Teks Eksplanasi Sumber Energi Panas

  • Bagikan
Teks Eksplanasi Sumber Energi Panas

Daftar Isi :

KABARPANDEGLANG.COM – Teks eksplanasi atau teks klarifikasi yaitu teks yang berisi perihal proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ insiden-peristiwa alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dapat terjadi. Suatu insiden baik insiden alam maupun peristiwa sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan mempunyai proses.

Suatu insiden yang terjadi di sekitar kita, tidak hanya untuk kita amati dan rasakan saja, tetapi juga untuk kita pelajari. Kita mampu mempelajari peristiwa tersebut, misalnya dari segi mengapa dan bagaimana mampu terjadi..

Teks eksplanasi bertujuan untuk menawarkan gosip sejelas – jelasnya kepada pembaca biar paham atau mengerti tentang suatu fenomena yang terjadi.

Bacaan di bawah merupakan salah satu teladan teks klarifikasi/eksplanasi perihal sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Dalam kehidupan sehari-hari banyak dijumpai teks penjelasan berupa informasi pada banyak sekali media, baik media cetak maupun media elektronika. Salah satu bentuk media cetak ialah buku, majalah, dan koran. Informasi

Sumber Energi Panas

Benda yang mampu menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya yaitu matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar.

Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan masakan pada tanaman yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.

Teks Eksplanasi Sumber Energi Panas

Energi panas matahari mampu menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam aneka macam acara manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.

Baca Juga :  Mengidentifikasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari.

Cobalah kau gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan? Sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan?

Setelah kau melakukan dua acara tersebut, apakah kamu mencicipi panas? Energi panas dapat dihasilkan dikala terjadi ukiran antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat mengakibatkan energi panas.

Selain matahari dan ukiran antara dua benda, energi panas juga mampu diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah kerikil yang kering sampai keluar percikan api.

Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering hingga keluar api. Ternyata goresan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering mampu menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api gampang dihasilkan dari korek api dan kompor.

Ayo Membaca

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan bacaan di atas!
1. Apakah yang dimaksud dengan sumber energi panas? Sumber energi panas yaitu benda yang mampu menghasilkan energi panas.

2. Sebutkan paling sedikit dua sumber energi panas yang kau ketahui! Matahari dan api yakni sumber energi panas.

3. Manfaat apa saja yang didapatkan makhluk hidup dari matahari? Energi panas matahari membantu proses pembuatan masakan pada tanaman yang disebut sebagai proses fotosintesis. Matahari juga membantu manusia, mirip mengeringkan padi sesudah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk menjemur pakaian yang lembap.

4. Tunjukkanlah cara sederhana untuk pertanda adanya energi panas di sekitar kita! Menggosokkan kedua tangan selama satu menit, menggosok mistar plastik pada kain yang kering selama 2 menit.

Baca Juga :  Membuat Gambar Dongeng Si Pitung

5. Bagaimanakah cara nenek moyang kita untuk menerima api? Nenek moyang kita menggosokkan dua buah kerikil yang kering sampai keluar percikan api.

6. Mengapa api sangat penting dalam kehidupan manusia? Api dapat dipakai untuk aneka macam keperluan mirip memasak, menjadi pengganti lampu, dijadikan api unggun untuk menghangatkan tubuh, dll.

Ayo Menulis

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Lalu, jawablah pertanyaan berikut ini!
1. Apakah judul bacaan di atas? Sumber Energi Panas
2. Tuliskanlah kata-kata kunci pada setiap paragraf di atas.
Paragraf I :  sumber energi panas
Paragraf 2 : kegunaan matahari
Paragraf 3 : cara menghasilkan energi panas
Paragraf 4 : asal mula api.

3. Apakah yang dapat kau simpulkan dari bacaan di atas? Sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar yaitu matahari, yang dipakai oleh semua makhluk hidup.

Ayo Mengamati

Sumber energi panas ada di mana-mana dan sering kita jumpai dalam kegiatan sehari-hari! Amatilah kegiatanmu pada hari ini. Sumber energi panas apa saja yang kamu gunakan? Perhatikanlah tabel berikut, lalu lengkapilah dengan kegiatanmu yang menggunakan sumber energi panas pada hari ini.

Kegiatan Alat Yang Digunakan Sumber Energi Panas

yang Digunakan

Menanak Nasi Panci dan kompor Api dari kompor
Alat penanak nasi elektrik Listrik
Memperbaiki alat elektronik Solder listrik Listrik
Solder uap Listrik
Menyetrika baju Setrika listrik Listrik
Setrika arang Api
Memasak Air Panci dan kompor Api dari kompor
Ketel listrik Listrik

Ayo Mencoba

Matahari merupakan salah satu sumber energi panas yang paling besar di muka bumi. Energi panas matahari dapat menyebabkan peristiwa perubahan di alam yang mudah kita lihat dan amati.

Lakukan acara berikut ini dalam kelompok yang terdiri atas tiga orang. Siapkanlah alat dan bahan berikut: 3 wadah untuk es kerikil, 6 buah es watu dengan ukuran yang sama, dan pencatat waktu.

Langkah-langkah:

  1. Letakkan dua buah es watu pada masing-masing wadah yang telah disiapkan. Wadah sebaiknya berukuran dan mempunyai warna dan bentuk yang sama.
  2. Satu wadah diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari. Wadah kedua diletakkan di atas meja di dalam kelas.
  3. Wadah ketiga diletakkan di dalam lemari atau kawasan yang terlindung dari sinar matahari.
  4. Setiap anggota kelompok akan mengamati, mengukur, dan mencatat waktu yang diperlukan es watu pada masing-masing wadah sampai benar-benar mencair.

Perhatikanlah gambar berikut ini!

Teks Eksplanasi Sumber Energi Panas
  1. Bagaimana ukuran es batu pada ketiga wadah tersebut? Ketiga es batu memiliki ukuran yang sama.
  2. Manakah es batu yang akan mencair terlebih dulu? Es watu yang mencair terlebih dahulu ialah es batu yang diletakkan di luar kelas di bawah sinar matahari.
  3. Mengapa? Jelaskan alasanmu di tempat yang tersedia di bawah ini! Matahari sebagai sumber panas mampu menyebabkan perubahan es berubah menjadi air. Ketika es bermetamorfosis air (mencair) membutuhkan panas.
  4. Dapatkah kau menarik kesimpulan dari aktivitas di atas? Diskusikan kesimpulanmu dengan sobat sebangkumu! Sumber energi panas mampu menyebakan perubahan pada benda. Pada kegiatan di atas terjadi perubahan dari benda padat (es) menjadi benda cair (air).

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!

  • Bagikan