Teks Penjelasan Tentang Perpindahan Panas Atau Kalor

Teks Penjelasan Tentang Perpindahan Panas Atau Kalor

KABARPANDEGLANG.COM – Pernahkah kau membantu ibumu memasak sayur? Tahukah kamu mengapa api kompor mampu memanaskan air dalam panci sehingga sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang? Ketika kau memasak sayuran, panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Kemudian, panas tersebut berpindah ke dalam air sehingga air menjadi panas dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang. Peristiwa tersebut menandakan bahwa panas dapat berpindah.

Letak matahari dari planet kita ini sangat jauh, yaitu sekitar 152.100.000 km (Seratus lima puluh dua juta seratus ribu kilometer). Akan tetapi, panas dari matahari mampu berpindah atau merambat ke planet kita sehingga kita dapat mencicipi hangatnya sinar matahari. Andai saja panas matahari tidak mampu berpindah ke bumi, dapatkah kau membayangkan bagaimana keadaan bumi kita ini?

Pernahkah kamu membantu ibumu memasak sayur Teks Penjelasan Tentang Perpindahan Panas atau Kalor

Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Bagaimana panas mampu berpindah? Panas dapat berpindah melalui tiga cara adalah konduksi, konveksi, dan radiasi. Konduksi yakni cara perpindahan panas melalui zat perantara seperti benda padat. Contoh konduksi yaitu panci logam yang panas sebab diletakkan di atas kompor yang berapi.

Baca Juga :  Tanggung Jawab Sebagai Individu Dan Warga Masyarakat

Konveksi adalah perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan bagian zat perantaranya. Misalnya, air di dalam panci yang dipanaskan sampai mendidih. Sedangkan radiasi ialah cara perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara. Peristiwa radiasi yang terjadi sehari-hari ialah sinar matahari yang sampai ke bumi dan menghangatkan udara serta makhluk hidup di bumi.

Bacalah kembali bacaan di atas dengan saksama. Lalu, carilah beberapa kata-kata kunci atau hal-hal penting dari setiap paragraf. Perhatikan pola berikut.

Paragraf Hal-Hal Penting
Satu Api kompor mampu memanaskan air dan sayuran di dalam panci. Panas dari api kompor berpindah ke dalam panci. Air menjadi panas dan sayuran yang ada di dalamnya menjadi matang.
Dua Letak matahari dari planet kita ini sangat jauh. Panas dari matahari merambat ke bumi sehingga kita mencicipi hangatnya sinar matahari.
Tiga Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Panas dapat berpindah melalui tiga cara adalah konduksi, konveksi, dan radiasi.

Perhatikan kembali bacaan di atas! kamu akan menemukan beberapa katakata yang dicetak miring dan digarisbawahi. Carilah arti kata-kata tersebut dari kamus dan buatlah kalimat dengan memakai kata-kata tersebut! Buatlah kalimat lengkap menggunakan kata baku yang tepat!

Baca Juga :  Membuat Karya Roncean Korden Sedotan Dan Kalung Manik
Kata Arti Kalimat
Api Panas dan cahaya yang berasal dari sesuatu yang terbakar; nyala: Ketika memasak sayuran sebaiknya memakai api yang tidak terlalu besar.
Panas Energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda Panas dapat berpindah dari satu benda ke benda lainnya.
Berpindah Beralih atau bertukar daerah; Panas dapat beroindah dari panci ke air yang ada dalam panci tersebut.
Suhu Suhu ialah besaran yang menyatakan derajat panas suatu benda Air yang dipanaskan suhunya akan naik.
Logam Logam yakni unsur kimia yang memiliki sifat-sifat besar lengan berkuasa, liat, keras, penghantar listrik dan panas. Gamelan merupakan alat kesenian yang terbuat dari materi logam
Mendidih Menggelembung-gelembung atau meluap-luap alasannya dipanaskan Air yang akan dipakai untuk membuat kopi harus dimasak hingga mendidih.
Pancaran Perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat mediator Panas mampu berpindah dengan cara radiasi atau pancaran.
Baca Juga :  Peta Pikiran Hari Menanam Pohon Sedunia

Berdasarkan bacaan berjudul “Perpindahan Panas dan Kalor, buatlah sebuah diagram tentang perpindahan panas yang kau ketahui. Beberapa kata bantu telah dituliskan untuk mempermudah kau menuliskan kalimat penting yang mewakili setiap paragraf. Lakukanlah aktivitas ini bersama dengan sobat sebangkumu!

Pernahkah kamu membantu ibumu memasak sayur Teks Penjelasan Tentang Perpindahan Panas atau Kalor

Tuliskanlah pemahamanmu perihal isi bacaan dalam tulisan satu paragraf. Gunakan kalimat lengkap menggunakan kata baku yang sempurna.

Kalor atau panas dapat berpindah dari satu benda ke benda lainnya. Misalnya saja api kompor mampu memanaskan air dan sayuran di dalam panci. Contoh lainnya adalah letak matahari yang sangat jauh., namun panas dari matahari merambat ke bumi sehingga kita mencicipi hangatnya sinar matahari. Panas berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Panas mampu berpindah melalui tiga cara adalah konduksi, konveksi, dan radiasi.

Terima kasih telah membaca artikel di website kabarpandeglang.com, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu dan bisa dijadikan referensi. Artikel ini telah dimuat pada kategori pendididkan https://kabarpandeglang.com/topik/pendidikan/, Jangan lupa share ya jika artikelnya bermanfaat. Salam admin ganteng..!!