil produk ini atau tidak.